Main Article Content

Abstract

This study seeks to describe and understand the pattern of principal management in improving school achievement at SMP Negeri 11 Jambi City. All the achievements of SMP Negeri 11 Jambi City are still at the regional level of Jambi Province and Sumatra Region, but to reach the national level, let alone international, it is a difficult task for the school, especially the Principal to optimize his managerial competence so that school achievement can improve school achievement. The question is the extent to which the principal's managerial competence in improving school achievement at SMP Negeri 11 Jambi City. This study uses descriptive qualitative methods with data collection instruments in the form of observations, interviews, and documentation. This study found that the principal's managerial competence in improving school achievement at SMP Negeri 11 Jambi City was carried out by strengthening direction, assignment, democratic decision making, and building relationships more productively.


Penelitian ini berusaha menggambarkan dan memahami pola manajemen Kepala Sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Semua prestasi yang dicapai SMP Negeri 11 Kota Jambi masih level daerah Provinsi Jambi dan Wilayah Sumatera, namun untuk mencapai level nasional, apalagi internasional, maka menjadi tugas berat bagi pihak sekolah, khususnya Kepala Sekolah untuk mengoptimalkan kompetensi manajerialnya agar prestasi sekolah bisa meningkatkan prestasi sekolah. Pertanyaannya adalah sejauh mana kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah di SMP Negeri 11 Kota Jambi dilakukan dengan memperkuat pengarahan, penugasan, pengambilan keputusan secara demokratis, dan hubungan yang dibangun secara lebih produktif.

Keywords

Kepala Sekolah Manajemen Kepala Sekolah Pola Kepemimpinan Prestasi Sekolah Kualitas Sekolah

Article Details

References

  1. Amirullah. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (buku 1). Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar Menengah Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, 2001.
  2. Amtu, Onisimus. Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta 2013.
  3. Azis, Indrawan. “Pengaruh Gaya Manajemen Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Dealer Otomotif di Makassar).” Tesis, STIE Nobel Indonesia Makassar, 2017.
  4. Danin, Sudarwan. Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2010.
  5. Depdiknas. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2007.
  6. Hoy, H. Wayne dan Miskel, G. Cecil. Administrasi Pendidikanterj. Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
  7. Karni, S. Asrori. Etos Studi Kaum Santri: Wajah Baru Pendidikan Islam. Bandung: Mizan Pustaka, 2009.
  8. Ken, Blanchard dan Ridge, Garry. Helping People Win at Work. Jakarta: Alex Media Komputindo, 2009.
  9. Mukhtar dan Iskandar. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Referensi, 2013.
  10. Palan, R. Competency Management: Teknik Mengimplementasikan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi terj. Octa Melia Jalal. Jakarta: PPM, 2007.
  11. Qomar, Mujamil. Dimensi Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Emir, 2015.
  12. Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
  13. Sc, Rachman. “Prestasi Sekolah”, Diakses pada 01 Maret 2015, https://disdik.bekasikab.go.id/berita-prestasi-sekolah.html.
  14. Schermerhorn, R. John. Introduction to Management: International Student Version, Tenth Edition. USA: John Wiley & Sons, 2010.
  15. Sinn, Abu Ibrahim Ahmad. Al Idârah fî Al-Islâm, Terj. Dimyauddin Djuwaini. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2008.
  16. Slocum, Jr., W & Jackson, E. Susan and Hellriegel, Don. Competency-Based Management. Mason USA: South-Western, Cengage Learning, 2008.
  17. Suhardan, Dadang. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2008.
  18. Syafaruddin. Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
  19. Syafarudin. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2005.
  20. Umar, Mardan & Ismail, Feiby. “Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming dan Joseph Juran).” Jurnal Pendidikan Islam Iqra’ 11, no. 2 (Juni 2017): 2. http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/581.
  21. Usman, Husaini. Manajemen; Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
  22. Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011.
  23. Yamin, Martinis & Maisah. Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada, 2009.