Main Article Content

Abstract

This article discusses the implementation of the sorogan method in increasing understanding of the yellow book at the Tanjung Pasir Al-Awwabien Jambi Islamic Boarding School. This article comes from research with a descriptive qualitative approach using ethnographic methods. Data was obtained through observation, interviews and documentation, then analyzed using the Miles and Huberman model and data triangulation. The research results show that the sorogan method allows independent learning and direct guidance from the teacher. The obstacles encountered ranged from a lack of teachers, long hours, student boredom, tardiness, and difficulty reading the yellow book. To overcome this obstacle, it is necessary to add additional yellow book teachers, increase learning variety, and motivate students.


Artikel ini membahas pelaksanaan metode sorogan dalam meningkatkan pemahaman kitab kuning di Pondok Pesantren Tanjung Pasir Al-Awwabien Jambi. Artikel ini berasal dari penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode etnografi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan model Miles dan Huberman serta triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sorogan memungkinkan pembelajaran mandiri dan bimbingan langsung dari pengajar. Kendala yang ditemui berkisar pada kurangnya pengajar, waktu yang panjang, kebosanan santri, keterlambatan, dan kesulitan membaca kitab kuning. Untuk mengatasi kendala ini maka diperlukan penambahan pengajar kitab kuning, peningkatan variasi pembelajaran, dan motivasi santri.


 

Keywords

Pesantren Teaching System Kitab Kuning Sorogan Method Reading Proficiency

Article Details

References

  1. Dhofier, Zamaksyari. Tradisi Pesantren: Studi Tantangan Pandang Hidup. Jakarta: LP3ES, 2018.
  2. Fakultas Syariah. "Evaluasi Sistem Pembelajaran Kitab Kuning." https://123dok.com/article/jenis-kitab-kuning-pondok-pesantren-pembelajaran-kitab-kuning.zgw4lrgv
  3. Fathoni, Mukhammad. Pembelajaran Fiqih di Pesantren. Sumatra Barat: Cendekia Muslim, 2023.
  4. Fauziani, Rinda, dan Aditya Firdaus. Pendidikan Akhlak Karimah Berbasis Kultur Kepesantrenan. Bandung: Alfabeta, 2018.
  5. Hidayah, Ridho, dan Hasyim Asy’ari. "Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Dengan Metode Sorogan Pada Santri Pondok Pesantren Walisongo."1, no 1 (2022). file:///C:/Users/user/Downloads/ridho.pdf
  6. Huda, Zainol. Spirit Ekonomi Pesantren. Sematera Barat: Azka Pustaka, 2022.
  7. Kafabihi, Abdullah, Mahrus. Terjemahan Ta’lim Muta’alim. Jawa Timur: Azha Offset, 2015.
  8. Muftisany, Hafidz. Kitab Kuning dan Lahirnya Ulama. Intera, 2021.
  9. Mulya, Fajar. Terjemah Al-Qur’an. Surabaya.
  10. Mustofa. "Pengaruh Penguasaan Ilmu Nahwu Dan Sharaf Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Fathul Qorib." 2, no 1 (2022). http://repository.isi-ska.ac.id/3138/1/KITAB%20KUNING%20-%20TIBANDARU.pdf
  11. Naim, Ngainun. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  12. Nasihin dan Husna. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Semarang: Formaci, 2017.
  13. Nizar, Samsul. Sejarah Sosial Dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam Nusantara. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri, 2013.
  14. Qomar, Mujamil. Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga, 2022.
  15. RI, Depag. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah.
  16. Riadi, Dayun. Metode Pembelajaran Agama Pendidikan Islam. LP2: STAIN CURUP, 2017.
  17. Rodiah, Zulkarnaen, dan Qolbi Khoiri. "Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al Munawarah Kab. Kapang Kapaiang Provinsi Bengkulu." 1, no 1 (2018).
  18. Sardiman. Interaksi Motivasi Dan Belajar Mengajar. Jakarta: Kencana.
  19. Solihin, Muhammad. "Implementasi Pembelajaran Kitab Turats di Pondok Pesantren Darul Lughoh." Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam 02, no 02 (2023). file:///C:/Users/user/Downloads/4.+Solihin+Implementasi+Pembelajaran+Kitab+Turats+Di+Pondok+Pesantren+Darul+Lughah+39-51.pdf
  20. Sufriatiningsih. Persepektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. Yogyakarta: Deepublish, 2016.
  21. Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
  22. Syekhnurjati. "Penerapan Metode Sorogan Dan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Fath Al-Qorib Santri." Tautan: https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB21410110082.pdf .
  23. Usman, Basyaruddin. Metode Pembelajaran Agama Islam.
  24. Yayasan al-Hasanah Bengkulu. "Metode Pembelajaran di Pesantren."https://ponpes.alhasanah.sch.id/pengetahuan/metode-pembelajaran-di-pesantren-1-2 /.
  25. Yumnah, Siti. Moderasi Pesantren Berbasis Kearifan Lokal. Pasuruan: Basya Media Utama, 2023.