Main Article Content
Abstract
This article discusses the implementation of Islamic religious education in developing students' disciplined character. The main problem studied is how student character development is carried out through Islamic religious education learning. This article comes from descriptive qualitative research with school principals, Islamic religious education teachers, and as subjects. Data collection techniques were carried out using observation, interviews and documentation. The results of the research show that cultivating students' disciplined character is carried out by preparing learning plans and tools that contain disciplinary character values, approaching values through example and providing guidance to students, making written and unwritten rules, and making adjustments to daily routine activities. , weekly, or structured student activities. Factors that support the cultivation of values include; principal control, support from students' parents, teacher involvement, and students' self-awareness.
Artikel ini membahas tentang implementasi pendidikan agama Islam dalam membina karakter disiplin siswa. Permasalahan utama yang dikaji adalah bagaimana pembinaan karakter disipin siswa dilakukan melalui pembelajaran pendidikan Agama Islam. Artikel ini berasal dari penelitian kualitatif deskriptif dengan kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan serta sebagai subjeknya . Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter disiplin siswa dilakukan dengan menyusun rencana dan perangkat pembelajaran yang memuat nilai-nilai karakter disiplin, melakukan pendekatan nilai melalui keteladanan serta memberikan bimbingan kepada siswa, membuat peraturan tertulis dan tidak tertulis, serta melakukan pembiasaan-pembiasan pada kegiatan rutin harian, mingguan, ataupun kegiatan terstruktur siswa. Faktor-faktor yang mendukung penanaman nilai antara lain; kontrol kepala sekolah, dukungan dari orang tua siswa, keterlibatan guru, dan adanya kesadaran diri siswa.
Keywords
Article Details
References
- An-Nahlawi, Abdurrahman.Pendidikan Islam di rumah,sekolah, dan masyarakat (Jakarta, Gema Insani, 2003), hal.118
- Akmaluddin, A., & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi kasus). Journal Of Education Science, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.3314/jes.v5i2.467.
- Aminuddin dan Zurnal.. Fiqih ibadah. Jakarta: Lembagia Penelitian UIN Syarif Hdayatullah, 2008.
- Ansori, Y. Z., Nahdi, D. S., & Saepuloh, A. H. (2021). Menumbuhkan karakter hormat dan tanggung jawab pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120.
- Aqib, Zainal, 2011, Pendidikan Karakter. Bandung : Yruma Widya (Zainal Aqib, op.cit, hal.99.)
- Arkuinto, Suharisimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta
- Armaini, Nurhastuti, & Budi, S. (2022). The Role of Parents with Blind Disabilities in Forming Disiplined and Independent Characters in Elementary School-aged Children. Pedagogik Journal of Islamic
- Dahlan, Abdul Aziz,.Enskloped Hukum islam. Jakarta: chtar Baru Van Hoeve, 2011
- Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2012
- EB, Hulock Perkembangan Anak Jakarta: Erlangga, 2010
- Enco, Mulyasa.. Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
- Fadilah, S. N., & Nasirudin, F. (2021). Implementasi Reward dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah
- Halimatussa’diyah. Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural. Surabaya : Jakad Media Publishing, 2020
- Hamalik, Oemar. Pembelajaran Pendidikan Agama islam. Bandung: Quanitum Teaching, 2013
- Harapan, E., Ahmad, S., & MM, D. (2022). Komunikasi antarpribadi: Perilaku insani dalam organisasi pendidikan.
- Hardiyansyah, Haris. Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Rajawali Press, 2011
- Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onalalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Conseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1).
- Huberiiman, Mchael A. dan Matthew B. Mles. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: U, 1992
- Ilahi, R., Syahniar, & Ibrahim, I. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Pelanggaran Disiplin Siswa dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 40– 44.
- indrafachrudini, Administrasi Pendidikan Malang: KP Malang, 2014
- Jalaludin, Psikologi Agama Jakarta: Rajawali Pres, 2010
- Kasran, Muhammad. Ilmu Jiwa Perkembangan Surabaya: Usaha Nasional, 2012
- Kusuma, Amr Dan indra. Pengantar Ilmu Pendidikan Sebuah Tinjauan Torts Flosofis Malang: KP Malang, 2010
- Lopes, J., & Oliveira, C. (2017). Classroom Discipline: Theory and Practice. Classrooms: Academic Content and Behavior Strategy Instruction for Students with and without Disabilities, 2, 231–253.
- Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang.
- Moh. Shocib. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Dini, Jakarta : Rineka Cipta, 2010
- Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002
- Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Rosdakarya,2005
- Mufarokah, Annisatul. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Teras,2009
- Muhaimin. Pengembangan Karakter Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa, 2005
- Mukhtar, Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel limah Painduan Berbass Penelitian Kualitatif Lapangan dan Perpustakaan, Jambi: Gaung Persada Press, 2010 cet.
- Mulyadi, Seto. Membantu Anak Balta Mengelola Amarahnya, PT. Gelora Pratama, 2014
- Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung : Rosdakarya, 2015
- Nasutoin, Metode Research Penelitian limah Jakarta: Bum Aksara, 2006
- Nurdini, Syafruddini. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Bandung :Quanitum Teachng, 2005 Pdarita, Made. Landasan Kependidikan Jakarta: Rneka Cpta, 2017
- Purwanto, M. Ngalim. ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2010
- Qutb, Muhammad.Sistem Pendidikan Islam. Bandung: PT al Ma‟arif, 2011 Rafls Kosas, Soetjpto Profesi Keguruan Jakarta: PT. Rneka Cpta, 2011
- Rohani, Ahmad. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta. 2014
- Sagala, Syaiful. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan 2010. Bandung Alfabeta, 2010
- Saidah, U. H. Pengantar Pendidikan Jakarta: Rajawali, 2016
- Sator, Jam’an dan Aan Komarah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2009.
- Schaefer, Chariles. Cara Mendidik dan Mendisiplinkan Anak. Jakarta: Mtra Utama, 1994
- Shaleh, Abdul Rachiman. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak
- Shiddeqy, Hasb Ash. kulah ibadah Jakarta: PT Bulan bintang, 2004
- Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2009 Teaching, 2011
- Sugiono, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012
- Suwarno, Pengantar Umum Pendidikan Jakarta: Aksara Baru, 2010
- Suyono dan hariyanto , Belajar dan pembelajaran teori dan konsep Dasar Bandung : Rosdakarya, 2014
- Syahdini, Aplikasi Metode Pendidikan Quran dalam Pembelajaran Agama Di Sekolah, Tasikmalaya: Ponpes Suryalaya Tasikmalaya, 2015
- Tafsir, Ahmad. ilmu Pendidikan Dalam Perspektif islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2014
- Toenloe, A.J.E. Teori dan Praktek Pengolahan Kelas. Surabaya: Usiaha Nasional, 2011
- Undang-undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika, 2010
- Wdagho, Djoko.ilmu Budaya Dasar Jakarta: BumI Aksara, 1994
- Zuhairini, dkk. Filsafat pendidikan Islam Jakarta : Bumi Aksara , 2008
References
An-Nahlawi, Abdurrahman.Pendidikan Islam di rumah,sekolah, dan masyarakat (Jakarta, Gema Insani, 2003), hal.118
Akmaluddin, A., & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi kasus). Journal Of Education Science, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.3314/jes.v5i2.467.
Aminuddin dan Zurnal.. Fiqih ibadah. Jakarta: Lembagia Penelitian UIN Syarif Hdayatullah, 2008.
Ansori, Y. Z., Nahdi, D. S., & Saepuloh, A. H. (2021). Menumbuhkan karakter hormat dan tanggung jawab pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120.
Aqib, Zainal, 2011, Pendidikan Karakter. Bandung : Yruma Widya (Zainal Aqib, op.cit, hal.99.)
Arkuinto, Suharisimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta
Armaini, Nurhastuti, & Budi, S. (2022). The Role of Parents with Blind Disabilities in Forming Disiplined and Independent Characters in Elementary School-aged Children. Pedagogik Journal of Islamic
Dahlan, Abdul Aziz,.Enskloped Hukum islam. Jakarta: chtar Baru Van Hoeve, 2011
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2012
EB, Hulock Perkembangan Anak Jakarta: Erlangga, 2010
Enco, Mulyasa.. Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
Fadilah, S. N., & Nasirudin, F. (2021). Implementasi Reward dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah
Halimatussa’diyah. Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural. Surabaya : Jakad Media Publishing, 2020
Hamalik, Oemar. Pembelajaran Pendidikan Agama islam. Bandung: Quanitum Teaching, 2013
Harapan, E., Ahmad, S., & MM, D. (2022). Komunikasi antarpribadi: Perilaku insani dalam organisasi pendidikan.
Hardiyansyah, Haris. Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Rajawali Press, 2011
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onalalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Conseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1).
Huberiiman, Mchael A. dan Matthew B. Mles. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: U, 1992
Ilahi, R., Syahniar, & Ibrahim, I. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Pelanggaran Disiplin Siswa dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 40– 44.
indrafachrudini, Administrasi Pendidikan Malang: KP Malang, 2014
Jalaludin, Psikologi Agama Jakarta: Rajawali Pres, 2010
Kasran, Muhammad. Ilmu Jiwa Perkembangan Surabaya: Usaha Nasional, 2012
Kusuma, Amr Dan indra. Pengantar Ilmu Pendidikan Sebuah Tinjauan Torts Flosofis Malang: KP Malang, 2010
Lopes, J., & Oliveira, C. (2017). Classroom Discipline: Theory and Practice. Classrooms: Academic Content and Behavior Strategy Instruction for Students with and without Disabilities, 2, 231–253.
Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang.
Moh. Shocib. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Dini, Jakarta : Rineka Cipta, 2010
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002
Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Rosdakarya,2005
Mufarokah, Annisatul. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Teras,2009
Muhaimin. Pengembangan Karakter Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa, 2005
Mukhtar, Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel limah Painduan Berbass Penelitian Kualitatif Lapangan dan Perpustakaan, Jambi: Gaung Persada Press, 2010 cet.
Mulyadi, Seto. Membantu Anak Balta Mengelola Amarahnya, PT. Gelora Pratama, 2014
Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung : Rosdakarya, 2015
Nasutoin, Metode Research Penelitian limah Jakarta: Bum Aksara, 2006
Nurdini, Syafruddini. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Bandung :Quanitum Teachng, 2005 Pdarita, Made. Landasan Kependidikan Jakarta: Rneka Cpta, 2017
Purwanto, M. Ngalim. ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2010
Qutb, Muhammad.Sistem Pendidikan Islam. Bandung: PT al Ma‟arif, 2011 Rafls Kosas, Soetjpto Profesi Keguruan Jakarta: PT. Rneka Cpta, 2011
Rohani, Ahmad. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta. 2014
Sagala, Syaiful. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan 2010. Bandung Alfabeta, 2010
Saidah, U. H. Pengantar Pendidikan Jakarta: Rajawali, 2016
Sator, Jam’an dan Aan Komarah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2009.
Schaefer, Chariles. Cara Mendidik dan Mendisiplinkan Anak. Jakarta: Mtra Utama, 1994
Shaleh, Abdul Rachiman. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak
Shiddeqy, Hasb Ash. kulah ibadah Jakarta: PT Bulan bintang, 2004
Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2009 Teaching, 2011
Sugiono, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012
Suwarno, Pengantar Umum Pendidikan Jakarta: Aksara Baru, 2010
Suyono dan hariyanto , Belajar dan pembelajaran teori dan konsep Dasar Bandung : Rosdakarya, 2014
Syahdini, Aplikasi Metode Pendidikan Quran dalam Pembelajaran Agama Di Sekolah, Tasikmalaya: Ponpes Suryalaya Tasikmalaya, 2015
Tafsir, Ahmad. ilmu Pendidikan Dalam Perspektif islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2014
Toenloe, A.J.E. Teori dan Praktek Pengolahan Kelas. Surabaya: Usiaha Nasional, 2011
Undang-undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika, 2010
Wdagho, Djoko.ilmu Budaya Dasar Jakarta: BumI Aksara, 1994
Zuhairini, dkk. Filsafat pendidikan Islam Jakarta : Bumi Aksara , 2008