Pengaruh Religiusitas, Pelayanan, dan Promosi terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah
DOI:
https://doi.org/10.56436/jocis.v1i2.91Keywords:
Religiusitas, Pelayanan, Promosi, Minat Menabung, Keputusan MenabungAbstract
Artikel ini membahas tentang pengaruh religiusitas, pelayanan, dan promosi terhadap keputusan menabung di Bank Syariah, di mana lokasi penelitiannya adalah Bank Syariah di Pasar Angso Duo Jambi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah mengapa masih banyak pedagang yang tidak menggunakan jasa menabung di Bank Syariah Indonesia? Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Deskriptif dengan metode survey dengan menggunakan analisis jalur (Path analysis). Penelitian ini menemukan bahwa Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah. Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah. Promosi tidak berpengaruh terhadap minat menabung di Bank Syariah. Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah. Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah. Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah. Minat berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah. Religiusitas dan pelayanan secara tidak langsung melalui minat menabung berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah dan terjadi efek mediasi. Sedangkan promosi secara tidak langsung melalui minat menabung tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah dan tidak terjadi efek mediasi.Downloads
References
Daftar Pustaka
Afrian dan Gusti, “Pengaruh Consumer Knowledge, Brand Image, Religiusitas, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah,” Jurnal Liquidity 8, no. 2 Juli - Desember 2019. http://ojs.itb-ad.ac.id/index.p hp/LQ/article/view/336
Hasan Ridwan, Ahmad. BMT & Bank Islam Instrumen Lembaga Keuangan Syariah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2004.
Hasan, Albert. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bui Aksara, 2014).
Ikatan Bankir Indonesia, Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014.
Kahmad, Dadang. Sosiologi Agama . Bandung: Remaja Rosda Karya, 2009.
Karim, Adiwarman. Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: IIIT Indonesia, 2003.
Kasmir, Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media, 2004.
Kurniawan, Albert. Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2014).
Hanura Tajudi, Makhdaleva dan Sofyan Mulazid, Ade. “Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri KCP. Sawangan Kota Depok”, Jurnal Ekonomi Islam 8, no.1 januari – juni, 2017.https://journal.isl amiconomic.or.id/index.php/ijei/article/view/64.
Sofyan Mulazid, Monier. A Sanskrit English Dictionary. Oxford University Press, 1999.
Muhamad. Sistem Bagi Hasil dan Pricing Bank Syariah (Yogyakarta: UII Press Yogyakarta, 2016).
Hidayati, Puji dan Rozi, Dicky. “Pengaruh Promosi, Produk dan Pelayanan Terhadap Minat Masyarakat Non-Muslim Berbank Syariah,” Perbanas 3, no.2 Desember, 2018. https://journal.perbanas.id/index.php/perbanas_review/article/view/ 315/160.
Putra Harahap, Raja Sakti. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada Tabungan Mudharabah di Bank Muamalat Cabang Balai Kota Medan,” Jurnal Al-Qasd 1, no.1 (2016) : 21, http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/ index.php/AL-QASD/article/view/144.
Riaz, Hassan. Keberagaman Iman: studi komparatif masyarakat muslim. Jakarta: PT. Raja grafindo, 2006.
Rouf, M. Abdul. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Masyarakat Membayar Zakat dirumah Zakat Cabang Semarang. Tesis, Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang, 2011.
S. Turner, Brian. Agama dan Teori Sosial Rangka Pikir Sosiologi Dalam Membaca Eksistensi Tuhan Diantara Gelegar Ideologi - ideologi Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD, 2006.
Saleh, Abdurrahman Dan Abdul Wahab, Muhib. Psikologi Suatu Pengantar Data Perspektif Islam. Jakarta: Kencana, 2004.
Putra Harahap, Sayyidatul. “Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Dan Lingkungan Social Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Pada Santri Pesantren Mahasiswa Darush Shalihat,” Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi 7, no. 3 2018. http://eprints.uny.ac.id/55329/.
Sustina, Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003.
Syahriyal, “Pengaruh Persepsi Nilai, dan Pengetahuan Masyarakat terhadap Minat Menabung serta Dampaknya Kepada Keputusan Menabung pada Perbankansyariah di Banda Aceh,” Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam 4, no. 1 (Maret 2018): 139, http://jurnal.unsyiah.ac.id /JPED/article/view/10930/8588.
Tri Astuti, Rr. Indah Mustika. Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah,” Jurnal Nominal 2, no.1 2013. https://journal.uny.ac.id/index. php/nominal/article/view/1655.
Veitzal. Islamic Marketing Management. Jakarta : Bumi Aksara, 2017.
Wasid, Iskandar dan Sunendar, Dadang. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda, 2011.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Comprehensive Islamic Studies

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



















