Main Article Content

Abstract

This article discusses the creativity of Islamic boarding school teachers in developing the morals of students at the Nurul Mustofa Islamic Boarding School, Dusun Candi, Tanah Sepenggal District, Bungo Regency, Jambi. This article comes from qualitative research using data collection techniques through interviews, observation and documentation. Research findings show that teachers have applied creative methods in developing students' morals, such as habituation methods, example, mau'idzah or advice, qishah (stories), lectures and social interactions. The challenges faced by teachers in developing students' morals include the influence of the external environment, conflict with secular values, personal motivation, and variations in levels of understanding and obedience, failure of the coaching system, psychological pressure, and different individual developments. The solutions to improve the moral development of students in Islamic boarding schools include strengthening the internal environment of Islamic boarding schools, using innovative educational methods, providing good role models, and comprehensive education.


Artikel ini membahas tentang kreativitas guru pondok pesantren dalam membina akhlak santri di Pondok Pesantren Nurul Mustofa Dusun Candi Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo Jambi. Artikel ini berasal dari penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan metode kreatif dalam membina akhlak santri, seperti metode pembiasaan, keteladanan, mau’idzah atau nasihat, qishah (cerita), ceramah dan pergaulan. Tantangan-tantangan yang dihadapi guru dalam pembinaan akhlak santri berupa pengaruh lingkungan eksternal, konflik dengan nilai-nilai sekuler, motivasi pribadi, dan variasi tingkat kepahaman dan kepatuhan, kegagalan sistem pembinaan, tekanan psikologis, serta perkembangan individu yang berbeda. Adapun solusi-solusi untuk meningkatkan pembinaan akhlak santri di pesantren ini antara lain dengan cara penguatan lingkungan internal pondok pesantren, penggunaan metode pendidikan yang inovatif, pemberian teladan yang baik, serta pendidikan yang komprehensif.

Keywords

Teacher creativity Learning methods Student morals Islamic boarding schools Educational challenges

Article Details

References

  1. Abdullah, Ramli. “Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran”, Lantanida Journal, 4 No 1, (2016), 37-38. Https://Jurnal.Ar-Raniry.Ac.Id/Index.Php/Lantanida/Article/View/1866
  2. Abdullah, Yatimin. Studi Akhlak Dalam Perspektif Al-Quran, (Jakarta: Amzah, 2007) 4
  3. Aqib, Zaenal. Prifesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. (Surabaya : Insan Cendikia, 2002), 37
  4. Aly, Hery Noer. Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Logos Wacana Mulia, 1999), 201-202.
  5. Ali, Mohammad Daud. Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Rajawali Pers, 2008) 346
  6. Ali, Muhammad dan Muhammad Asrori, Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006), 54
  7. Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam, (Bandung: Reamaja Rosda Karya, 2011), 151-152
  8. An-Nahlawi, Abdurrahman. Prinsip-Prinsip Dan Metode Pendidikan Agama Islam: Dalam Keluarga, Di Sekolah Dan Di Masyarakat (Bandung: Cv. Diponegoro, 1992), 332.
  9. Budiarti, Yesi. “Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran Ips”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Um Metro 3, No 1, (2015), 68. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/321009443_Pengembangan_Kemampuan_Kreativitas_Dalam_Pembelajaran
  10. Budiarti, Yesi. “Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran Ips”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Um Metro 3, No 1, (2015), 98. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/321009443_Pengembangan_Kemampuan_Kreativitas_Dalam_Pembelajaran
  11. Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2019), 117
  12. Gholib, Achmad. Pendidikan Akhlak Dalam Tatanan Masyarakat Islami, (Ciputat: Berkah Ilmu, 2018), 7-8 .
  13. Ghufron, M. Nur Dan Rini Risnawati, Teori-Teori Psikolog, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016), 103
  14. Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi (Bandung: Alfabeta, 2012), 96.
  15. Hasbullah, Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah Dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan (Jakarta: Raja Grasindo Persada, 2007), 157
  16. Irawan, Prastyo. Logika, Dan Prosedur Penelitian, (Jakarta: Press 2018), 89.
  17. Karim, Abdul. “Mengembangkan Kesadaran Melestarikan Lingkungan Hidup Berbasis Humanisme Pendidikan Agama,” Jurnal Pendidikan Agama Islam 12 No 2 (2017), Https://Journal.Iainkudus.Ac.Id/Index.Php/Edukasia/Article/View/2780
  18. Maunah, Binti. Metodologi Pengajaran Agama Islam (Yogyakarta: Teras, 2009), 93-94.
  19. Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2010), H.233
  20. Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan, (Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2013), 163
  21. Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, (Jakarta : Rineka Cipta, 2004), 39
  22. Mas’ud, Ali. Akhlak Tasawuf (Sidoarjo: Cv. Dwiputra Pustaka Jaya Anggota Ikapi, 2012), 2.
  23. Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan, 37.
  24. Naim, Ngainun. Character Building, ( Djogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012), 154-156
  25. Nata, Abuddin. Pemikiran Pendidikan Islam & Barat, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012), 208
  26. Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf (Jakarta: Rajawali Press, 2012), 158-159
  27. Nasharuddin, Akhlak (Ciri Manusia Paripurna) (Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada, 2015), 207.
  28. Noor, Achmad Syafi’i. Aspek-Aspek Seorang Guru, (Jakarta: Fitk Press 2015), 55.
  29. Puspita, Ira Et.,Al “Pengaruh Perilaku Masyarakat Yang Bermukim Di Kawasan Bantaran Sungai Terhadap Penurunan Kualitas Air Sungai Karang Anyar Kota Tarakan” 23, No. 2, (2016): 250, Https://Www.Researchgate.Net/Publication/314111919_Pengaruh_Perilaku_Masyarakat_Yang_Bermukim_Di_Kawasan_Bantaran_Sungai_Terhadap_Penurunan_Kualitas_Air_Sungai_Karang_Anyar_Kota_Tarakan_Influence_Of_The_Behavior_Of_Citizens_Residing_In_Riverbanks_To_T
  30. Rachmawati, Yeni Dan Euis Kurniati, Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Taman Kanak-Kanak, ( Jakarta: Kencana, 2017), 13.
  31. Raharjo, Sabar Budi. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia”, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Nomor 3 (Mei 2010), 234. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/123218-Id-Pendidikan-Karakter-Sebagai-Upaya-Mencip.Pdf
  32. Sadirman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012), 138
  33. Salirawati, Das. Smart Teaching (Solusi Menjadi Guru Profesional), (Jakarta: Bumi Aksara, 2018), 3.
  34. Syukur, Suparman. Etika Religius (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004), 262.
  35. Syafri, Ulil Amri. Pendidikan Karakter Berbasis Qur‟An (Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada, 2012), 142.
  36. Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D, (Bandung: Alfabet .Cv, 2015), 247.
  37. Tafsir, Ahmad. Et.Al., Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam (Bandung: Mimbar Pustaka, Media Transfasi Pengetahuan, 2004), 311.
  38. Uno, Hamzah B. dan Nina Lamatenggo, Tugas Guru Dalam Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2016), 1
  39. Umar, Jusnimar. “Peranan Guru Agama Islam Dalam Membelajarkan Siswa Menjadi Manusia Yang Berakhlak Mulia”, Jurnal Pendidikan Islam, 7, 20016, 125-126, Http://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Tadzkiyyah/Article/View/1497.