Main Article Content

Abstract

This study raises the importance of interactive learning media based on Macromedia Flash Professional 8 in developing the quality of economic learning at SMAN Jambi City. The main problem in this research is how to use interactive learning media based on Macromedia Flash Professional 8 in developing the quality of economic learning? As in the initial observations, it is known that teachers are still unfamiliar with the name of the macromedia flash application and still use a lot of learning media such as power points, videos and pictures. The research method used is a descriptive qualitative research approach. The results showed that interactive learning media based on macromedia flash professional 8 system materials and payment instruments in class X economics lessons can make learning quality/quality. This was conveyed by the teacher that this media was in accordance with the learning objectives. The material presented in this learning media is also complete including pictures, videos, and audio so that students are interested and more enthusiastic in the learning process. In addition, students are also motivated to make learning more active.


Penelitian ini mengangkat tentang pentingnya media pembelajaran intrekatif berbasis macromedia flash professional 8 dalam pengembangan  mutu pembelajaran ekonomi di SMAN Kota Jambi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash professional 8 dalam pengembangan mutu pembelajaran ekonomi? Sebagaimana pada observasi awal diketahui bahwa guru masih asing mendengar nama aplikasi macromedia flash dan masih banyak menggunakan media pembelajaran seperti power point, video dan gambar. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash professional 8 materi sistem dan alat pembayaran pada pelajaran ekonomi kelas X dapat menjadikan pembelajaran menjadi berkualitas/bermutu. Hal ini disampaikan oleh guru bahwa media ini telah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Materi yang disajikan dalam media pembelajaran ini juga lengkap mecakup gambar, video, dan juga audio sehingga siswa tertarikdan lebih antusias dalam proses pembelajaran. Selain itu siswa juga termotivasi sehingga menjadikan pembelajaran lebih aktif.

Keywords

Media Pembelajaran Macromedia Flash Mutu Pembelajaran Pembelajaran Interkatif Kualitas Pembelajaran

Article Details

References

  1. Agustina, Melia. ”Pengaruh Implementasi media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash terhadap Hasil belajar Pada Materi Hukum Newton tentang Gravitasi, “ Jurnal Pembelajaran Fisika, No. 5 Vol 5 (2017) http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/13854
  2. Arsyad, Azhar, 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo
  3. Danim, Sudarwan., 2017. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV. Alfabeta.
  4. Dukalang, H & Lestari, “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Interaktif,” Jurnal Teknologi Informasi Indonesia, No. 1 Vol. 3 (Mei 2018): 1 https://doi.org/10.30869/jtii.v3i1.179
  5. Jaya, Indra dan Ardat. 2013. Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Bandung : Citapustaka Media Perintis.
  6. Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
  7. Munadi, Yudhi, 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
  8. Purwanti, Dewi., 2013, Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Macromediae Flash dengan Menerapkan Model Problem Based Learning Pada Materi Larutan Eektrolit dan Non Elektrolit untuk Siswa Kelas X SMA, Skripsi. Universitas Jambi, Jambi.
  9. Rosadi, Kemas Imron. 2020. Manajemen Kinerja & Manajemen Mutu Pendidikan. Jambi : Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  10. Rusman, dkk., 2012. Pembelajaran Berbasis Teknlogi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
  11. Seprihatin, Nurmi Ari., 2014, Pengembangan Media Pembelajran Interaktif Biologi Materi Filum Anthropoda Berbasis Macromedia Flash 8 untuk siswa SMA, Skripsi, Universitas Jambi, Jambi.
  12. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  13. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
  14. Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
  15. Suharsimi, Arikunto. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  16. Sunaengsih, Cucun. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi A,” Mimbar Sekolah Dasar Vol 3(2) (Juni 2016) : 183-190. http : //ejournal.upi.edu/ index.php /mimbar
  17. Sutarbi, Tata., 2013. Komputer dan Masyarakat. Yogyakarta: ANDI