Main Article Content
Abstract
This research aims to see and analyze the implementation of the problem based learning model in increasing student learning motivation at Al Falah Pasir Putih Bungo Private Madrasah Aliyah. The main problem raised is why is the learning process for the subject of moral beliefs not going well, which is indicated by problems with students' learning motivation? The research findings show that the implementation of the problem based learning model at Al Falah Pasir Putih Bungo Private Madrasah Aliyah must be improved further, because the practice of the problem based learning model has not been realized effectively in the classroom learning process. Student learning motivation at Al Falah Pasir Putih Bungo Private Madrasah Aliyah is experiencing a phase of decline. Meanwhile, the obstacles faced include; student management and differences in student character and self-control. The efforts made include; recording the systematic course of learning and applying it, elaborating on problem-based learning models with good learning methods, as well as appreciating achievements and giving punishments.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis implementasi model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Swasta Al Falah Pasir Putih Bungo. Permasalahan utama yang diangkat adalah mengapa proses pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak belum berjalan dengan baik yang ditandai dengan adanya permasalahan motivasi belajar siswa? Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran problem based learning di Madrasah Aliyah Swasta Al Falah Pasir Putih Bungo harus ditingkatkan lagi, karena praktik model pembelajaran problem based learning belum terealisasi secara efektif dalam proses pembelajaran di kelas. Motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Swasta Al Falah Pasir Putih Bungo mengalami fase penurunan. Sedangkan kendala yang dihadapi antara lain; pengelolaan siswa dan perbedaan karakter siswa dan pengendalian diri. Adapun upaya yang dilakukan antara lain; mencatat sistematika jalannya pembelajaran dan menerapkannya, mengelaborasikan model pembelajaran problem based learning dengan metode pembelajaran dengan baik, serta mengapresiasi prestasi dan memberi hukuman.
Keywords
Article Details
References
- Abid, Muhammad Nasikhul, “Indikator-indikator Motivasi Belajar,” dosenmuslim.com., 15 September 2017, Indikator-indikator Motivasi Belajar * DosenMuslim.Com, diakses pada 23 Desember 2022.
- Amir, M. Taufiq. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
- Anton. “4 Ciri Utama Model Pembelajaran Problem Based Learning.” diakses 15 Oktober 2022, 4 Ciri Utama Model Pembelajaran Problem Based Learning Halaman 2 - Kompasiana.com
- Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. “Belajar.” diakses 12 Oktober 2022, Hasil Pencarian - KBBI Daring (kemdikbud.go.id)
- Badarussyamsi dkk, Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Jambi: Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin, 2020.
- Bekti Wulandari dan Herman Dwi Surjono, “Pengaruh Problem Based Learing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK,” Jurnal Pendidikan Vokasi 3, No. 2 (Juni 2013): 181, Referensi 5 - 2013 - Bekti dan Herman - Jurnal.pdf
- Blog Guru. “Motivasi Ekstrinsik Dalam Belajar.” diakses 12 Oktober 2022, Motivasi Ekstrinsik dalam belajar Blog Guru | Guru BloggerBLOG GURU | Guru Blogger (blog-guru.web.id)
- Dirman dan Cicih Juarsih, Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
- Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
- Enda, Amna, “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran,” Lantanida Jurnal 5, No. 2 (2017): 175, 2838-5736-1-SM.pdf
- Haba, “Implementasi Problem Based Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pesantren Mazraatul Akhira Kabupaten Pinrang,” (Tesis, IAIN Parepare, Parepare, 2019)
- Habibah Sukmini Arief dkk., “Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL),” Jurnal Pena Ilmiah 1, No. 1 (2016): 142, Referensi 6 - Habibah dkk - 2016 - Jurnal.pdf
- Hasil Observasi. MAS Al Falah Pasi Putih Bungo. 2 Maret 2022
- Idhzar, Ahmad, “Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Office 2, No. 2 (2016): 223, Ahmad Idhar 2016 - Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.pdf
- InformasiGuru.com. “Model Pembelajaran Berbasis Masalah/Problem Based Learning (PBL).” diakses 12 Oktober 2022, Model Pembelajaran Berbasis Masalah/Problem Based Learning (PBL) - INFORMASIGURU.COM
- Irma Darmayanti, dkk., “Implementasi Metode Hadiah dan Hukuman dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Andragogi 2, No. 3 (2020): 21, IMPLEMENTASI METODE HADIAH DAN HUKUMAN DALAM MENINGKATKAN.pdf
- Ja’far, Anwar. “Motivasi Pendidikan Agama Islam pada Pemuda/Pemudi Desa Baru Nalo Kabupaten Merangin.” Skripsi: STAI SMQ, Bangko, 2019.
- Lestari, Karunia Eka, “Implemen Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Motivasi Belajar Siswa SMP,” Jurnal Pendidikan UNSIKA 2, No. 1 (November 2014): 40, 120-Article Text-255-2-10-20160906.pdf
- Maglearning.id. “Pengertian Pembelajaran Berbasis Masalah dan Langkahnya.” diakses 12 Oktober 2022, Pengertian Pembelajaran Berbasis Masalah dan Langkahnya » maglearning.id
- Masa, Miss Saleeha. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Ngaliyan 05 Semarang.” Skripsi: Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang, 2019.
- Maulana,-Rizky dan Putri Amelia. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Cahaya Agency Surabaya, 2013.
- Maxmanroe.com. “Pengertian Belajar: Tujuan, Ciri-ciri dan Jenis-jenis Belajar.” diakses 12 Oktober 2022, PENGERTIAN BELAJAR adalah: Definisi, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Jenisnya (maxmanroe.com)
- Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
- Mukhalip. “Pembelajaran Fiqih dengan Model Pendekatan Problem Based Learning dalam Pengembangan Sikap Moderat Santri Pondok Pesantren Ummul Qura.” Tesis: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta 2021. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Pembelajaran Fikih dengan Model Problem Based Learning dalam Pengembangan Sikap Moderat Santri Pondok Pesantren Ummul QUra (uinjkt.ac.id)
- Mulyono, “Keefektifan Metode Problem Based Learning dalam Pembelajaran Piqih di Perguruan Tinggi,” Cendekia: Jurnal Studi Keislaman 2, No. 2, Desember 2016): 156, Referensi 4 - 2016 - Mulyono - Jurnal.pdf
- Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
- Rusdiana, Pengelolaan Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2015.
- Saleh, Marhamah. “Strategi Pembelajaran Fiqih dengan Problem Based Learning.” Jurnal Ilmiah Didaktika XIV, no. 1, (Agustus 2013): 190. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/497/415
- Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
- Setyanto, N. Ardi, Panduan Sukses Komunikasi Belajar Mengajar, Jogjakarta: DIVA Press, 2014.
- Siagian, Sondang P. Teori Motivasi dan Apilasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
- Siregar, Eveline dan Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2010,
- Sobur, Alex, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2012.
- Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
- Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinas (Mixed Metods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta, 2013.
- Suprihatin, Siti, “Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa” Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 3, No. 1 (2015): 75-76, 144-242-1-SM.pdf
- Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
- Suyanto dan Asep Jihad. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi Erlangga Group, 2013.
- Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
- Syamsidah dan Hamidah Suryani. Buku Model Problem Based Learning, Yogyakarta: Depublish, 2018.
- Thabroni, Gamal. “Model Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Jenis dan Macam Contohnya.” diakses 12 Oktober 2022, Model Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Jenis & Macam Contoh - serupa.id
- Thabroni, Gamal. “Problem Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Masalah),” diakses pada 12 Oktober 2022, Problem Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Masalah) - serupa.id
- Tohirin, Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011.
- Ulya, Iik Faiqatul, dkk., “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual,” Jurnal Pena Ilmiah 1, No. 1 (2016): 124, 1966 (upi.edu)
- ZonaReferensi.com. “Pengertian Motivasi Belajar Menurut Para Ahli dan Secara Umum.” diakses 12 Oktober 2022, Pengertian Motivasi Belajar Siswa Menurut Para Ahli dan Secara Umum (zonareferensi.com)
- Wiranti, Desti. “Penanaman Nilai Nilai Multikultural dalam Membentuk Kecerdasan Sosial Peserta Didik Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah Kota Metro.” Tesis: IAIN Metro, Lampung, 2019.
- Zuhri, Muhammad Alan. “Menyikapi Kemajemukan Perspektik Al-Qur’an dalam Bingkai Keindonesiaan,” Jurnal: Artikula (2020): https://artikula.id/alanjuhri/menyikapi-kemajemukan-perspektif-al-quran-dalam-bingkai-keindonesiaan/.
References
Abid, Muhammad Nasikhul, “Indikator-indikator Motivasi Belajar,” dosenmuslim.com., 15 September 2017, Indikator-indikator Motivasi Belajar * DosenMuslim.Com, diakses pada 23 Desember 2022.
Amir, M. Taufiq. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Anton. “4 Ciri Utama Model Pembelajaran Problem Based Learning.” diakses 15 Oktober 2022, 4 Ciri Utama Model Pembelajaran Problem Based Learning Halaman 2 - Kompasiana.com
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. “Belajar.” diakses 12 Oktober 2022, Hasil Pencarian - KBBI Daring (kemdikbud.go.id)
Badarussyamsi dkk, Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Jambi: Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin, 2020.
Bekti Wulandari dan Herman Dwi Surjono, “Pengaruh Problem Based Learing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK,” Jurnal Pendidikan Vokasi 3, No. 2 (Juni 2013): 181, Referensi 5 - 2013 - Bekti dan Herman - Jurnal.pdf
Blog Guru. “Motivasi Ekstrinsik Dalam Belajar.” diakses 12 Oktober 2022, Motivasi Ekstrinsik dalam belajar Blog Guru | Guru BloggerBLOG GURU | Guru Blogger (blog-guru.web.id)
Dirman dan Cicih Juarsih, Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Enda, Amna, “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran,” Lantanida Jurnal 5, No. 2 (2017): 175, 2838-5736-1-SM.pdf
Haba, “Implementasi Problem Based Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pesantren Mazraatul Akhira Kabupaten Pinrang,” (Tesis, IAIN Parepare, Parepare, 2019)
Habibah Sukmini Arief dkk., “Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL),” Jurnal Pena Ilmiah 1, No. 1 (2016): 142, Referensi 6 - Habibah dkk - 2016 - Jurnal.pdf
Hasil Observasi. MAS Al Falah Pasi Putih Bungo. 2 Maret 2022
Idhzar, Ahmad, “Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Office 2, No. 2 (2016): 223, Ahmad Idhar 2016 - Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.pdf
InformasiGuru.com. “Model Pembelajaran Berbasis Masalah/Problem Based Learning (PBL).” diakses 12 Oktober 2022, Model Pembelajaran Berbasis Masalah/Problem Based Learning (PBL) - INFORMASIGURU.COM
Irma Darmayanti, dkk., “Implementasi Metode Hadiah dan Hukuman dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Andragogi 2, No. 3 (2020): 21, IMPLEMENTASI METODE HADIAH DAN HUKUMAN DALAM MENINGKATKAN.pdf
Ja’far, Anwar. “Motivasi Pendidikan Agama Islam pada Pemuda/Pemudi Desa Baru Nalo Kabupaten Merangin.” Skripsi: STAI SMQ, Bangko, 2019.
Lestari, Karunia Eka, “Implemen Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Motivasi Belajar Siswa SMP,” Jurnal Pendidikan UNSIKA 2, No. 1 (November 2014): 40, 120-Article Text-255-2-10-20160906.pdf
Maglearning.id. “Pengertian Pembelajaran Berbasis Masalah dan Langkahnya.” diakses 12 Oktober 2022, Pengertian Pembelajaran Berbasis Masalah dan Langkahnya » maglearning.id
Masa, Miss Saleeha. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Ngaliyan 05 Semarang.” Skripsi: Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang, 2019.
Maulana,-Rizky dan Putri Amelia. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Cahaya Agency Surabaya, 2013.
Maxmanroe.com. “Pengertian Belajar: Tujuan, Ciri-ciri dan Jenis-jenis Belajar.” diakses 12 Oktober 2022, PENGERTIAN BELAJAR adalah: Definisi, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Jenisnya (maxmanroe.com)
Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
Mukhalip. “Pembelajaran Fiqih dengan Model Pendekatan Problem Based Learning dalam Pengembangan Sikap Moderat Santri Pondok Pesantren Ummul Qura.” Tesis: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta 2021. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Pembelajaran Fikih dengan Model Problem Based Learning dalam Pengembangan Sikap Moderat Santri Pondok Pesantren Ummul QUra (uinjkt.ac.id)
Mulyono, “Keefektifan Metode Problem Based Learning dalam Pembelajaran Piqih di Perguruan Tinggi,” Cendekia: Jurnal Studi Keislaman 2, No. 2, Desember 2016): 156, Referensi 4 - 2016 - Mulyono - Jurnal.pdf
Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Rusdiana, Pengelolaan Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2015.
Saleh, Marhamah. “Strategi Pembelajaran Fiqih dengan Problem Based Learning.” Jurnal Ilmiah Didaktika XIV, no. 1, (Agustus 2013): 190. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/497/415
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Setyanto, N. Ardi, Panduan Sukses Komunikasi Belajar Mengajar, Jogjakarta: DIVA Press, 2014.
Siagian, Sondang P. Teori Motivasi dan Apilasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2010,
Sobur, Alex, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2012.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinas (Mixed Metods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta, 2013.
Suprihatin, Siti, “Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa” Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 3, No. 1 (2015): 75-76, 144-242-1-SM.pdf
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Suyanto dan Asep Jihad. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi Erlangga Group, 2013.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Syamsidah dan Hamidah Suryani. Buku Model Problem Based Learning, Yogyakarta: Depublish, 2018.
Thabroni, Gamal. “Model Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Jenis dan Macam Contohnya.” diakses 12 Oktober 2022, Model Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Jenis & Macam Contoh - serupa.id
Thabroni, Gamal. “Problem Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Masalah),” diakses pada 12 Oktober 2022, Problem Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Masalah) - serupa.id
Tohirin, Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011.
Ulya, Iik Faiqatul, dkk., “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual,” Jurnal Pena Ilmiah 1, No. 1 (2016): 124, 1966 (upi.edu)
ZonaReferensi.com. “Pengertian Motivasi Belajar Menurut Para Ahli dan Secara Umum.” diakses 12 Oktober 2022, Pengertian Motivasi Belajar Siswa Menurut Para Ahli dan Secara Umum (zonareferensi.com)
Wiranti, Desti. “Penanaman Nilai Nilai Multikultural dalam Membentuk Kecerdasan Sosial Peserta Didik Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah Kota Metro.” Tesis: IAIN Metro, Lampung, 2019.
Zuhri, Muhammad Alan. “Menyikapi Kemajemukan Perspektik Al-Qur’an dalam Bingkai Keindonesiaan,” Jurnal: Artikula (2020): https://artikula.id/alanjuhri/menyikapi-kemajemukan-perspektif-al-quran-dalam-bingkai-keindonesiaan/.