Main Article Content

Abstract

This research aims to; find out how the pedagogic competence of teachers in making lesson plans, the efforts they make to improve pedagogic competence in making lesson plans, and identify inhibiting and supporting factors for teachers in making plans for implementing learning in Insan Kamil Kindergarten, Sekernan District. This research is a qualitative research with data collection techniques using observation, interviews and documentation. The results of the study indicate that pedagogic competence have not been met, including; the teachers have been able to make lesson plans but are still not perfect, the implementation of learning is still not in line with the RPPH, and there is no assessment of children's development. Efforts made by teachers to improve pedagogic competence include; (1) continue education at the S1 PAUD level, (2) participate in training, GTK PAUD tiered education, (3) attend meetings at PKG PAUD, (4) work together to make RPP. The supporting factors for increasing teacher pedagogic competence include; available facilities and infrastructure, background or age of participants, and teacher creativity. While the inhibiting factors include; teachers' pedagogic competence is still low and children's abilities are different.


Penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, upaya yang mereka lakukan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, dan mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung bagi Guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran di taman kanak-kanak Insan Kamil Kecamatan Sekernan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya indikator kompetensi pedagogik yang belum terpenuhi antara lain; rencana pembelajaran namun masih belum sempurna, pelaksanaan pembelajaran yang masih belum selaras dengan RPPH, dan tidak adanya penilaian terhadap perkembangan anak. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensi pedagodik antara lain; (1) melanjutkan pendidikan kejenjang S1 PAUD, (2) mengikuti pelatihan, Diklat berjenjang GTK PAUD, (3) Mengikuti pertemuan di PKG PAUD, (4) Bekerja sama untuk membuat RPP. Adapun faktor pendukung peningkatan kompetensi pedagogik guru antara lain; tersedia sarana dan prasarana, latar belakang atau usia peserta, dan kreatifitas guru. Sedangkan faktor penghambatnya berupa; kompetensi pedagogik guru yang masih rendah dan kemampuan anak yang berbeda-beda.

Article Details

How to Cite
Herlina, H. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Journal of Educational Research, 1(1), 123–136. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.25

References

  1. Aisyah, Siti. Shalahudin. dan Idarianty. “Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pengembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Raudhatul Athfal Al-Ikhlas Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.” Tesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Jambi, 2021.
  2. Anggito, Albi. dan Setiawan, Johan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak, 2018.
  3. Anggunpaud. “Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Kurikulum 2013 PAUD.” Diakses 20 Juli, 2021. https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/images/upload/images/Kurikulum/Permendikbud_146_Tahun_2014.pdf.
  4. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinekacipta, 2010.
  5. Arum, Mawar Kinarsih. Problema Guru dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran di SD Muhammadiyah 14 Surakarta, Artikel Publikasi, Prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.
  6. Aziz, Amka Abdul. Meletakkan Fondasi Emas Anak Indonesia. Klaten: Cempaka Putih, 2016.
  7. Cahyono, Setiadi dan Mursyidun, Ahmad. Perencanaan Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press, 2020.
  8. Febriana, Rina. Kompetensi Guru. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2021.
  9. Hayati, Miratul dan Purnama, Sigit. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Depok: RajaGrafindo Persada. 2019.
  10. Khuluqo, Ihsana El. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
  11. Mardawani. Praktis Penelitian Kualitatif, Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
  12. Mawardi. “Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA 20, no. 1 (Agustus 2019): 69-82. file:///C:/Users/Owner/Downloads/3859-14392-1-PB.pdf.
  13. Nursobah, Ahmad. Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Pamengkasan: Duta Media Publishing, 2017.
  14. Nurzannah dan Carlina, Anita. Penilaian Autentik pada Pembelajaran Al-Qur’an. Medan: Umsu Press, 2021.
  15. Octavia, Shilphy Profesionalisme Guru dalam Memahami Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish CV. Budi Utama, 2021.
  16. Primayana, Kadek Hengki. “Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya ke-1 (Agustus 2019): 324, http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index. php/dharmaacarya.
  17. Rahman, Habibu. Assesmen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri. 2020.
  18. Ramadhani, Rahmi. Belajar dan Pembelajaran, Konsep & Pengembangan. Bandung: Yayasan Kita Menulis, 2020.
  19. Repositori, Kemdikbud. “Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.” Diakses 20 Juli, 2021. http://repositori.kemdikbud.go.id/12860/1/Permendikbud%20No.%20137%20Tahun%202014%20-%20SN-PAUD.pdf.
  20. Rifma. Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Kencana. 2016.
  21. Seefeldt, Carol, dan Barbara A,Wasik. Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah, Terjemahan oleh Pius Nasar. Jakarta: Indeks, 2016.
  22. Shalahudin, Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Garudhawaca, 2021. Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin.
  23. Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks, 2013.
  24. Suminah, Enah. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, 2015. file:///D:/10%20pedoman%20Kurikulum%20PAUD%202013/kerangka-dasar-dan-struktur-kurikulum-2013-file.pdf.
  25. Suminah, Enah. Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, 2015. file:///D:/10%20Pedoman%20Kurikulum%20PAUD%202013/10%20Buku%20Penilaian%20Pembelajaran-%20OK-BGT.pdf.
  26. Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana, 2016.
  27. Suyadi. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia, 2016.
  28. Uno, B. Hamzah & Satria, Koni. Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
  29. Wahyuni, Mareta, Irma Yuliantina, dan Utin Ritayanti, Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAUD. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, 2015. file:///D:/10%20Pedoman%20Kurikulum%20PAUD%202013/8%20Buku%20Rencana%20Pelaksanaan-%2016.pdf.
  30. Wathoni, Lalu Muhammad Nurul. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Mataram: Sanabil, 2020. https://books.google.co.id/books?id=SL0LEAAAQBAJ&dq=perintah+membaca+dalam+wahyu+pertama+kali+turun&source=gbs_navlinks_s.
  31. Yurida. “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah.” Jurnal Mitra Pendidikan 6, no. 1 (Januari 2019): 100-110. http://www.publikasiilmiah.com/wp-content/uploads/2019/04/9.-YURIDA-100-110.pdf.