Main Article Content

Abstract

This article is the result of research on Principal Management in New Student Admission (PPDB)” at SMP Muhammadiyah Sungai Bahar in 2021/2022. The main problem is why the principal's management has not been able to improve the quality of new student admissions? Meanwhile, challenges for the realization of quality education are still facing, for example the lack of available educational facilities, minimal facilities and infrastructure, lack of teaching staff, and many underprivileged citizens. The research method used is descriptive qualitative method with data collection instruments in the form of observation, interviews, and documentation. This study found that the principal's management has not been able to improve the quality of new student admissions due to weaknesses in efforts to improve its quality, both at the implementation stage and at the evaluation stage.


Artikel ini merupakan hasil dari penelitian tentang manajemen Kepala Sekolah dalam Penerimaan peserta didik baru (PPDB)” di SMP Muhammadiyah Sungai Bahar tahun 2021/2022. Permasalahan utamanya adalah mengapa manajemen Kepala Sekolah belum mampu meningkatkan mutu penerimaan peserta didik baru? Sementara itu tantangan bagi terealisirnya pendidikan yang bermutu masih menghadang, misalnya kurangnya fasilitas pendidikan yang tersedia, sarana dan prasarana yang minim, kurangnya tenaga pengajar, dan masih banyak warga negara yang kurang mampu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa manajemen Kepala Sekolah yang dijalankan belum mampu meningkatkan mutu penerimaan peserta didik baru disebabkan oleh adanya kelemahan di dalam upaya peningkatan mutunya, baik pada tahap pelaksanaan maupun pada tahap evaluasinya.

Keywords

Kepala Sekolah Manajemen Kepala Sekolah Siswa Mutu Pendidikan Manajemen Kesiswaan Kualitas Pendidikan

Article Details

References

  1. “Kemendikbud,” Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018, Diakses pada 20 Maret 2022, https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/138226/permendikbud-no-51-tahun-2018.
  2. Akdon. Strategic Management for Educational Management. Bandung: Alfabeta, 2009.
  3. Baharuddin dan Umiarso. Kepemimpinan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
  4. Bandung, UPI Pendidikan Administrasi Dosen Tim. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.
  5. Borba, Michele. The Big Book of Parenting Solutions, Terj. Juliska Gracinia dan Yanuarita Fitriani. San Fransisco: Jossey-Bass, 2009.
  6. Bush, Tony dan Coleman, Marianne. Manajemen Mutu Kepemimpinan Pendidikan Terj. Fahrurrozi. Yogyakarta Ircisod, 2012.
  7. Dessler, Gary. Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: Indeks, 2007.
  8. Engkoswara. dan Komariah, Aan. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Alfabeta, 2012.
  9. Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2013.
  10. Hafid, Anwar. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
  11. Itika, Stephen Josephat. Fundamentals of Human Resource Management. RB. Leiden: African Studies Centre, 2011.
  12. Jambi, Kota Pendidikan Dinas. Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi Nomor: 400/ 1655 /Disdik /2016 Tanggal 16 Mei 2016 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online dan Off Line Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Kota Jambi: Dinas Pendidikan Kota Jambi, 2016.
  13. Karwati, Euis dan Priansa, Juni Donni. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung Alfabeta, 2013.
  14. Kusnan. “Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dan Implikasinya Terhadap Kinerja Guru”. Jurnal Iqra’ 3, no. 1 (Januari 2007): 5. https://jurnaliqro.wordpress.com/2008/08/12/kemampuan-manajerial-kepala-madrasah-dan-implikasinya-terhadap-kinerja-guru/.
  15. Maisah. Manajemen Pendidikan. Ciputat: Referensi, 2013.
  16. McBeath, John dan Mortimore, Peter. Improvig School Efectivess Terj. Nin Bakdi Soemanto. Jakarta: Grasindo, 2005.
  17. Moleong, J. Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
  18. Mukhtar. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensia/GP. Press Group, 2013.
  19. Nasional, Pendidik Departemen. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika, 2009.
  20. Penyusun, Tim. Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003. Jakarta: Sinar Grafika, 2009.
  21. Prihatin, Eka. Teori Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.
  22. Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2007.
  23. Qomar, Mujamil. Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2013.
  24. RI, Agama Kementerian. Peraturan Bersama Antara Menteri pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2/VII/PB/2014 Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak/Raudhatul Athfal/Bustanul Athfal dan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Madrasah, 2014.
  25. Sallis, Edward. Manajemen Mutu Pendidikan Terj. Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurozi. Yogyakarta: RCiSoD, 2015.
  26. Santrock, W. John. Perkembangan Masa Hidup Terj. Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga, 2012.
  27. Santrock, W. John. Psikologi Pendidikan, Terj. Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika, 2011.
  28. Saud, Syaefuddin Udin. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2013.
  29. Schermerhorn, R. John. Introduction to Management: International Student Version, Tenth Edition. USA: John Wiley & Sons, 2010.
  30. Siagian, P. Sondang. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
  31. Stronge, H. James. Richard, B. Holly dan Catano, Nancy. Kualitas Kepala Sekolah yang Efektif, Terj. Siti Mahyuni. USA: Alexandria VA, Association for Supervision dan Curriculum Development (ASCD) N. Beauregard St. 2008.
  32. Suryosubroto, B. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
  33. Syafaruddin, Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
  34. Wahab, Azis Abdul. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2008.
  35. Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007.
  36. Widdah, El Minnah. Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Pengembangan Mutu Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2012.
  37. Yamin, Martinis dan Maisah. Orientasi Baru Ilmu Pendidikan. Jakarta: Referensi, 2012.