Analisis Distribusi Bagi Hasil, Inovasi Produk Tabungan, Standar Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Loyalitas Nasabah BNI Syariah

Authors

  • Zairah Zairah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.56436/jocis.v1i1.96

Keywords:

Pembagian Bagi Hasil, Inovasi Produk Tabungan, Standar Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Loyalitas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis distribusi bagi hasil, inovasi produk tabungan dan standar kualitas pelayanan dan kepuasan Nasabah terhadap Loyalistas Nasabah Bank BNI Syariah Cabang Kota Jambi, dimana kepuasan menjadi variabel moderasi agar loyalitas nasabah dapat terwujud dan terjaga dengan baik. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Dengan menggunakan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Hasil pengolahan data menggunakan uji regresi linier berganda SPPS distribusi bagi hasil, inovasi produk, standar kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan memoderasi distribusi bagi hasil dan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan nasabah tidak memoderasi inovasi produk tabungan yang tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Kepuasan pelanggan memoderasi standar kualitas layanan dan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyanto, Puji. “Peran Inovasi Produk Dalam Peningkatan Penjualan (Studi Kasus Pada Ajb Bumiputra Syariah Kudus).” Thesis, STAIN Kudus, 2017 .

Antonio, syafi’I Muhammad. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani, 2001.

Ariyani, Dwi dan Rosinta, Febrina. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan,” Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi 17, no. 2 (Januari 2010): 3, https://journal.unesa.ac.id/index.php/bisma/article/view/2231.

Dama, Hais. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Mandiri Cabang Gorontalo,” Jurnal Inovasi 7, no. 02 (Juni 2010): 4, http://repository.ung.ac.id/hasilriset/show//338/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-loyalitas-nasabah-pada-bank-mandiri-cabang-gorontalo.html.

Djodjobo, Vanessa Cynthia dan Tawas, N. Hendra. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado,” Jurnal Ekonomi 2, no.3 (September 2014): 2, https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/5800.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Undip, 2011.

“Google.” BNI Syariah Kantor Cabang Kota Jambi, Diakses pada 20 Agustus 2022, https://www.daftarbank.com/bni-syariah-jambi-bnisy/ftd/1.info-bagi-hasil-2017.

Hurriyati, Ratih. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta, 2005.

Kotler, Philip dan Lane, Kevin. Managmen Pemasaran. Jakarta: Pherhalindo, 2007.

Kotler. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 jilid 1. Jakarta: PT Indeks, 2007.

Lovelock, Christoper. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Erlangga, 2010.

Margono, Slamet. “Pelaksanaan Sistem Bagi Hasil Pada Bank Syariah (Tinjauan Umum Pada BTN Syariah Cabang Semarang).” Thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, 2008 .

Mukharom dan Khasanah. “Analisis Pengaruh Nilai Nasabah dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Untuk Menciptakan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Nasabah Bank BRI Cabang Pandanaran Semarang), Jurnal of Managemen 1, no. 4 (Juni 2012): 4, https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/1082.

Mutafarida, Binti. “Pengaruh Nilai Pelanggan, Inovasi Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Madiun” Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2013.

“Ojk.go.id.” Perbankan Syariah Indonesia, Diakses pada 20 Agustus 2022, https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/berita-dankegiatan/publikasi/Documents/Pages/Snapshot-Perbankan-Syariah-Indonesia-Juni-2018.

Radjab, Enny dan Jam’an, Andi. Metode Penelitian Bisnis. Makasar :Lembaga Perpustakaan Muhammadiyah Makasar, 2017.

Rukmana, Hardianti Putri. “Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada PT. BNI Syariah Kota Medan),” Thesis, Universitas Sumatera Utara, Medan, 2019 .

SP, Malayu Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.

Tjiptono dan Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2002.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andy, 2005.

Warjiyo, Perry. Perjalanan Perbankan Syariah Indonesia dan Bemp Go Publish. Jakarta: PT. Rajawali Press, 2015.

Downloads

Submitted

2022-08-13

Accepted

2022-08-27

Published

2022-08-30

How to Cite

Zairah, Z. (2022). Analisis Distribusi Bagi Hasil, Inovasi Produk Tabungan, Standar Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Loyalitas Nasabah BNI Syariah. Journal of Comprehensive Islamic Studies, 1(1), 157–182. https://doi.org/10.56436/jocis.v1i1.96