Main Article Content
Abstract
This article discusses the professional competence of teachers in managing early childhood classes at the Benteng Pelopor Kemingking Luar Kindergarten, Taman Rajo District, Muaro Jambi Regency. The main problem revealed is why there is still ineffective management of early childhood classes. This article comes from a descriptive qualitative study. Data collection was carried out using observation, interview and documentation techniques. Data analysis techniques with data reduction, data presentation and drawing conclusions and verification. The research findings indicate that the professional competence of PAUD teachers in managing classes is not optimal due to limited work experience and self-development. The obstacles to professional competence encountered are student discipline and limited textbook facilities. The principal's efforts to overcome this include; developing and mastering his role as a teacher, developing learning, preparing learning plans and implementing them, and arranging administration.
Artikel ini membahas kompetensi profesional guru dalam pengelolaan kelas anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Benteng Pelopor Kemingking Luar Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi. Permasalahan utama yang diungkap adalah mengapa masih ditemukan pengelolaan kelas anak usia dini yang belum efektif. Artikel ini berasal dari penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru PAUD dalam pengelolan kelas belum optimal karena pengalaman kerja dan pengembangan diri yang masih terbatas. Kendala kompetensi profesional yang ditemui adalah disiplin siswa dan fasilitas buku pelajaran yang terbatas. Usaha kepala sekolah mengatasi hal tersebut antara lain; mengembangkan dan menguasai perannya sebagai guru, mengembangkan pembelajaran, menyusun rencana pembelajaran dan melaksanakannya, dan menyusun admistrasi.
Keywords
Article Details
References
- Anonim, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: Kemendikud, 2014), 2.
- Anonim, Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional).Jakarta: Sinar Grafika 2018.
- Anonim, Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Dini Usia (Menu Pembelajaran Generik). Jakarta: Departamen Pendidikan Nasional, 2009.
- Anonim, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 (Jakarta: Sinar Grafika, 2021), 19.
- Bungin, Burhan. Metodologi Penelitan Sosial dan Ekonomi (Jakarta: Kencana, 2013 Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru Terj. Tjetjep Rohedi Rohidi (Jakarta: UI Press, 2014), 16-20.
- Depertemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Guru dan Dosen (UU RI Nomor 14 Tahun 2005) (Jakarta: Asa Mandiri, Cet.1, 2019), 2.
- Dyah Novitasari &Nila Fitria, “Gambaran Kompetensi Profesional Guru Paud Mangga Paninggilan Ciledug”, , Jurnal AUDHI (Vol. 3, No. 2, Januari 2021), 69.
- Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :Rineka Cipta, 2014.
- Fathurrohman, Pupuh dan Aa Suryana, Guru Profesional. Bandung: Refika Aditama, 2012.
- Fadlillah, Muhammad dan Lilif Mualifatu Khorida, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2023.
- Handayaningrum, “Peningkatan Perkembangan Motorik Halus dengan Media Kertas dan Bermain Tebak Gambar Kelompok B di PAUD Ummul Quro Lampung Tengah,” Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan Universitas Lampung (2015): 2-3.
- Hasanah, Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Pustaka Setia, 2012.
- Lillard, Angeline S. “Playful Learning and Montessori Education” The NAMTA Journal, Vol. 38, No. 2 (2023), 160.
- Mutiah, Diana. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2012.
- M. Dalyono, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
- Mukhtar dan Iskandar, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan (Jakarta: Referensi, 2023), 141.
- Permadi, Dedi dan Daeng Arifin, Panduan Menjadi Guru Profesional. Bandung: Nuansa Aulia, 2023.
- Saud, Udin Saefuddin. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2009.
- Sanan, Jamilah Sabri dan Martinis Yamin. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada Press, 2023.
- Sum, Theresia Alviani. “Kompetensi Guru Paud Dalam Pembelajaran Di Paud Di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai”, Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 2, No.1, (Januari 2019), 68.
- Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta, 2014.
- Wiyani, Nova Ardi. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2023.
References
Anonim, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: Kemendikud, 2014), 2.
Anonim, Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional).Jakarta: Sinar Grafika 2018.
Anonim, Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Dini Usia (Menu Pembelajaran Generik). Jakarta: Departamen Pendidikan Nasional, 2009.
Anonim, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 (Jakarta: Sinar Grafika, 2021), 19.
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitan Sosial dan Ekonomi (Jakarta: Kencana, 2013 Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru Terj. Tjetjep Rohedi Rohidi (Jakarta: UI Press, 2014), 16-20.
Depertemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Guru dan Dosen (UU RI Nomor 14 Tahun 2005) (Jakarta: Asa Mandiri, Cet.1, 2019), 2.
Dyah Novitasari &Nila Fitria, “Gambaran Kompetensi Profesional Guru Paud Mangga Paninggilan Ciledug”, , Jurnal AUDHI (Vol. 3, No. 2, Januari 2021), 69.
Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :Rineka Cipta, 2014.
Fathurrohman, Pupuh dan Aa Suryana, Guru Profesional. Bandung: Refika Aditama, 2012.
Fadlillah, Muhammad dan Lilif Mualifatu Khorida, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2023.
Handayaningrum, “Peningkatan Perkembangan Motorik Halus dengan Media Kertas dan Bermain Tebak Gambar Kelompok B di PAUD Ummul Quro Lampung Tengah,” Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan Universitas Lampung (2015): 2-3.
Hasanah, Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Pustaka Setia, 2012.
Lillard, Angeline S. “Playful Learning and Montessori Education” The NAMTA Journal, Vol. 38, No. 2 (2023), 160.
Mutiah, Diana. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2012.
M. Dalyono, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Mukhtar dan Iskandar, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan (Jakarta: Referensi, 2023), 141.
Permadi, Dedi dan Daeng Arifin, Panduan Menjadi Guru Profesional. Bandung: Nuansa Aulia, 2023.
Saud, Udin Saefuddin. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sanan, Jamilah Sabri dan Martinis Yamin. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada Press, 2023.
Sum, Theresia Alviani. “Kompetensi Guru Paud Dalam Pembelajaran Di Paud Di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai”, Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 2, No.1, (Januari 2019), 68.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta, 2014.
Wiyani, Nova Ardi. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2023.