Main Article Content

Abstract

This article reveals the personality competence of teachers in forming the character of early childhood in the Oby Scholar Playgroup, Tembilahan Hulu District, Riau. The focus of the study is how do teachers try to shape the character of young children? This article departs from descriptive qualitative research with data collection techniques through observation, interviews and documentation. Meanwhile, data analysis techniques include domains, taxonomy, components and cultural themes. Research findings show that in an effort to shape the character of early childhood, teachers apply the exemplary method by first showing discipline and responsibility. The small number of teachers who appear to lack discipline is more due to external factors such as the condition of teachers who are quite far from the teaching place and vehicles that are not always available. However, in improving teacher personality competence in increasing teacher discipline and responsibility, school principals always monitor, develop teacher performance, and apply sanctions and rewards to teachers.


Artikel ini mengungkap tentang kompetensi kepribadian guru dalam pembentukan karakter anak usia dini di Kelompok Bermain Oby Cendekia Kecamatan Tembilahan Hulu Riau. Fokus kajiannya adalah bagaimana guru berupaya membentuk karakter anak usia dini? Artikel ini berangkat dari penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi domain, taksonomi, komponensial, dan tema kultural. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya membentuk karakter anak usia dini, guru-guru menerapkan metode keteladanan dengan terlebih dulu menunjukkan kedisiplinan, dan tanggung jawab. Sebagian kecil guru yang mengesankan kurang disiplin lebih disebabkan oleh faktor  eksternal seperti kondisi guru yang memang cukup jauh dari tempat mengajar dan kendaraan yang tidak selalu ada. Namun demikian, dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru dalam meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab guru, kepala sekolah selalu melakukan pemantauan, pembinaan kinerja guru, serta penerapan sanksi  dan reward pada guru-guru.

Keywords

Teacher Competency Teacher Personality Early childhood Early childhood education Early Childhood Character

Article Details

References

  1. Salahudin, Anas Irwanto Alkrienciehie. Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa. Bandung: Cv Pustaka Setia. 2013.
  2. Anggraini, Anastasia Dewi. Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Mutiara Tapos, Depok. 2017.
  3. Dian, Andayani dan Abdul Majid. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
  4. Baedowi, Ahmad dkk. Manajemen Sekolah Efektif: Pengalaman Sekolah Sukma Bangsa. Jakarta: Pustaka Alvabet. 2015.
  5. Assegaf, Abd. Rahman. Aliran Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2013.
  6. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
  7. Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2016.
  8. Basrowi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2008.
  9. Bugin, Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
  10. Departemen Agama. Alquran Dan Terjemah. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2013.
  11. Utami, Dyah Retno Fitri Lita Latiana, dkk. A study on the influence of personality and social competencies on the performance of kindergarten teachers based on the principal’s assessment. Vol 9 No 1 Januari 2020
  12. Desyanty, Ellyn Sugeng dan Rezka Arina Rahmah, Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan,Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 kota malang. Jurnal Pendidikan Nonformal Volume XIV, No. 1, Maret 2019.
  13. Fadillah, Muhammad & Lilif Mualifatu Khorida. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Konsep & Aplikasi Dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2013.
  14. Fadillah, Muhammad. desain pembelajaaran PAUD tinjauan teori dan praktek. Jogjakarta: Ar-ruzz media, 2012.
  15. Fitriyyah, Di’amah. Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng’ Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal.Aṣ-Ṣibyan. Vol.1, No.1, 2016.
  16. Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung:CV Alfabeta, 2017.
  17. https://tafsirweb.com/7633-quran-surat-al-ahzab-ayat-21.html diakses tanggal 2 juli 2020 jam 12:47
  18. Indrijati, Herdina. Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.2016.
  19. Ibrahim, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2018.
  20. Suismanto, Isnaenti Fat Rochimi. Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini di kelompok B2 TK Nurul Ummah Kota gede Yogyakarta, Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 3 No. 4 Desember 2018.
  21. Karmila. Dkk. Analisis KedisiPplinan Kinerja Guru. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pasir Pengaraian. 2016.
  22. Lickona, Thomas. pendidikan karakter.panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik .Bandung:Penerbit Nusa Media. 2013.
  23. Yunita, Lisma. Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini di TK Masjid Agung Kalianda Lampung Selatan.2019.
  24. Yunita, Lisma. Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 3A SDN 1,Gedongkiwo Yogyakarta. 2017
  25. Hartati, Netty Dkk. Islam dan Psikologi. Jakarta:Raja Grafindo Prasada. 2014.
  26. Norhalimah, Thamrin. Analisis Kompetensi Kepribadian Guru Taman Kanak-Kanak Islam Semseta Khatulistiwa Pontianak.
  27. Yamin, Martinis dan Maisah. Standarisasi kinerja Guru. Yogyakarta: Gafindo Litera Media. 2010
  28. Moekijat. Kepemimpinan di Sekolah.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.2010.
  29. Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 2014.
  30. Suwaid, M.Nur Abdul Hafizh. Prophetic Parenting Cara Nabi Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro U Media. 2010.
  31. Mukhtar, Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif.Jakarta: Referensi.2013.
  32. Mutiah, Diana. psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: prenada Media. 2010.
  33. Musyarofah, Development Of Social Aspects Of Age Children Early Kindergarten Interdisciplinary, Journal Of Communication, Vol.2, No.1, Juni 2017.
  34. Najib, Muhammad. Novaardy Wiliyani & Sholichin, Manajemen Strategic Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media. 2016.
  35. M. Hosnan. etika profesi pendidik pembinaan dan penetapan kinerja guru kepala sekolah serta pengawas sekolah. Bogor: galia Indonesia. 2016.
  36. Dacholfany, M. Ihsan & Uswatun Hasanah. Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 2018.
  37. Partini. pengantar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Gafindo Litera Media. 2010.
  38. Yulis, Rama. Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Kalam Mulia.2017
  39. Salahudin, Anas & Irwanto Alkrienciehie. Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya Bangsa. Bandung: CV Pustaka Setia. 2013.
  40. Septriana, Rina. Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara. 2019.
  41. Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods. Bandung: Alfabeta. 2019.
  42. _________.Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D 342
  43. _________.Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods.Bandung: Alfabeta.2014.
  44. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010), 274.
  45. Sunarti, Titin. Peran Guru Dan Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SDIT Insantama. Tesis. IAIN Sultan maulana hasanuddin banten Serang, 2016.
  46. Sjarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta:Bumi Aksara. 2011.
  47. Syarbini, Amirulloh. Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga: Studi Tentang Model Pendidikan Karakter dalam Prespektif Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2016.
  48. Thoifuri. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Rasail Media Group. 2017.
  49. Lickona, Thomas. Pendidikan Karakter panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik. Bandung:Penerbit Nusa Media, 2013.
  50. Wibowo, Agus. pendidikan karakter anak usia dini. strategi membangun karakter di usia emas. Yogyakarta: pustaka belajar. 2017.
  51. Ulya, Wildatun. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. jurnal Bahana Manajemen Pendidikan.Volume 8 Nomor 2. http://ejournal.unp.ac.id/index. Php/bahana Published: 22 Desember 2019.
  52. Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan (Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Grup, 2013), hal, 47.
  53. Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: PT Indeks. 2013.
  54. Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana. 2011.