Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah
DOI:
https://doi.org/10.56436/jocis.v1i1.95Keywords:
Pengetahuan, Religiusitas, Kepercayaan, Minat Menabung, Bank SyariahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor Pengetahuan, Religiusitas dan Kepercayaan terhadap minat menabung di Perbankan Syariah pada masyarakat Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini difokuskan pada masyarakat kota Jambi yang menjadi nasabah bank syariah yang berjumlah 100 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Berdasarkan penelitian ini, masyarakat tertarik untuk menabung karena sudah mengetahui tentang bank syariah baik dari akadnya, perbedaannya dengan bank konvensional maupun pengetahuan lainnya tentang bank syariah. Pengujian secara simultan ketika variabel Pengetahuan, religiusitas dan kepercayaan diuji secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat Kota Jambi untuk menabung di bank syariah. Ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh sebesar 57,4% terhadap minat masyarakat Kota Jambi untuk menabung di bank syariah. Sisa 42,6% minat menabung masyarakat Kota Jambi terhadap bank syariah dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
References
Adji, Jennifer dan Semuel, Hatane. “Pengaruh Satisfaction Dan Trust Terhadap Minat Beli Konsumen (Purchase Intention) Di Starbucks The Square Surabaya,” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra 2, no. 1 (Juni 2014): 5, https://media.neliti.com/media/publications/133683.
Albizar, Ferry. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Mikro Pada Bank”, Jurnal Ilmiah Manajemen 14, no. 2 (Januari 2013): 5, http://repository.unib.ac.id/7190/.
Anni dan Catharina, Tri. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press, 2016.
Antonio, Syafi’I M. Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Jakarta: Pustaka Alfabeta, 2006.
Badri, Achmad dan Sahrizal, Andri. “Persepsi Masyarakat Kelurahan Bulusidokare Terhadap Bank Syariah,” Jurnal Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya 12, no. 3 (Desember, 2017): 4, http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/98.
“Bps.go.id.” Jumlah Penduduk Muslim, Diakses pada 20 Agustus 2022, https://sp2010.bps.go.id.
“Bps.go.id.” Jumlah Penduduk, Diakses pada 20 gustus 2022, https://Jambi.bps.go.id/.
Darsono, Indahwati Licen dan Dharmmesta, Swastha Basu. “Kontribusi Involvement Dan Trust In Brand Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia 20, no. 3 (Desember 2005): 3, https://jurnal.ugm.ac.id/jieb/article/view/6576.
Djali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Engel. Perilaku Konsumen. Tanggerang: Binarupa Aksara, Publisher, 2017.
Iskandarwasid dan Sunendar, Dadang. Strategi Pmebelajaran Bahasa Cetakan Ke-3. Bandung: Rosada, 2011.
Ismail. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2005.
Lucas and Britt. Adversiting Psychology and Research. New York: Mc Graw-Hill, 2003.
Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Mayer. An Integration Model Of Organization Trust. New York: Academi of Management Review, 1995.
Muhaimin. Kawasan dan Wawasan Studi Islam. Jakarta: Kencana, 2005.
Nashori. Fuad dan Mucharam, Diana Rachmy. Mengembangkan Kreativitas dalam Persfektif Psikologi Islam. Yogyakarta: Menara Kudus, 2002.
Notoatmojo. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2007.
Nottingham, K. Elizabeth. Agama dan Masyarakat. Jakarta: CV Rajawali, 1985.
“Ojk.co.id.” Perbankan Syariah, Diakses pada 20 Agustus 2022, www.ojk.co.id.
Rousseau. Not to different After All : A Cross – Discipline View of Trust. New York: Academi of Management Reveiw, 1998.
Slameto. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2001.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.
Sunyoto dan Danang. Perilaku Konsumen : Panduan Riset Sederhana untuk mengenali Konsumen. Yogyakarta: Centre of Academic Publishing Service, 2013.
Wibowo, Edy. Mengapa Memilih Bank Syariah. Bogor: Ghia Indeonesia, 2005.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Comprehensive Islamic Studies

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



















