Pengaruh Persepsi Kemudahan, Risiko dan Efektivitas terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Platform Crowdfunding Berbasis QR Code
DOI:
https://doi.org/10.56436/jocis.v1i2.146Keywords:
Persepsi Kemudahan, Risiko, Efektivitas, Crowdfunding, QR CodeAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, risiko dan efektivitas terhadap minat menggunakan platform crowdfunding berbasis QR kode pada masyarakat muslim di Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana hipotesis diuji melalui uji regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan teknik sampel menggunakan rumus slovin yang berjumlah 100 orang yaitu masyarakat muslim di Kota Jambi yang pernah menggunakan platform crowdfunding berbasis QR kode. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh persepsi kemudahan, risiko dan efektivitas terhadap minat menggunakan platform crowdfunding berbasis QR kode pada masyarakat muslim di Kota Jambi secara parsial dan simultan. Variabel persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan melalui pembuktian uji statistik dengan nilai thitung sebesar 8,722 lebih besar dari ttabel 1,664 nilai Sig 0,008 < 0.05, variabel risiko berpengaruh negatif dan signifikan melalui uji statistik dengan nilai thitung 9,554 lebih besar dari ttabel 1,664 nilai Sig 0,003 < 0,05, variabel efektivitas berpengaruh positif dan signifikan melalui pembuktian uji statistik dengan nilai thitung 11,063 lebih besar dari ttabel 1,664 nilai Sig 0,000 < 0,05 terhadap minat menggunakan platform crowdfunding berbasis QR kode pada masyarakat muslim di Kota Jambi.
Downloads
References
Aeni, A. N., & Purwantini, A. H. (2017). Eksplorasi Penggunaan Mobile Banking: Pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 15(1).
Ahmad, & Pambudi, B. S. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking. Jurnal Studi Management, 1(11).
Anni. Tri Catharina. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press, 2016.
Asri, S., & Susanti, F. (2018). Faktor Faktor Yang Memengaruhi Minat Beli Pada E-Commerce Lazada.Co.Id (Studi Pada Mahasiswa Jurusan S1 Manajemen “STIE KBP” Padang).
Ashoer, M., Hamzah, M. N., & Mustafa, F. (2019). Analisis Faktor yang Mendorong Konsumen Memilih Hotel Melalui Situs Traveloka.com. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 5(2). https://doi.org/10.31289/jkbm.v5i2.2074.
Bhawika, G. W. (2017). Risiko Dehumanisasi Pada Crowdfunding Sebagai Akses Pendanaan Berbasis Teknologi Di Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora. https://doi.org/10.12962/j24433527.v10i1.2355
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Ilmu-ilmu Sosial Lainya. Jakarta: Kencana, 2005.
Fadhli, Muhammad dan Rudi Fachruddin, “Pengaruh Persepsi Nasabah Atas Risiko, Risiko, Manfaat, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Internet Banking (Studi Empiris Pada Nasabah Bank Umum di Kota Banda Aceh,” Jurnal Ilmiah Masyarakat kota Jambi Ekonomi Akutansi, Vol.1.No.2, 2016.
Fauzi, Muchammad. Metode Penelitian Kuantitatif. Semarang: Walisongo Press, . 2009.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IMB SPSS19,Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : UNDIP, 2009.
Handojo, A., & Wibowo, A. (2012). Aplikasi Crowdfunding Sebagai Perantara Penggalangan Dana Berbasis Website dan Facebook Application. Komputer.
Iswah, N. S., & Soenhadji, M. I. (2020). Pemanfaatan Pembiayaan Usaha Melalui Fasilitas Pinjaman Mikro Non-Bank (Fintech) Berbasis Aplikasi Online.
Jonathan, Sarwono. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2012.
Lacan, C., & Desmet, P. (2017). Does the crowdfunding platform matter? Risks of negative attitudes in two-sided markets. Journal of Consumer Marketing.
Meleong. Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Off set, 2006.
Sinambela, Lijan poltak. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.
Linardi, Celine & Nur, Triasesiarta. 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berdonasi Melalui Platform Crowdfunding. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol 04, No 02.
Lucas and Britt, Adversiting Psychology and Researc. New York : Mc Graw-Hill, 2003.
Mappiare, Andi. Psikologi Remaja .Surabya :Usaha Nasional,1982.
Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitati Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2010
Nizar, Muhammad Afdi. “Technologi Keuangan: Konsep Dan Implemntasi Di Indonesia.” Munich Personal RePEc Archive 5, no 2 (Oktober 2017).
Muhammad, Metode Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif (dilengkapi dengan contoh- contoh aplikasi : proposal penelitian dan laporanya). Jakarta: Rajawali Pers, 2013
Riduwan, Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: ALFABETA,2013
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta. 2015.
Rahayu, C. C. 2013. Penggalangan Dana Model Crowdfunding di Indonesia. Depok: Universitas Indonesia.
Umar, Husein. 2000. Research Methods in Finance and Banking, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Warni, Widi. Endang. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, kualitatif Jakarta: Bumi Aksara, 2018
Wildan M. 2019. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Evektivitas dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial technology (Fintech).
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Comprehensive Islamic Studies

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



















