Main Article Content
Abstract
This article discusses the application of Islamic Religious Education values in developing and strengthening students' religious moderation at State Vocational High School 2, Jambi City. This article comes from qualitative research with data collection techniques using observation, interviews and documentation. The research results show that the application of Islamic Religious Education values in this school is carried out through two channels, namely; first, intra-curricular Islamic Religious Education learning. In this path, each material from each element of the Koran, Hadith, Aqidah, Akhlak, Fiqh and SPI has religious moderation achievements that are appropriate to the context of the material. Second, the implementation of religious programs, where religious activities – both Muslim and non-Muslim – are carried out in an orderly manner. The Moderation values achieved include; moderate (tawassuth), fair (i'tidal), tolerance (tasamuh), deliberation (syura), improvement (islah), pioneer (qudwah), non-violence (al-la'unf).
Artikel ini membahas penerapan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan dan penguatan moderasi beragama siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Atas Negeri 2 Kota Jambi. Artikel ini berasal dari penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di sekolah ini dilakukan melalui dua jalur yaitu; pertama, pembelajaran Pendidikan Agama Islam intra kurikuler. Pada jalur ini tiap-tiap materi dari masing-masing elemen Alquran Hadits, Aqidah, Akhlak, Fiqih dan SPI memiliki capaian moderasi beragama yang sesuai dengan konteks materi . Kedua, pelaksanaan program keagamaan, di mana pada jalur ini kegiatan keagamaan – baik yang muslim dan non-muslim – dilaksanakan dengan tertib. Adapun nilai-nilai Moderasi yang tercapai antara lain; moderat (tawassuth), adil (i’tidal), toleransi (tasamuh), musyawarah (syura), perbaikan (islah), pelopor (qudwah), anti kekerasan (al-la’unf).
Keywords
Article Details
References
- Amar, Abu. Pendidikan Islam Wasathiyah Ke Indonesia-an, Jurnal Studi KeIslaman Al-Insyiroh 2, no.2, (2018): 20, https://doi.org/10.35309.
- Aziz, Aceng Abdul, et al., Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia, 2019.
- Darmadji, Ahmad. Pondok Pesantren Dan Deradikalisasi Islam Di Indonesia, Jurnal Millah 11, no. 1, (Agustus 2011): 236, https://doi.org/10.20885
- Enco, Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
- MUI Tim Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat, Islam Wasathiyyah (dalam buku Khairan Muhammad Arif, Islam Moderasi: Tela‟ah Komprehensif Pemikiran
- Nur, Afrizal dan Mukhlis Lubis. Konsep Wasathiyah Dalam Al-Quran; (Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Tahrîr Wa At-Tanwîr Dan Aisar At-Tafâsîr). Jurnal: An-Nur, 4 no. 2, 2015. https://doi.org/10.21111
- Nurdin, Syafruddin. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Quantum Teaching, 2005.
- Obert K.Yn, Studi Kasus Desan & Metode. Jakarta: RaJawalii Pers, 2011.
- Purwanto dan Sulistyastuti, Analsis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan. Jakarta:Bumi Aksara, 1991.
- Saifuddin, Lukman Hakim. Moderasi Beragama. Jakarta: Kementrian Agama RI, 2019.
- Soetjipto & Raflis Kosasi, Profesi Keguruan. Jakarta : Pt. Rineka Cipta,2010.
- Sisdiknas, Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Bandung: Fokus Media, 2010.
- Saleh, Adbul Rachiman. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
- Suharto, Babun, et. all, Moderasi Beragama: Dari Indonesia Untuk Dunia. Yogyakarta: LKIS, 2019.
- Umar, Nasaruddin. Islam Nusantara Jalan Panjang Moderasi Di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia, 2019.
- Usman, Nurdin. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Yogyakarta: Insan Media, 2002.
- Undang-undang Sisdiknas No 20 Tahun 2013, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
- Wasathiyyah Islam, pespektif Al-Qur‟an dan As Sunnah, Menuju Islam Rahmatan Li Al-Alamin. Jakarta: Pustaka Ikadi, 2020.
References
Amar, Abu. Pendidikan Islam Wasathiyah Ke Indonesia-an, Jurnal Studi KeIslaman Al-Insyiroh 2, no.2, (2018): 20, https://doi.org/10.35309.
Aziz, Aceng Abdul, et al., Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia, 2019.
Darmadji, Ahmad. Pondok Pesantren Dan Deradikalisasi Islam Di Indonesia, Jurnal Millah 11, no. 1, (Agustus 2011): 236, https://doi.org/10.20885
Enco, Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
MUI Tim Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat, Islam Wasathiyyah (dalam buku Khairan Muhammad Arif, Islam Moderasi: Tela‟ah Komprehensif Pemikiran
Nur, Afrizal dan Mukhlis Lubis. Konsep Wasathiyah Dalam Al-Quran; (Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Tahrîr Wa At-Tanwîr Dan Aisar At-Tafâsîr). Jurnal: An-Nur, 4 no. 2, 2015. https://doi.org/10.21111
Nurdin, Syafruddin. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Quantum Teaching, 2005.
Obert K.Yn, Studi Kasus Desan & Metode. Jakarta: RaJawalii Pers, 2011.
Purwanto dan Sulistyastuti, Analsis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan. Jakarta:Bumi Aksara, 1991.
Saifuddin, Lukman Hakim. Moderasi Beragama. Jakarta: Kementrian Agama RI, 2019.
Soetjipto & Raflis Kosasi, Profesi Keguruan. Jakarta : Pt. Rineka Cipta,2010.
Sisdiknas, Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Bandung: Fokus Media, 2010.
Saleh, Adbul Rachiman. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Suharto, Babun, et. all, Moderasi Beragama: Dari Indonesia Untuk Dunia. Yogyakarta: LKIS, 2019.
Umar, Nasaruddin. Islam Nusantara Jalan Panjang Moderasi Di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia, 2019.
Usman, Nurdin. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Yogyakarta: Insan Media, 2002.
Undang-undang Sisdiknas No 20 Tahun 2013, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Wasathiyyah Islam, pespektif Al-Qur‟an dan As Sunnah, Menuju Islam Rahmatan Li Al-Alamin. Jakarta: Pustaka Ikadi, 2020.