Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Baitul Maal Wa Tamwil (BMT)
DOI:
https://doi.org/10.56436/jocis.v1i1.61Keywords:
Lembaga Keuangan, Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Religiusitas, Keputusan Menjadi Anggota, Ekonomi KerakyatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pengetahuan, kualitas pelayanan dan religiusitas secara parsial dan silmultan terhadap keputusan menjadi anggota Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Kota Jambi. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Deskriptif dengan metode survey yang dilaksanakan di BMT Kota Jambi. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik slovin dengan jumlah sampel 100 nasabah. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) ada pengaruh antara pengetahuan terhadap keputusan menjadi anggota (2) ada pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi anggota (3) ada pengaruh antara religiusitas terhadap keputusan menjadi anggota (4) ada pengaruh antara pengetahhuan, kualitas pelayanan dan religiusitas terhadap keputusan menjadi anggota. Penguji Hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dengan taraf signifikan α = 0,05. Penelitian ini menemukan empat hal yaitu: (1) Pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi anggota di BMT Kota Jambi. (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pada BMT Kota Jambi. (3) Religiusitas signifikan terhadap keputusan pada BMT Kota Jambi. (4) Berdasarkan hasil pengujian secara simultan variable pengetahuan (X1), kualitas pelayanan (X2) dan religiusitas (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan (Y).
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
Astogini, Dwiwiyanti. Wahyudin dan Wulandari, Zulaikhah Siti. “Aspek Religiusitas Dalam Keputusan Pembelian Produk Halal (Studi Tentang Labelisasi Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Kemasan)”. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akunansi 13, No. 1 (Maret 2011): 4. http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/345.
Huda, Nurul. Baitul Mal Wa Tamwil. Jakarta: Amzah, 2016.
Jalaluddin, Rakhmat. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Kasmir. Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media, 2004.
Koter, Philip dan Keller, Lane Kevin. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga, 2008.
Koter, Philip. Manajemen Pemasaran Indonesia. Jakarta: Salemba Empat, 2002.
Koter, Philip. Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 2. Jakarta: Prenhalindo, 2000.
Maza, El Rina. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberlangsungan Baitul Maal Wa Tamwil Di Lampung”. Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah 01, no. 1 (Juni 2018): 4. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/FINANSIA/article/view/1140.
Nottingham, K. Elizabeth. Agama dan Masyarakat. Jakarta: CV Rajawali, 1985.
Rahmat, Jalaludin. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Sunyoto, Danang. Etika Bisnis. Jakarta: PT Buku Seru, 2016.
Tjiptono, Fandi. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.
Triono, Agus Rachmadi. Pengambilan Keputusan Manajerial: teori dan praktik untuk manajemen dan akademisi. Jakarta: Salemba Empat, 2012.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Comprehensive Islamic Studies

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



















