Main Article Content

Abstract

This article discusses compensation management in improving teacher performance at SMP Islam Terpadu Insan Harapan Batam. The focus of the study is why does the compensation system implemented by SMP Islam Terpadu Insan Harapan Batam play an important role in improving teacher performance? This article is derived from qualitative research with data collection through observation, interviews, and documentation. The results of the study show that SMP Islam Terpadu Insan Harapan Batam has a compensation management system that is regulated in detail in its personnel regulations. Rewards for teachers are not only in direct forms such as salaries, allowances (family, position, transportation), and incentives received by teachers every month, but also in indirect forms such as leave, health services, employment, holidays, awards, scholarships for further study, giving gold prizes and Umrah.


Artikel ini membahas tentang manajemen kompensasi dalam peningkatan kinerja guru di SMP Islam Terpadu Insan Harapan Batam. Fokus kajian yang diangkat adalah mengapa sistem kompensasi yang diterapkan SMP Islam Terpadu Insan Harapan Batam berperan penting dalam peningkatan kinerja guru? Artikel ini berasal dari penelitian kualitatif dengan pengumpulan data secara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMP Islam Terpadu Insan Harapan Batam mempunyai sistem manajemen kompensasi yang diatur secara detail dalam aturan kepegawaiannya. Pemberian kompensasi kepada guru tidak hanya dalam bentuk langsung seperti pemberian gaji, tunjangan (keluarga, jabatan, transportasi), dan insentif yang diterima guru setiap bulan, akan tetapi juga dalam bentuk tidak langsung berupa cuti, layanan kesehatan, ketenagakerjaan, liburan, penghargaan, beasiswa studi lanjut, pemberiah hadiah emas dan umrah.

Keywords

Teacher performance Compensation management Reward system Education quality Principal role

Article Details

References

  1. Achmad, B. F., Allquarismy, S. N., Pratiwi, S., Aruna, Y., Kirana, D., Mutiasari, D., Suciati, W. Y. (2021). The COVID-19 pandemic and its impacts on sub-urban society in Yogyakarta, Indonesia: A qualitative study. Journal of Community Empowerment for Health, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.22146/jcoemph.60275.
  2. Basuki dan Tim. Mengenal Profil Sekolah/Madrasah, Yogyakarta : Pustaka Felicha, 2013.
  3. Dian Marta Wijayanti: Gaji Humanis Guru, diakses dari https://m.detik.com/news/ kolom/d-3528958/gaji-humanis-guru, Sabtu, 7 Desember 2023, pukul 12.27 wib.
  4. Gusman, H. E. Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di smp n kecamatan palembayan kabupaten agam. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2, 293–301. 2014.
  5. Handayani, T., & Rasyid, A. A. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. (2015). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342.
  6. Henry simamora, Manajemen Sumber daya Manusia, Yogyakarta : STIE YKPN, 2014.
  7. Imam Gunawan. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta : Bumi Aksara, 2013.
  8. Irham Fahmi. Manajemen Kinerja, Bandung : Alfabeta, 2015.
  9. Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya, 2013.
  10. Marihat Tua Efendi Hariandja,Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Grasindo, 2017.
  11. Purwoko, S. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. (2018). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), hlm. 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467.
  12. Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015.
  13. Sulfemi, W. B. Pengaruh Rasa Percaya Diri dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Nidomul Haq: (2020). Jurnal Manjemen Pendidikan Islam, 5, 157–179. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557.
  14. Supadi. Kinerja Guru. Raja Grafindo Persada, 2019. In Ijrm . Vol. 2, Nomor 2.
  15. Supardi. Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya, Cet. I; Jakarta: Rajawali Pers, 2018.
  16. Sutrisno, Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan 9). Kencana Prenada Media Group, 2017.
  17. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Bab 1 Pasal 1 dan 3.
  18. Undang-Undang No.14 tahun 2005, tentang guru dan dosen.
  19. Veithzal Rivai, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta : Rajawali Press, 2015.
  20. Wardana, D. S. Motivasi berprestasi dengan kinerja guru yang sudah disertifikasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2013.
  21. Wilson Bangun, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Erlangga, 2017.