Main Article Content

Abstract

This research discusses Islamic religious education learning in instilling spiritual attitudes and social attitudes. The focus of the study in this article is how Islamic Religious Education learning is directed at instilling spiritual attitudes and social attitudes in students at SMP IT Insan Harapan, Batam City. This article originates from descriptive qualitative research. Data was obtained by observation, interviews and documentation. The research results show that the cultivation of spiritual attitudes is carried out with the principle that the implementation of learning and school activities is shown to meet the indicators of spiritual attitudes and social attitudes. Methods that are often used include; exemplary methods, refraction, motivation, and cultivation of spiritual and social attitudes in schools. Supporting factors for cultivating spiritual and social attitudes include; intensive coaching, culture, types of activities, and adequate school facilities.


Penelitian ini membahas tentang pembelajaran pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap spiritual dan sikap sosial. Fokus kajian dalam artikel ini adalah bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam diarahkan untuk menanamkan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik di SMP IT Insan Harapan Kota Batam. Artikel ini berasal dari penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil peneitian menunjukkan bahwa penanaman sikap spiritual dilakukan dengan prinsip bahwa pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan sekolah ditunjukkan untuk memenuhi indikator sikap spiritual dan sikap sosial. Metode yang sering dijalankan antara lain; metode keteladanan, pembiasan, motivasi, dan pembudayaan sikap spiritual dan sosial di sekolah. Faktor pendukung penanaman sikap spiritual dan sosial antara lain; intensifnya pembinaan, budaya, jenis kegiatan, dan sarana sekolah yang memadai.

Keywords

Learning Methods Role of Schools Teacher's Role Educational Goals Spiritual and social attitude

Article Details

References

  1. Abid, Muhammad Nasikhul, “Indikator-indikator Motivasi Belajar,” dosenmuslim.com., 15 September 2017, Indikator-indikator Motivasi Belajar * DosenMuslim.Com, diakses pada 23 Desember 2022.
  2. Amir, M. Taufiq. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
  3. Anton. “4 Ciri Utama Model Pembelajaran Problem Based Learning.” diakses 15 Oktober 2022, 4 Ciri Utama Model Pembelajaran Problem Based Learning Halaman 2 - Kompasiana.com
  4. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. “Belajar.” diakses 12 Oktober 2022, Hasil Pencarian - KBBI Daring (kemdikbud.go.id)
  5. Badarussyamsi dkk, Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Jambi: Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin, 2020.
  6. Bekti Wulandari dan Herman Dwi Surjono, “Pengaruh Problem Based Learing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK,” Jurnal Pendidikan Vokasi 3, No. 2 (Juni 2013): 181, Referensi 5 - 2013 - Bekti dan Herman - Jurnal.pdf
  7. Blog Guru. “Motivasi Ekstrinsik Dalam Belajar.” diakses 12 Oktober 2022, Motivasi Ekstrinsik dalam belajar Blog Guru | Guru BloggerBLOG GURU | Guru Blogger (blog-guru.web.id)
  8. Dirman dan Cicih Juarsih, Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
  9. Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
  10. Enda, Amna, “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran,” Lantanida Jurnal 5, No. 2 (2017): 175, 2838-5736-1-SM.pdf
  11. Haba, “Implementasi Problem Based Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pesantren Mazraatul Akhira Kabupaten Pinrang,” (Tesis, IAIN Parepare, Parepare, 2019)
  12. Habibah Sukmini Arief dkk., “Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL),” Jurnal Pena Ilmiah 1, No. 1 (2016): 142, Referensi 6 - Habibah dkk - 2016 - Jurnal.pdf
  13. Hasil Observasi. MAS Al Falah Pasi Putih Bungo. 2 Maret 2022
  14. Idhzar, Ahmad, “Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Office 2, No. 2 (2016): 223, Ahmad Idhar 2016 - Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.pdf
  15. InformasiGuru.com. “Model Pembelajaran Berbasis Masalah/Problem Based Learning (PBL).” diakses 12 Oktober 2022, Model Pembelajaran Berbasis Masalah/Problem Based Learning (PBL) - INFORMASIGURU.COM
  16. Irma Darmayanti, dkk., “Implementasi Metode Hadiah dan Hukuman dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Andragogi 2, No. 3 (2020): 21, IMPLEMENTASI METODE HADIAH DAN HUKUMAN DALAM MENINGKATKAN.pdf
  17. Ja’far, Anwar. “Motivasi Pendidikan Agama Islam pada Pemuda/Pemudi Desa Baru Nalo Kabupaten Merangin.” Skripsi: STAI SMQ, Bangko, 2019.
  18. Lestari, Karunia Eka, “Implemen Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Motivasi Belajar Siswa SMP,” Jurnal Pendidikan UNSIKA 2, No. 1 (November 2014): 40, 120-Article Text-255-2-10-20160906.pdf
  19. Maglearning.id. “Pengertian Pembelajaran Berbasis Masalah dan Langkahnya.” diakses 12 Oktober 2022, Pengertian Pembelajaran Berbasis Masalah dan Langkahnya » maglearning.id
  20. Masa, Miss Saleeha. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Ngaliyan 05 Semarang.” Skripsi: Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang, 2019.
  21. Maulana,-Rizky dan Putri Amelia. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Cahaya Agency Surabaya, 2013.
  22. Maxmanroe.com. “Pengertian Belajar: Tujuan, Ciri-ciri dan Jenis-jenis Belajar.” diakses 12 Oktober 2022, PENGERTIAN BELAJAR adalah: Definisi, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Jenisnya (maxmanroe.com)
  23. Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
  24. Mukhalip. “Pembelajaran Fiqih dengan Model Pendekatan Problem Based Learning dalam Pengembangan Sikap Moderat Santri Pondok Pesantren Ummul Qura.” Tesis: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta 2021. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Pembelajaran Fikih dengan Model Problem Based Learning dalam Pengembangan Sikap Moderat Santri Pondok Pesantren Ummul QUra (uinjkt.ac.id)
  25. Mulyono, “Keefektifan Metode Problem Based Learning dalam Pembelajaran Piqih di Perguruan Tinggi,” Cendekia: Jurnal Studi Keislaman 2, No. 2, Desember 2016): 156, Referensi 4 - 2016 - Mulyono - Jurnal.pdf
  26. Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
  27. Rusdiana, Pengelolaan Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2015.
  28. Saleh, Marhamah. “Strategi Pembelajaran Fiqih dengan Problem Based Learning.” Jurnal Ilmiah Didaktika XIV, no. 1, (Agustus 2013): 190. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/497/415
  29. Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
  30. Setyanto, N. Ardi, Panduan Sukses Komunikasi Belajar Mengajar, Jogjakarta: DIVA Press, 2014.
  31. Siagian, Sondang P. Teori Motivasi dan Apilasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
  32. Siregar, Eveline dan Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2010,
  33. Sobur, Alex, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2012.
  34. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
  35. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinas (Mixed Metods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta, 2013.
  36. Suprihatin, Siti, “Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa” Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 3, No. 1 (2015): 75-76, 144-242-1-SM.pdf
  37. Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
  38. Suyanto dan Asep Jihad. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi Erlangga Group, 2013.
  39. Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
  40. Syamsidah dan Hamidah Suryani. Buku Model Problem Based Learning, Yogyakarta: Depublish, 2018.
  41. Thabroni, Gamal. “Model Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Jenis dan Macam Contohnya.” diakses 12 Oktober 2022, Model Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Jenis & Macam Contoh - serupa.id
  42. Thabroni, Gamal. “Problem Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Masalah),” diakses pada 12 Oktober 2022, Problem Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Masalah) - serupa.id
  43. Tohirin, Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011.
  44. Ulya, Iik Faiqatul, dkk., “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual,” Jurnal Pena Ilmiah 1, No. 1 (2016): 124, 1966 (upi.edu)
  45. ZonaReferensi.com. “Pengertian Motivasi Belajar Menurut Para Ahli dan Secara Umum.” diakses 12 Oktober 2022, Pengertian Motivasi Belajar Siswa Menurut Para Ahli dan Secara Umum (zonareferensi.com)
  46. Wiranti, Desti. “Penanaman Nilai Nilai Multikultural dalam Membentuk Kecerdasan Sosial Peserta Didik Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah Kota Metro.” Tesis: IAIN Metro, Lampung, 2019.
  47. Zuhri, Muhammad Alan. “Menyikapi Kemajemukan Perspektik Al-Qur’an dalam Bingkai Keindonesiaan,” Jurnal: Artikula (2020): https://artikula.id/alanjuhri/menyikapi-kemajemukan-perspektif-al-quran-dalam-bingkai-keindonesiaan/.