Etika Komunikasi Bagi Pengguna Media Sosial Menurut Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.56436/jocis.v3i1.242Keywords:
Ethics, Communication, Social Media , User, AttitudeAbstract
Social media has become the main platform for communicating and interacting in modern life. However, irresponsible use can lead to negative consequences such as slander, violations and misunderstandings. Therefore, it is important to understand the communication ethics indicated by the Al-Qur'an as a moral guideline in using social media. This article aims to outline the principles of communication ethics contained in the Al-Qur'an that can be applied by social media users. The research used is qualitative research of the Library Research type using the thematic interpretation method, collecting verses on communication ethics. The results of this research found that the communication ethics recommended according to the Al-Qur'an for social media users are closely related to the characteristics of social media users. Rasulullah SAW who is a role model for us, namely Siddiq, Amanah, Tabligh and Fatonah. Thus, these findings provide an overview of how the Al-Qur'an can be a source of inspiration for developing responsible and ethical communication behavior in the digital environment.
Media sosial telah menjadi platform utama untuk berkomunikasi dan berinteraksi dalam kehidupan modern. Namun, penggunaan yang tidak bertanggung jawab dapat mengarah pada konsekuensi negatif seperti fitnah, penghinaan, dan kesalahpahaman. Oleh karena itu, penting untuk memahami etika komunikasi yang ditunjukkan oleh Al-Qur'an sebagai panduan moral dalam bermedia sosial. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis prinsip-prinsip etika komunikasi yang terkandung dalam Al-Qur'an yang dapat diterapkan oleh pengguna media sosial. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenis Library Research dengan menggunakan metode tafsir tematik, mengumpulkan ayat-ayat etika komunikasi.Hasil penelitian ini menemukan bahwasanya mengenai etika komunikasi yang dianjurkan menurut Al-Qur’an terhadap para pengguna media sosial, erat kaitanya dengan sifat-sifat Rasulullah SAW yang menjadi tauladan bagi kita, yaitu Shiddiq, Amanah, Tabligh dan Fatonah. Dengan demikian, hasil temuan ini memberikan pandangan tentang bagaimana Al-Qur'an dapat menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan perilaku komunikasi yang bertanggung jawab dan etis dalam lingkungan digital.
Downloads
References
Ali, Atabik. dan Ahmad Zuhdi Muhdlor, Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Yogyakarta: Multi Karya Grafika, 2003.
Almunadi. “Shiddiq dalam Pandangan Quraish Shihab,” Jurnal Ilmu Al-Qur’an, no. 1 (Juni 2016): 129, https://media.neliti.com/media/publications/98416-ID-shiddiq-dalam-pandangan-quraish-shihab.pdf.
Amin. M. Abdullah, Antar Al-Ghazali dan Kant Etika Filsafat Islam. Yogyakarta: IRCiSoD, 2020.
Bertens , K., Etika, 4 (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama)
Faizatul, Putri Cholilah. “Etika Menggunakan Media Sosial Bagi Generasi Milenial,” Universitas Surabaya (2021): 1, http://repository.untag-sby.ac.id/9026/.
Fuad, Muhammad Abdul Baqi. Al-Mu’jam Al-Mufahras li Alfazh Al-Qur’an Al-Karim. Kairo: Dar Al-Kutub Al-Misriyah, 1364.
Hadi, Rifki. “Bullying dalam Al-Qur’an dan Realitas Kehidupan Modern.” Tesis, Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ), Jakarta, 2022.
Hamka. Tafsir Al-Azhar Jilid 7. Singapura: Kerjaya Printing Industries Pte Ltd, 2003.
Indriana, Akis Rahayu. “Sifat-sifat Rasulullah SAW sebagai Dasar Pendidikan Karakter,” Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UTP Surakarta, no. 1 (Agustus 2021): 25, http://prosiding.utp.ac.id/index.php/SEMNASUTP/article/view/5.
Jingga, Andia Langit Persada Timur. “Pelanggaran Etika Media Sosial dalam Pengguna Instagram Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untang Surabaya,” diakses pada 11 agustus 2022, http://repository.untag-sby.ac.id/991/10/JURNAL.pdf.
Jumriani, Hamdani Thaha, Amalia Harani, “Etika Berkomunikasi Di Media Sosial Dalam Perspektif Al-Qur’an”, Maddika : Journal of Islamic Family Law (2022): 03, No. 02, https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/maddika
Junaidi, Mahbub. “Komunikasi Qur’ani Melacak Teori Komunikasi Efektif Perspektif Al-Qur’an,” Unisda, 25, https://media.neliti.com/media/publications/265948-komunikasi-qurani-dcac6b0d.pdf.
Katsir, Ibnu. Terjemahan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 10 (Surabaya: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2004), 432.
Khilifah, Nur. “Sifat-sifat Rasulullah yang dijadikan Pedoman dalam berdagang yang halal,” Jurnal Al-Tsaman, no. (2021): 29, https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/Al-tsaman/article/download/656/421.
Lukman, Ardy Hamzah. “Dampak Positif dan Negatif Komunikasi Massa Media Sosial Facebook pada Siswa Kelas VI SDN,” Universitas Muhammadiyah Jember, diakses pada11 agustus 2022, http://repository.unmuhjember.ac.id/195/1/ARTIKEL.pdf.
Maiwan, Mohammad. “Memahami Teori Etika: Cakrawala dan Pandangan,” Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, no. 2 (April 2018): 213, http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jmb/article/view/9093.
Maraimbang. “Etika Al-Qur’an Menurut Fazlur Rahman Konsep Iman,” Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, no. 2 (Oktober-Maret): 149, http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ibnabbas.
Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
M. Kadar Yusuf. Studi Al-Qur’an Edisi Kedua Jakarta: Amzah, 2016.
Mudrikah. “Akhlak bermedia Sosial,” Digital Library UIN Khas Jember (September 2021): 3, http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3035.
Muslimah. “Etika Komunikasi dalam Persfektif Islam,” Jurnal Sosial Budaya, no.2 (Desember 2016): 117, https://media.neliti.com/media/publications/164422-ID-etika-komunikasi-dalam-persfektif-islam.pdf.
Mustofa. Akhlaq dan Tasawuf. Bandung: Pustaka Media, 2019.
Musyirifin, Zaen. “Implementasi Sifat-sifat Rasulullah dalam Konseling Behavioral,” Al-Irsyad Jurnal Bimbingan Konseling Islam, no. 2 (Juli-Desember 2020), 155, https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alirsyad/article/download/2088/1481.
Ma’louf, Louis. Al-Munjid Fiy al-Lughah wa al-‘A’lam. Beirut: Dâr al-Masyriq, 1994.
Naja, Daeng. Nazir Wakaf Kompeten dan Amanah. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2020.
Nashrillah. “Perbandingan Teori komunikasi Islam dan barat,” Jurnal Warta Edisi 48, no.- (April 2016): 2-3, https://media.neliti.com/media/publications/290610-perbandingan-teori-komunikasi-islam-dan-53fd7439.pdf.
Nasir, Munawir. Etika dan Komunikasi dalam Bisnis Tinjauan Al-Qur’an, Filosofis dan Teoritis. Makassar: social Politic Genius, 2020.
Nazaruddin. dan Muhammad Alfiansyah. “Etika Komunikasi Islami di Media Sosial Dalam Perspektif Alquran dan Pengaruhnyaa Terhadap Keutuhan Negara,” Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, no. 1 (2021): 81, https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/peurawi/article/view/8935.
Nur, Arif Rochman. “Perilaku Netizen Dalam Beretika di Sosial Media,” Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 1, diakses pada 12 Agustus 2022, http://repository.untag-sby.ac.id/9036/1/1461800033_Arif Nur Rochman_ETI_D_Tugas ETS Lampiran.pdf
Quraish, M. Shihab. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Volume 13 Jakarta: Lentera Hati, 2004.
Raja Kota. “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Aeba’in Al-Nawawiyah Karya Imam Nawawi dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Indonesia.” Tesis, UIN Sultan Syarif Kasim, Riau, 2020.
Rachmat Kriyantono, Pengantar Lengkap Ilmu Komunikasi: Filsafat dan Etika Ilmunya Serta Perspektif Islam, 156.
Rayhaniah, Ayu. Etika dan Komunikasi Organisasi. Aceh: Muhammad Zaini, 2021.
Rinwanto, Nurul Hakim, Hidayatus sholihah dkk, Etika Komunikasi dalam media Sosial sesuai tuntunan Al-Qur’an, JCS: Journal of Communication Studies, 1 No. 01 2021.
Rohmawati, Maya. Etika Bermedia Sosial. Depok: Arya Duta, 2017.
Rukajat, Ajat. Pendekatan Penelitian Kualitatif Qualitative Research Approach. Yogyakarta: Budi Utama, 2018.
R., Conny. Semiawan. Metode Penelitian Kualitatif Jenis Karakteristik dan keunggulannya,https://books.google.co.id/books?id=dSpAlXuGUCUC&pg=PA1&dq=pengertian+metode&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwi44djH3qz7AhW6A7cAHRmWCr4Q6AF6BAgEEAI, di akses pada tanggal 14 november 2022, 7.
Sa’dijah, Chalimatus. “Respone Al-Qur’an dalam Menyikapi Berita Hoax Studi Analisis Tafsir Tematik," Al-Fanar Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, no. 2 (2019): 187, https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/alfanar/article/download/108/87/.
Samsurrohman. Pengantar Ilmu Tafsir. Jakarta: Amzah, 2014.
Sifa, Layyinatus. “Ghibah dalam Entertaimant Perspektif Hadis Aplikasi Teori Double Movement Fazlur Rahman,” Jurnal Ilmu-ilmu Ushuluddin, no. 2 (Desember 2019): 285,http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1290859&val=8302&title=GHIBAH%20DALAM%20ENTERTAINMENT%20PERSPEKTIF%20HADIS%20APLIKASI%20TEORI%20DOUBLE%20MOVEMENT%20FAZLUR%20RAHMAN
Syawir, Muh. Dahlan. “Etika Komunikasi dalam Al-Qur’an dan Hadis,” Jurnal Dakwah Tabliqh, no.1 (Juni 2014): 115, https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/tabligh/article/view/342.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2020.
Warson, Ahmad Munawir. Kamus Al-Munawir Arab-Indonesia Surabaya: Pustaka, 1997.
Yanti, Ratni. dan Amaruddin Asra, “Konsep Namimah dan Pencegahanya dalam Persfektif Tafsir Sufistik,” Jurnal Syahadah, no. 2 (Oktober 2017): 89-90, http://ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/syahadah/article/view/187/156.
Zahroh. Fathimatuz. “Nilai Fathonah dalam Pengelolaan Bisnis di Pesantren Mukmin Mandiri,” Jurnal JESTT, no. 9 (September 2015): 751, https://repository.unair.ac.id/113331/1/M%20Nafik%20Hadi%20R_Karil612_.pdf.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Comprehensive Islamic Studies

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.