Pengaruh E-Service Quality, E-Trust Dan E-Satisfaction Terhadap E-Loyalty Konsumen Muslim
DOI:
https://doi.org/10.56436/jocis.v1i2.142Keywords:
e-service quality, e-trust, e-satisfaction, Nasabah, Bank SyariahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh e-service quality, e-trust dan e-satisfaction terhadap e-loyalty konsumen muslim di Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana hipotesis diuji melalui uji regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan teknik sampel menggunakan rumus slovin yang berjumlah 100 orang yaitu masyarakat muslim di Kota Jambi yang pernah berbelanja online di e-commerce Shopee. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh e-service quality, e-trust dan e-satisfaction terhadap e-loyalty konsumen muslim di Kota Jambi secara parsial dan simultan. Variabel e-service quality berpengaruh positif dan signifikan melalui pembuktian uji statistik dengan nilai thitung sebesar 4,470 lebih besar dari ttabel 1,664 nilai Sig 0,000 < 0.05, variabel e-trust berpengaruh positif dan signifikan melalui uji statistik dengan nilai thitung 3,973 lebih besar dari ttabel 1,664 nilai Sig 0,025 < 0,05, variabel efektivitas berpengaruh positif dan signifikan melalui pembuktian uji statistik dengan nilai thitung 4,138 lebih besar dari ttabel 1,664 nilai Sig 0,003 < 0,05 terhadap minat menggunakan platform crowdfunding berbasis QR kode pada masyarakat muslim di Kota Jambi.
Downloads
References
Barkah dan Nabila. Pengaruh E-Service Quality, E-Trust, dan E-WOM Terhadap ESatisfaction Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Pontianak. Proceeding Seminar Bisnis Seri V, 270, 2021.
Corritore, C. L., Kracher, B., & Wiedenbeck, S. “On-line trust: Concepts, evolving themes, a model,” International Journal of Human ComputerStudies 58, No. 6 (2003).
Hanera, “Pengaruh E-Trust Dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction (Studi pada Konsumen Fashion E-Commerce Shopee),” Jurnal Kompetitif Bisnis 1, Nomor 4. 2022.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS (Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro, 2011).
Hansen and Jonsson, e-Loyalty in Fashion e-Commerce: An Investigation in How to Create e-Loyalty, Master Thesis, 2013.
Kartono, Ridwan Achdiat dan Halilah, “Pengaruh E-Trust Terhadap E-Loyalty (Studi Pada Seller Di Bukalapak),” International Research Workshop and National Seminar, 2021.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran (Jakarta: Indekskelompok Gramedia, 2003).
Ramadhana, Dhika Prasetya. 2019. pengaruh e-service quality dan e-trust -loyalty dengan e-satisfaction sebagai variabel intervening (Studi pada Pengguna E-Commerce Shopee). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Rintasari, Dias dan Naili Farida, “Pengaruh E-Trust Dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Melalui E-Satisfaction (Studi Pada Pengguna Situs E-Commerce C2C Shopee Di Kabupaten Sleman,” Jurnal Administrasi Bisnis 9, No. IV. 2020.
Sekaran, Uma. Research Methods for Business (New York: Hermitage Publishing Services and printed, 2003)
Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen (Bandung: Alfabeta, 2016).
Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007).
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Comprehensive Islamic Studies

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



















