Main Article Content
Abstract
This article aims to analyze the readiness of teachers in using ICT for independent curriculum learning. This article comes from qualitative research with data collection through observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that the readiness of teachers in using ICT for independent curriculum learning at MAN 1 Batanghari in the subject of Islamic Cultural History (SKI) is categorized as not optimal. Although teachers have implemented ICT media in learning where after the researcher conducted the research, SKI teachers were able to use ICT media such as laptops, and power point applications, YouTube, WhatsApp, but due to the unstable school internet connection, it resulted in it not being optimal. Thus, internet facilities and infrastructure are one of the obstacles to the smooth running of the ICT-based SKI learning process.
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru dalam menggunakan TIK untuk pembelajaran kurikulum merdeka. Artikel ini berasal dari penelitian kualitatif dengan pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam menggunakan TIK untuk pembelajaran kurikulum merdeka di MAN 1 Batanghari pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dikategorikan belum maksimal. Meskipun guru sudah menerapkan media TIK dalam pembelajaran dimana setelah peneliti melakukan penelitian guru SKI sudah mampu menggunakan media TIK seperti Laptop, dan aplikasi power point, youtube, whatsapp, namun dikarenakan koneksi internet sekolah yang kurang stabil, maka mengakibatkan belum maksmal. Dengan demikian, sarana dan prasarana internet merupakan salah satu kendala bagi kelancaran proses pembelajaran SKI berbasis TIK tersebut.
Keywords
Article Details
References
- Ahmadi, David C.E. Lisapaly, Aktivitas Penerapan Pembelajaran Daring di Tengah Badai Covid-19 (Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2022), 70.
- Arifin Zainal Dan Adhi Setiyawan, Pengembangan Pembelajaran Aktif Dengan ICT, Yogyakarta: T. Skripta Media Creative, 2012.
- Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2017), 107.
- Aryanti, Dwi. “Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma Negeri 12 Bandar Lampung,” (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung, 2023), 49.
- Arianty, Deasy. Darius Antoni & Muhamad “Kesiapan Guru Dalam Menggunakan Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada SMP Negeri Kota Palembang” Jurnal Pengambangan Sistem Informasi dan Informatika 1, no 1 (Agustus 2020): 14. https://journal .jis.institute.org/index.php/jpsii/article/download/6037
- Aprianto, Budi “Sistem Informasi Laporan Data Pertambangan Pada Dinas Pertambangan Dan Energi Tembilahan Berbasis Web,” Jurnal Sistemasi 2, no. 2 (April 2013): 58 – 64, Http://Sistemasi.Ftik.Unisi.Ac.Id/Index.Php/Stmsi/Article/View/168.
- Darni, Resmi. Geovanne Varel, Thamrin, dan Winda Agustiarmi. Pengembangan Perangkat Lunak dan system Informasi, Sumatera Barat: PT. Mafy Media Literasi Indonesia, 2023.
- Darmawan, Deni. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikas, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012.
- Darlis, Ahmad, Ali Imran Sinaga, Dkk, “Pendidikan Berbasis Merdeka Belajar“, Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 11, no. 2 (Juli-Desember 2022): 397, http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/download/14101/6164.
- Efyanto, Dwi “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Kurikulum SMK,” Tesis, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, 2021.
- Fathiha, Nuril “Analisis Kesiapan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran SKI Di MIN 4 Ponorogo,” Journal Islamic Pedagogia 3, no. 1, (Maret 2023): 61, https://www. Islamicpedagogia.faiunwir.ac. id/index.php/pdg/article/view/89/41
- Hadiansah, Deni Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru Bandung: YRAMA WIDYA, 2022.
- Hadi Sutopo, Ariesto. Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012
- Khoirurrijal, Fadrianti, Dkk, Pengembangan Kurikulum Merdeka (Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022), 7
- Kemendikbud, Tujuan Pendidikan Nasional, diakses, 19 oktober 2022, https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20 - Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf.
- Ma’mur Asmani, Amal, Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam dunia Pendidikan, Jogjakarta: Diva Press, 2011.
- Maryono, Y. dan B. Patmi Istina, Tekhnologi, informasi, & komunikasi, Yudistira, 2008.
- Moleong, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
- Mukhtar, Bimbingan Skripsi, Tesis Dan Artikel Ilmiah, Jambi: Sulthan Thaha Press, 2007.
- Murtadlo, Ali. Zainal Aqib, Ensiklopedia metode pembelajaran Inovatif Dengan 61 Metode, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2022.
- Nasution, Teknologi pendidikan, Jakarta, PT. bumi aksara, 2012.
- Nisak, Afifatun. Rita Yuliastuti, “Profil Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Palang,” Jurnal Riset Pembelajaran Matematika 4, no. 2 (2022): 61–66, https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i2.527.
- Rusman dkk, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
- Sarinah, Pengantar Kurikulum, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2015.
- Siyoto, Sandu. M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
- Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2018), 310.
- Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2018), 66
- Sutopo, Hadi, Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2012.
- Usman, Husaini. Dan Purnomo Setiadi Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.
- Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, diakses, 20 Juli 2022, https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6
- Wijaya, Indra. dan Rini Sefriani, Buku Belajar : Pemeliharaan Perangkat Komputer, Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.
- Wahana Komputer, Student Guide Series Pengenalan Hardware, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo kelompok gramedia, 2006.
- Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran landasan dan Teorinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
- Zuhdi Adz Dzaky, Sahid . Badarudin, Aji Heru Muslim, “Analisis Kompetensi Guru Dalam Penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 2 Purbalingga Lor” School Education Journal 10, no. 1 (Juni 2020): 27, https://www.researcegate.net/publication/346664811_ANALISIS_KOMPETENSI_GURU_DALAM_PENGUASAAN_TEKNOLOGI_INFORMASI_DAN_KOMUNIKASI_PADA_PEMBELAJARAN_DI_SEKOLAH_DASAR_NEGERI_2_PURBALINGGA_LOR
References
Ahmadi, David C.E. Lisapaly, Aktivitas Penerapan Pembelajaran Daring di Tengah Badai Covid-19 (Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2022), 70.
Arifin Zainal Dan Adhi Setiyawan, Pengembangan Pembelajaran Aktif Dengan ICT, Yogyakarta: T. Skripta Media Creative, 2012.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2017), 107.
Aryanti, Dwi. “Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma Negeri 12 Bandar Lampung,” (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung, 2023), 49.
Arianty, Deasy. Darius Antoni & Muhamad “Kesiapan Guru Dalam Menggunakan Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada SMP Negeri Kota Palembang” Jurnal Pengambangan Sistem Informasi dan Informatika 1, no 1 (Agustus 2020): 14. https://journal .jis.institute.org/index.php/jpsii/article/download/6037
Aprianto, Budi “Sistem Informasi Laporan Data Pertambangan Pada Dinas Pertambangan Dan Energi Tembilahan Berbasis Web,” Jurnal Sistemasi 2, no. 2 (April 2013): 58 – 64, Http://Sistemasi.Ftik.Unisi.Ac.Id/Index.Php/Stmsi/Article/View/168.
Darni, Resmi. Geovanne Varel, Thamrin, dan Winda Agustiarmi. Pengembangan Perangkat Lunak dan system Informasi, Sumatera Barat: PT. Mafy Media Literasi Indonesia, 2023.
Darmawan, Deni. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikas, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012.
Darlis, Ahmad, Ali Imran Sinaga, Dkk, “Pendidikan Berbasis Merdeka Belajar“, Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 11, no. 2 (Juli-Desember 2022): 397, http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/download/14101/6164.
Efyanto, Dwi “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Kurikulum SMK,” Tesis, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, 2021.
Fathiha, Nuril “Analisis Kesiapan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran SKI Di MIN 4 Ponorogo,” Journal Islamic Pedagogia 3, no. 1, (Maret 2023): 61, https://www. Islamicpedagogia.faiunwir.ac. id/index.php/pdg/article/view/89/41
Hadiansah, Deni Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru Bandung: YRAMA WIDYA, 2022.
Hadi Sutopo, Ariesto. Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012
Khoirurrijal, Fadrianti, Dkk, Pengembangan Kurikulum Merdeka (Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022), 7
Kemendikbud, Tujuan Pendidikan Nasional, diakses, 19 oktober 2022, https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20 - Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf.
Ma’mur Asmani, Amal, Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam dunia Pendidikan, Jogjakarta: Diva Press, 2011.
Maryono, Y. dan B. Patmi Istina, Tekhnologi, informasi, & komunikasi, Yudistira, 2008.
Moleong, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Mukhtar, Bimbingan Skripsi, Tesis Dan Artikel Ilmiah, Jambi: Sulthan Thaha Press, 2007.
Murtadlo, Ali. Zainal Aqib, Ensiklopedia metode pembelajaran Inovatif Dengan 61 Metode, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2022.
Nasution, Teknologi pendidikan, Jakarta, PT. bumi aksara, 2012.
Nisak, Afifatun. Rita Yuliastuti, “Profil Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Palang,” Jurnal Riset Pembelajaran Matematika 4, no. 2 (2022): 61–66, https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i2.527.
Rusman dkk, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Sarinah, Pengantar Kurikulum, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2015.
Siyoto, Sandu. M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2018), 310.
Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2018), 66
Sutopo, Hadi, Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2012.
Usman, Husaini. Dan Purnomo Setiadi Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, diakses, 20 Juli 2022, https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6
Wijaya, Indra. dan Rini Sefriani, Buku Belajar : Pemeliharaan Perangkat Komputer, Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.
Wahana Komputer, Student Guide Series Pengenalan Hardware, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo kelompok gramedia, 2006.
Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran landasan dan Teorinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Zuhdi Adz Dzaky, Sahid . Badarudin, Aji Heru Muslim, “Analisis Kompetensi Guru Dalam Penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 2 Purbalingga Lor” School Education Journal 10, no. 1 (Juni 2020): 27, https://www.researcegate.net/publication/346664811_ANALISIS_KOMPETENSI_GURU_DALAM_PENGUASAAN_TEKNOLOGI_INFORMASI_DAN_KOMUNIKASI_PADA_PEMBELAJARAN_DI_SEKOLAH_DASAR_NEGERI_2_PURBALINGGA_LOR