Main Article Content

Abstract

This article discusses the implementation of Islamic religious education in developing students' disciplined character. The main problem studied is how student character development is carried out through Islamic religious education learning. This article comes from descriptive qualitative research with school principals, Islamic religious education teachers, and as subjects. Data collection techniques were carried out using observation, interviews and documentation. The results of the research show that cultivating students' disciplined character is carried out by preparing learning plans and tools that contain disciplinary character values, approaching values through example and providing guidance to students, making written and unwritten rules, and making adjustments to daily routine activities. , weekly, or structured student activities. Factors that support the cultivation of values include; principal control, support from students' parents, teacher involvement, and students' self-awareness.


Artikel ini membahas tentang implementasi pendidikan agama Islam dalam membina karakter disiplin siswa. Permasalahan utama yang dikaji adalah bagaimana pembinaan karakter disipin siswa dilakukan melalui pembelajaran pendidikan Agama Islam. Artikel ini berasal dari penelitian kualitatif deskriptif dengan kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan serta sebagai subjeknya . Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter disiplin siswa dilakukan dengan menyusun rencana dan perangkat pembelajaran yang memuat nilai-nilai karakter disiplin, melakukan pendekatan nilai melalui keteladanan serta memberikan bimbingan kepada siswa, membuat peraturan tertulis dan tidak tertulis, serta melakukan pembiasaan-pembiasan pada kegiatan rutin harian, mingguan, ataupun kegiatan terstruktur siswa. Faktor-faktor yang mendukung penanaman nilai antara lain; kontrol kepala sekolah, dukungan dari orang tua siswa, keterlibatan guru, dan adanya kesadaran diri siswa.

Keywords

Islamic education Educational Goals Teacher's Role Learning methods Student Disciplinary Character

Article Details

References

  1. An-Nahlawi, Abdurrahman.Pendidikan Islam di rumah,sekolah, dan masyarakat (Jakarta, Gema Insani, 2003), hal.118
  2. Akmaluddin, A., & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi kasus). Journal Of Education Science, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.3314/jes.v5i2.467.
  3. Aminuddin dan Zurnal.. Fiqih ibadah. Jakarta: Lembagia Penelitian UIN Syarif Hdayatullah, 2008.
  4. Ansori, Y. Z., Nahdi, D. S., & Saepuloh, A. H. (2021). Menumbuhkan karakter hormat dan tanggung jawab pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120.
  5. Aqib, Zainal, 2011, Pendidikan Karakter. Bandung : Yruma Widya (Zainal Aqib, op.cit, hal.99.)
  6. Arkuinto, Suharisimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta
  7. Armaini, Nurhastuti, & Budi, S. (2022). The Role of Parents with Blind Disabilities in Forming Disiplined and Independent Characters in Elementary School-aged Children. Pedagogik Journal of Islamic
  8. Dahlan, Abdul Aziz,.Enskloped Hukum islam. Jakarta: chtar Baru Van Hoeve, 2011
  9. Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2012
  10. EB, Hulock Perkembangan Anak Jakarta: Erlangga, 2010
  11. Enco, Mulyasa.. Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
  12. Fadilah, S. N., & Nasirudin, F. (2021). Implementasi Reward dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah
  13. Halimatussa’diyah. Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural. Surabaya : Jakad Media Publishing, 2020
  14. Hamalik, Oemar. Pembelajaran Pendidikan Agama islam. Bandung: Quanitum Teaching, 2013
  15. Harapan, E., Ahmad, S., & MM, D. (2022). Komunikasi antarpribadi: Perilaku insani dalam organisasi pendidikan.
  16. Hardiyansyah, Haris. Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Rajawali Press, 2011
  17. Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onalalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Conseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1).
  18. Huberiiman, Mchael A. dan Matthew B. Mles. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: U, 1992
  19. Ilahi, R., Syahniar, & Ibrahim, I. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Pelanggaran Disiplin Siswa dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 40– 44.
  20. indrafachrudini, Administrasi Pendidikan Malang: KP Malang, 2014
  21. Jalaludin, Psikologi Agama Jakarta: Rajawali Pres, 2010
  22. Kasran, Muhammad. Ilmu Jiwa Perkembangan Surabaya: Usaha Nasional, 2012
  23. Kusuma, Amr Dan indra. Pengantar Ilmu Pendidikan Sebuah Tinjauan Torts Flosofis Malang: KP Malang, 2010
  24. Lopes, J., & Oliveira, C. (2017). Classroom Discipline: Theory and Practice. Classrooms: Academic Content and Behavior Strategy Instruction for Students with and without Disabilities, 2, 231–253.
  25. Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang.
  26. Moh. Shocib. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Dini, Jakarta : Rineka Cipta, 2010
  27. Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002
  28. Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Rosdakarya,2005
  29. Mufarokah, Annisatul. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Teras,2009
  30. Muhaimin. Pengembangan Karakter Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa, 2005
  31. Mukhtar, Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel limah Painduan Berbass Penelitian Kualitatif Lapangan dan Perpustakaan, Jambi: Gaung Persada Press, 2010 cet.
  32. Mulyadi, Seto. Membantu Anak Balta Mengelola Amarahnya, PT. Gelora Pratama, 2014
  33. Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung : Rosdakarya, 2015
  34. Nasutoin, Metode Research Penelitian limah Jakarta: Bum Aksara, 2006
  35. Nurdini, Syafruddini. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Bandung :Quanitum Teachng, 2005 Pdarita, Made. Landasan Kependidikan Jakarta: Rneka Cpta, 2017
  36. Purwanto, M. Ngalim. ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2010
  37. Qutb, Muhammad.Sistem Pendidikan Islam. Bandung: PT al Ma‟arif, 2011 Rafls Kosas, Soetjpto Profesi Keguruan Jakarta: PT. Rneka Cpta, 2011
  38. Rohani, Ahmad. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta. 2014
  39. Sagala, Syaiful. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan 2010. Bandung Alfabeta, 2010
  40. Saidah, U. H. Pengantar Pendidikan Jakarta: Rajawali, 2016
  41. Sator, Jam’an dan Aan Komarah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2009.
  42. Schaefer, Chariles. Cara Mendidik dan Mendisiplinkan Anak. Jakarta: Mtra Utama, 1994
  43. Shaleh, Abdul Rachiman. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak
  44. Shiddeqy, Hasb Ash. kulah ibadah Jakarta: PT Bulan bintang, 2004
  45. Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2009 Teaching, 2011
  46. Sugiono, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012
  47. Suwarno, Pengantar Umum Pendidikan Jakarta: Aksara Baru, 2010
  48. Suyono dan hariyanto , Belajar dan pembelajaran teori dan konsep Dasar Bandung : Rosdakarya, 2014
  49. Syahdini, Aplikasi Metode Pendidikan Quran dalam Pembelajaran Agama Di Sekolah, Tasikmalaya: Ponpes Suryalaya Tasikmalaya, 2015
  50. Tafsir, Ahmad. ilmu Pendidikan Dalam Perspektif islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2014
  51. Toenloe, A.J.E. Teori dan Praktek Pengolahan Kelas. Surabaya: Usiaha Nasional, 2011
  52. Undang-undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika, 2010
  53. Wdagho, Djoko.ilmu Budaya Dasar Jakarta: BumI Aksara, 1994
  54. Zuhairini, dkk. Filsafat pendidikan Islam Jakarta : Bumi Aksara , 2008