Main Article Content
Abstract
This article wants to discuss the Principal's Strategy in Increasing Community Participation. The focus of the study in this article is how is the Principal's Strategy in Increasing Community Participation in Islamic Senior High Schools? This research is a qualitative research with a phenomenological approach. The research findings show that the process carried out by the school in increasing community participation has been carried out in various forms, although it has not been maximized. What has been done by the principal is using the strategy of establishing effective communication between the principal and the surrounding community, identifying with key people in the community, inviting parents and community leaders to school activities and collaborating with relevant agencies. As well as there are also obstacles faced by a lack of time to socialize with parents, some parents leave education to their children, do not provide support to them, are not motivated to improve education determined by the school, the influence of the child's environment in getting along, lack of awareness of children in discipline.
Artikel ini hendak membahas tentang Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat. Fokus kajian dalam artikel ini adalah bagaimana Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Sekolah Menengah Atas Islam ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa proses yang dilakukan pihak sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat telah dilakukan dalam berbagai bentuk proses walau belum maksimal. Hal yang telah dilakukan oleh kepala sekolah menggunakan strategi menjalin komunikasi yang efektif antara kepala sekolah dengan masyarakat sekitar, melakukan identifikasi dengan orang-orang kunci dikalangan masyarakat, mengundang orang tua murid dan tokoh masyarakat dalam kegiatan sekolah dan menjalin kerjasama dengan instansi terkait. Serta terdapat pula kendala yang dihadapi kurangnya waktu untuk bersosialisi kepada orang tua, sebagian orang tua menyerahkan tentang pendidikan kepada anak mereka tidak memberikan dukungan kepada mereka, tidak termotivasi dalam mengkatkan pendidikan yang ditentukan oleh sekolah, adanya pengaruh lingkungan anak dalam bergaul, kurangnya kesadaran anak dalam kedisiplinan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright @2022. All article in Journal of Educational Research (JER) are open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY-NC 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/ ) which permits to: Share (copy and redistribute the material in any medium or format; Adapt (remix, transform, and build upon the material for any purpose but non commercial purpose).
References
- Abdullah, Trisno Yuwono Dang Pius. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Praktis. Surabaya: Arkola, 1994.
- Adi, Isbandi Rukminto. Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas: dari Pemikiran Menuju Penerapan. Jakarta: FISIP Universitas Indonesia Press, 2007.
- Ahmad Zaini, Amrazi Zakso. ”Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan.” Program Studi Administrasi Pendidikan :FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak, 2012. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/6939/7821
- Akdon, Strategic Managemen For Education Managemen Manajemen Strategik Untuk Manajemen Pendidikan
- Ayudia, Citra. “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkanpartisipasi Orang Tua Di Sdn Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman.” Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNP, 2014. http://repository.unp.ac.id/view/divisions/sch=5Faip/2014.html.
- Danin, Sudarwan, dkk. Manajemen Kepemimpinan Tranformasional Kepala Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.
- Echol, Jhon dan Hasan Shadily. Kamus Inggris- Indonesia Edisi Diperbarui. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
- H.E. Mulyasa. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekola. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
- Hariadi, Bambang. Strategi Manajemen. Malang: Bayumedia Publishing, 2005.
- Hasan Basri, Landasan Pendidikan
- Hasan, M. Iqbal. Pokok-Pokok Materi Metode Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta:Ghalia Indonesia, 2002.
- IIif Khoiru Ahmadi dkk., Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu: Pengaruhnya terhadap Konsep, Mekanisme dan Proses Pembelajaran Sekolah Swasta dan Negeri 2011.
- Laily, Elida Imro‟atin Nur. “Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan Partisipatif.” Journal Kebijakan dan Manajemen Publik Vol. 3 N0. 2, Mei-Agustus 2015. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp2ded32eef8full.pdf
- Normina. “Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan.” Dosen pada Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Washliyah Barabai, 2016. https://jurnal.uinantasari.ac.id/index.php/articl
- Prayitno. “Partisipasi masyarakat dalam Implementasi Kebijakan Pemerintah.” Semarang: PPS Universitas Diponegoro, 2008. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13225.
- Priansa dan Somad. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2014.
- Pulungan, Lili, Masluyah Suib, M.Syukri. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Bidang Pendidikan Pada Sds Ulumuddin Kabupaten Kubu Raya.” Prodi Magister Administrasi Pendidikan : FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, 2014. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/8394/8400
- Purwanto Ngalim. MP, Administrasi dan Supervisi Pendidikan.
- Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.
- Rodliyah. artisipasi Masyarakat dalam Pengambilan Keputusan dan Perencanaan di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
- Salam, Muhammad Ramlan. “Partisipasi Masyarakat dalam Peningkatan Kualitas Pemukiman dikawasan Pusat Kota Palu.” Jurnal Ruang Vol. 2 No. 2, September 2010. https://www.neliti.com/id/publications/220970/
- Salusu, Strategi Pengambilan Keputusan, Jakarta: Pressindo, 2014, h. 101
- Sulaiman, Adrianto. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Karakter Kebangsaan Pada Murid SD I Batu Sangkar” 2010.
- Theresia, Aprillia. Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfabeta, 2014.
- Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Winardi, Dasar-dasar Manajemen
- Wiratno, Budi. “Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan” Journal Pendidikan Ilmu Sosial: Vol. 21 No 1 Juni 2016. https://www.neliti.com/id/publications/120519/partisipasi-masyarakat-dalam-pendidikan-studi-pada-sekolah-menengah-kejuruan-yay
References
Abdullah, Trisno Yuwono Dang Pius. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Praktis. Surabaya: Arkola, 1994.
Adi, Isbandi Rukminto. Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas: dari Pemikiran Menuju Penerapan. Jakarta: FISIP Universitas Indonesia Press, 2007.
Ahmad Zaini, Amrazi Zakso. ”Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan.” Program Studi Administrasi Pendidikan :FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak, 2012. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/6939/7821
Akdon, Strategic Managemen For Education Managemen Manajemen Strategik Untuk Manajemen Pendidikan
Ayudia, Citra. “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkanpartisipasi Orang Tua Di Sdn Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman.” Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNP, 2014. http://repository.unp.ac.id/view/divisions/sch=5Faip/2014.html.
Danin, Sudarwan, dkk. Manajemen Kepemimpinan Tranformasional Kepala Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.
Echol, Jhon dan Hasan Shadily. Kamus Inggris- Indonesia Edisi Diperbarui. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
H.E. Mulyasa. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekola. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Hariadi, Bambang. Strategi Manajemen. Malang: Bayumedia Publishing, 2005.
Hasan Basri, Landasan Pendidikan
Hasan, M. Iqbal. Pokok-Pokok Materi Metode Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta:Ghalia Indonesia, 2002.
IIif Khoiru Ahmadi dkk., Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu: Pengaruhnya terhadap Konsep, Mekanisme dan Proses Pembelajaran Sekolah Swasta dan Negeri 2011.
Laily, Elida Imro‟atin Nur. “Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan Partisipatif.” Journal Kebijakan dan Manajemen Publik Vol. 3 N0. 2, Mei-Agustus 2015. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp2ded32eef8full.pdf
Normina. “Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan.” Dosen pada Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Washliyah Barabai, 2016. https://jurnal.uinantasari.ac.id/index.php/articl
Prayitno. “Partisipasi masyarakat dalam Implementasi Kebijakan Pemerintah.” Semarang: PPS Universitas Diponegoro, 2008. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13225.
Priansa dan Somad. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2014.
Pulungan, Lili, Masluyah Suib, M.Syukri. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Bidang Pendidikan Pada Sds Ulumuddin Kabupaten Kubu Raya.” Prodi Magister Administrasi Pendidikan : FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, 2014. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/8394/8400
Purwanto Ngalim. MP, Administrasi dan Supervisi Pendidikan.
Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.
Rodliyah. artisipasi Masyarakat dalam Pengambilan Keputusan dan Perencanaan di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Salam, Muhammad Ramlan. “Partisipasi Masyarakat dalam Peningkatan Kualitas Pemukiman dikawasan Pusat Kota Palu.” Jurnal Ruang Vol. 2 No. 2, September 2010. https://www.neliti.com/id/publications/220970/
Salusu, Strategi Pengambilan Keputusan, Jakarta: Pressindo, 2014, h. 101
Sulaiman, Adrianto. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Karakter Kebangsaan Pada Murid SD I Batu Sangkar” 2010.
Theresia, Aprillia. Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfabeta, 2014.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Winardi, Dasar-dasar Manajemen
Wiratno, Budi. “Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan” Journal Pendidikan Ilmu Sosial: Vol. 21 No 1 Juni 2016. https://www.neliti.com/id/publications/120519/partisipasi-masyarakat-dalam-pendidikan-studi-pada-sekolah-menengah-kejuruan-yay