Main Article Content

Abstract

This study aims to see the use of hand puppet media in improving early childhood language skills in PAUD Aisyah Selat Village. The main problem in this study is why the language skills of early childhood in PAUD Aisyah Selat Village are not optimal? This study uses a descriptive qualitative approach with data collection through observation, interviews and documentation. The results showed that the use of hand puppet media has not been able to fully improve children's language skills due to the delivery of material by the teacher for too long. In addition, the types of dolls that have not been varied and the classroom atmosphere is not conducive, causing children to have difficulty answering questions, speaking, or imitating words.


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemanfaatan media boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di PAUD Desa Aisyah Selat. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah mengapa kemampuan bahasa anak usia dini di PAUD Desa Aisyah Selat belum optimal? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media boneka tangan belum mampu sepenuhnya meningkatkan kemampuan bahasa anak disebabkan oleh penyampaian materi oleh guru yang terlalu lama. Di samping itu jenis boneka yang belum bervariasi serta suasana kelas yang belum kondusif, menyebabkan anak mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan, berbicara, maupun menirukan kata.

Keywords

Pembelajaran Media Pembelajaran Anak Usia Dini Kemampuan Berbahasa Boneka Tangan

Article Details

References

  1. Arief. S. Sadiman, Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
  2. Basyiruddin Usman dan Asnawir, Media Pembelajaran Jakarta: Delia Citra Utama, 2002.
  3. Isjoni, Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta, 2011.
  4. Isjoni, Model Pembelaran AUD Bandung: Alfabeta, 2011.
  5. Ketut Marini, dkk., “Penerapan Metode bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok B3,” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, Volume 3 No. 1 (2015): 4, http://dx.doi.org/10. 23887/paud.v3i1.6237.
  6. Melinda Puspita Sari Jaya, “Pengaruh Media Boneka Tangan Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di TK Aba 3 Kota Prabumulih Tahun Ajaran 2018/2019,” Pernik Jurnal PAUD, Vol 2 No. 1 (April 2019): 2, http://dx.doi.org/10.31851/ pernik.v2i01.3114.
  7. Morrell, Patricia D. and James B. Carroll, Conducting Educational Research. The Netherlands: Sense Publishers, 2010.
  8. Paul Eggen & Don Kauchak, Strategi dan Model Pembelajaran, Terjemahan: Satrio Wahono. Jakarta: Indeks, 2012.
  9. R. Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
  10. Ridwan, “Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Cerita Boneka Tangan dalam Model Tadzkirah,” Proceeding of the ICECRS, Volume 2 Issue 1 (June 2019): 133, https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2408.
  11. Robert J. Marzano, Seni dan Ilmu Pengajaran, Terjemahan: Rahmat Purwono. Jakarta: Indeks, 2013.
  12. Santrock, John W., Educational Psychology, Terjemahan; Diana Angelica Jakarta; Salemba Humanika, 2011.
  13. Siti Maemunah, “Pengembangan Nilai-Nilai Moral dan Agama Melalui Metode bercerita Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aba Gaden III Bodrorejo, Gaden, Trucuk, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013” (Skripsi, Universitas Muhammadiyah, Surakarta, 2013.
  14. Sri Muryanti, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode bercerita dengan Media Gambar Pada Anak,” BELIA: Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang, Vol. 2 No. 2 (2014.
  15. Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
  16. Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati, Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta: Kencana, 2012.
  17. Yin, Robert K., Qualitative Research From Start to Finish. New York & London: The Guilford Press, 2011.
  18. Yosephine Priscilia Putri Rosari, dkk., “Peningkatan Metode bercerita Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Perilaku Moral,” E-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2 No. 1 (2014): 5.