Generasi Muda dalam Al-Qur’an Perspektif Tafsir Al-Azhar dan Tafsir Al-Misbah
DOI:
https://doi.org/10.56436/jocis.v1i2.150Keywords:
Islam dan Masyarakat, Generasi Muda, Peran Pemuda, Al-Qur’an, TafsirAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang generasi muda yang terdapat dalam Al-Qur’an serta ayat ayat-ayat yang berkaitan dengannya, seperti apakah generasi muda yang ditawarkan Al-Qur’an dan bagaimana hendakanya para generasi muda bertindak dan berbuat dalam kehidupannya sehari-hari dengan berpedoman kepada Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode tafsir Muqaran dan pendekatan hermeneutika gadamer, yaitu dengan perbandingan pemikiran anatara tafsir Al-Azhar buya hamka dan tafsir Al-Misbah Quraish Shihab dalam menafsirkan ayat-ayat tentang generasi muda dalam Al-Qur’an, perbedaan dan persamaan tafsir Al-Azhar dan tafsir Al-Misbah tentang konsep generasi muda dalam perspektif Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Generasi muda merupakan sekelompok orang yang sekiranya sama dalam waktu hidupnya, atau satu angkatan: yang juga berarti masa orang yang seangkatan hidup sedangkan muda berarti kelompok (golongan, kaum) muda, jadi generasi muda dapat di simpulkan ialah segolongan kaum pemuda, maka sebagai generasi muda penerus hendaklah selalu giat didalam belajar untuk mencari ilmu dan juga dalam bekerja. Generasi muda adalah manusia yang mempunyai peran penting di dalam masyarakat, bangsa, agama juga negara dan dalam hal apapun tentu tidak luput dari peranan pemuda, seperti mengadakan kegiatan keagamaan, seni budaya, pendidikan agama bahkan dalam hal pemerintahan.
Downloads
References
“Bappenas.” Siaran Pers, Kementerian PPN/Bapenas, Bonus Demografi 2030-2040: Strategi Indonesia Terkait Ketenagakerjaan dan Pendidikan, Jakarta, 22 Mei 2017, Diakses pada 20 Desember 2022, https://www.bappenas.go.id/files/9215/0397/6050/Siaran_Pers__Peer_Learning_and_Knowledge_Sharing_Workshop.pdf.
“Jdih.” Undang-Undang. No. 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan, Diakses pada 20 Desember 2022, https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38784/uu-no-40-tahun-2009.
“Kamus Besar Bahasa Indonesia.” Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online), Diakses pada 20 Desember 2022, https://kbbi.web.id.
“Peraturan.goid.” Undang-Undang No. 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan, Diakses pada 20 Desember 2022, https://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/2009/uu40-2009.pdf.
Al-Banna, Hasan. Pemuda Militan. Solo: CV. Pustaka Mantiq, 1992.
Ash-Siddiqy, Hasbi Muhammad Teungku. Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2000.
Ash-Siddiqy, Hasbi Muhammad Teungku. Tafsir Al-Qur'anil Adhim Jilid 1/Al Hafidz Ibnu Katsir. Kairo: Dar El-Hadith, 2005.
Bagi, Abdul Fuad. Mu’jam Mufahras Li Alfadzil Qur’an. Kairo: Darul Hadits, 1364.
Baqi, Abu Faud Muhammad. Hadis Shahih Bukhâri dan Muslim. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Halim, Abdul. Al-Qur’an membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat press, 2002.
Hamka. Tafsir Al-Azhar, Jilid 7 Cet-Ke 5. Singapura: Pustaka Nasional pte Ltd Singapura, 2003.
In’am, Asichul. “Peranan Pemuda dalam Pendidikan Sosial Kemasyarakatan.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (April 2020): 3. https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/201.
Katsir, Ibn Al-Hafidz dan Abdullah bin Syaikh, Alu Muhammad. Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Tafsir Al-Quran, 2008.
Kuncoro, Hadi Eko Moh. “Arti Pemuda dalam Islam.” Diakses pada 20 Desember 2022, https://mohekohadikuncoro.wordpress.com/2015/01/06/arti-pemuda-dalam-islam/.
Naafs, Suzanne dan White, Ben. “Generasi Antara:Refleksi tentang Studi Pemuda Indonesia.” Jurnal Studi Pemuda 1, no. 2 (September 2012): 6. https://journal.ugm.ac.id/jurnalpemuda/article/viewFile/32063/19387.
Rahman, Fazlur. Al-Qur’an Sumber Ilmu pengetahuan, Terjemahan Arifin. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Satries, Ishardino Wahyu. “Peran Serta Pemuda dalam Pembangunan Masyarakat.” Jurnal Madani I, no. 1 (Mei 2009): 3. https://adoc.pub/peran-serta-pemuda-dalam-pembangunan-masyarakat-abstract.html.
Shihab, Quraish. Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Steenbrink, Karel. “Qur’an Interpretations of Hamzah Fansuri (CA. 1600) and Hamka (1908-1982): A Comparison.” Jurnal Studi Islamika 2, no. 2 (Desember 1995): 4. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/studia-islamika/article/view/835.
Umar, Hasan Ali M. Al-Qur’an dan Pembangunan Nasional. Jawa Tengah: CV. Bahagia Batang, 1992.
Wijaya, “Peran Politik Pemuda: Dinamika Pergerakan Pemuda Sejak Sumpah Pemuda 1928 Sampai Kini.” Journal Of Social Sciences & Humanities “Estoria” Universitas Indraprasta PGRI 2, no. 2 (April 2022): 3. https://journal.unindra.ac.id/index.php/estoria/article/viewFile/833/858.
Wijaya, Negri Daya. “Mentalitas Pemuda pada Masa Pergerakan dan Masa Reformasi di Indonesia.” Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah 1, no. 1 (Maret 2013): 8. https://journals.mindamas.com/index.php/susurgalur/article/view/57.
Yusuf, Yunan. Corak Pemikiran Kalam Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas,1990.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Comprehensive Islamic Studies

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.