Main Article Content
Abstract
Abstract
This research aims to reveal the role of Islamic religious-based extracurricular activities in developing students' social awareness attitudes at the Madrasah Tsanawiyah Laboratory in Jambi City. This research uses a qualitative approach with data collection carried out using data analysis techniques including data reduction, data presentation, and researcher participation. Triangulation techniques using various sources, theories and methods and diligent observation. Researcher information is the school principal, teachers in the field of religious activities and students. The results of this research are that the implementation of religious activities at the Madrasah Tsanawiyah Laboratory has been running quite well, but improvements still need to be made so that all the expected goals can be achieved optimally. This can be seen from the results of observations, interviews, and documents that researchers obtained in the field. So this research can help teachers or educators not to underestimate the obligatory worship and sunnah of students, especially to make themselves good role models for students.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Peran Ekstrakurikuler Berbasis Keagamaan Islam Terhadap Pengembangan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Laboratarium Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, keikutsertaan peneliti. Teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode dan ketekunan pengamatan. Informasi peneliti yaitu Kepala sekolah, Guru bidang kegiatan Keagamaan dan siswa. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Laboratarium sudah berjalan dengan cukup baik, namun tetap perlu adanya peningkatan agar semua tujuan yang di harapkan dapat tercapai secara optimal. hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi, wawancara, serta dokumen yang peneliti dapatkan di lapangan. Sehingga dengan adanya penelitian ini dapat membantu guru atau pendidik untuk tidak menyepelekan ibadah wajib maupun sunahpada siswa khususnya menjadikan diri sebagai suri tauladan yang baik bagi peserta didik.
Keywords
Article Details
References
- Arikunto,Suharsimi.ProsedurPenelitian Sebagai Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2020.
- Arifin,Zainal, Penelitian Pendidikan ; Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.2014.
- Afriza.Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT, RajaGrafindo Persada, 2014
- Alwasilah C, Pokoknya Studi Kasus Pendekatan Kualitatif. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama, 2015
- Charles Schifer .Yasir,2013:128
- Chairul Anwar, Hakikat Manusia dalam Pendidikan ; Sebuah Tinjauan Filosofis.Yogyakarta : SUKA-Press, 2014.
- Fauzan Almansur dan M. Djunaidi Ghony, Metode Penelitian Kualitatif.Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2017.
- Dewi Yuli.A, Analisis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri Pisang Candi 1 Malang. Jurnal Analisis Implementasi KTSP. Vol. II, No. 2, September, 2014.
- Dewi Arumsari,& Mia Zakari, Jeli Mengembangkan Karakter Anak. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2018.
- Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Cet.IV; Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
- Hamzah A, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.Bandung : Alfabeta, 2014.
- Habibi Rizalul, Pembiasaan Ibadah Sebagai Pembentukan Karakter Anak di MI NU Desa Jatirejo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang (Tesis Pendidikan Islam. Pekalongan :stain pekalongan )
- Hardman Jan Norhas lynda Ar-rahman, Teachers and the implementation 2014 Vol. 27, No. 3, 260–277
- Islam Studi di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijagadalam Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 2 No. 2, 2016
- Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016.
- Keswara Indra, Management Of Learning Tahfidzul Qur’an (Memorizing Al-qur’an) In Al Husain Magelang ,Jurnal Hanata Widya. Vol:2 Nomor:2, 2017.
- Komariah, Aan dan Djam‟an Satori.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2014.
- Marzuki, Pendidikan Karakter Islam.Jakarta: Amzah, 2015.
- Muhaimin,dkk, Menejemen Pendidikan, Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Penyusunan Sekolah, Jakarta; Kencana. 2009 ,
- Moleong Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
- Megawangi Ratna Pendidikan Karakter, Jakarta Timur: Indonesia Heritage Foundasion, 2014.
- Mulyadi,Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik, Bandung; Alfabeta, 2015.
- Marzuki, Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah, 2015.
- Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 2016.
- Putro Widoyoko, Eko ,Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik . Yogyakarta; Pustaka Belajar. 2015.
- Puspita Fulan, Pembentukan Karakter Berbasis Pembiasaan Dan Keteladanan. Yogyakarta: Tesis PAI UIN Sunan Kalijaga, 2015.
- Rasyid Muhammad Makmun, Kemukjizatan Menghafal Al-qur’an.Jakarta: PT.Alex Media Komputindo, 2015.
- Satori, Djam’an dan Aan Komariah, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung; Alfabeta.2013.
- Sarosa, Samiaji Penelitian Kualitatif (Dasar-Dasar). Jakarta: Indeks.2012.
- Sudjana, Djuju, Manajemen Program Pendidikan; untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembang Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.2009.
- Sudjana , Nana, Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. 2009.
- Supardi U.S, Developing Of Measurement Of Discipline Characteristic Of Middle School Students. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Jurnal Komunitas. Vol 6, No 2, 2016.
- Sutirna, Perkembangan & Pertumbuhan Peserta Didik.Yogyakarta: Penerbit Andi, 2014.
- Soleh Moh, Pembiasaan Shalat DhuhaYogyakarta: Tesis PAI UIN Sunan Kalijaga, 2013.
- Syaodih Sukmadinata, Nana, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; PT Remaja Rosdakarya. 2011.
- The Promise of Integrated English Curriculum:
- Teachers' and Head Teachers' Reactions and Reflections.
- Usman, Nurdin Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Jakarta ; PT Raja Grafindo Persada. 2002.
- Yusuf M, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian
- Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.
References
Arikunto,Suharsimi.ProsedurPenelitian Sebagai Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2020.
Arifin,Zainal, Penelitian Pendidikan ; Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.2014.
Afriza.Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT, RajaGrafindo Persada, 2014
Alwasilah C, Pokoknya Studi Kasus Pendekatan Kualitatif. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama, 2015
Charles Schifer .Yasir,2013:128
Chairul Anwar, Hakikat Manusia dalam Pendidikan ; Sebuah Tinjauan Filosofis.Yogyakarta : SUKA-Press, 2014.
Fauzan Almansur dan M. Djunaidi Ghony, Metode Penelitian Kualitatif.Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2017.
Dewi Yuli.A, Analisis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri Pisang Candi 1 Malang. Jurnal Analisis Implementasi KTSP. Vol. II, No. 2, September, 2014.
Dewi Arumsari,& Mia Zakari, Jeli Mengembangkan Karakter Anak. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2018.
Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Cet.IV; Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Hamzah A, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.Bandung : Alfabeta, 2014.
Habibi Rizalul, Pembiasaan Ibadah Sebagai Pembentukan Karakter Anak di MI NU Desa Jatirejo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang (Tesis Pendidikan Islam. Pekalongan :stain pekalongan )
Hardman Jan Norhas lynda Ar-rahman, Teachers and the implementation 2014 Vol. 27, No. 3, 260–277
Islam Studi di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijagadalam Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 2 No. 2, 2016
Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016.
Keswara Indra, Management Of Learning Tahfidzul Qur’an (Memorizing Al-qur’an) In Al Husain Magelang ,Jurnal Hanata Widya. Vol:2 Nomor:2, 2017.
Komariah, Aan dan Djam‟an Satori.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2014.
Marzuki, Pendidikan Karakter Islam.Jakarta: Amzah, 2015.
Muhaimin,dkk, Menejemen Pendidikan, Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Penyusunan Sekolah, Jakarta; Kencana. 2009 ,
Moleong Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Megawangi Ratna Pendidikan Karakter, Jakarta Timur: Indonesia Heritage Foundasion, 2014.
Mulyadi,Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik, Bandung; Alfabeta, 2015.
Marzuki, Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah, 2015.
Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 2016.
Putro Widoyoko, Eko ,Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik . Yogyakarta; Pustaka Belajar. 2015.
Puspita Fulan, Pembentukan Karakter Berbasis Pembiasaan Dan Keteladanan. Yogyakarta: Tesis PAI UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Rasyid Muhammad Makmun, Kemukjizatan Menghafal Al-qur’an.Jakarta: PT.Alex Media Komputindo, 2015.
Satori, Djam’an dan Aan Komariah, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung; Alfabeta.2013.
Sarosa, Samiaji Penelitian Kualitatif (Dasar-Dasar). Jakarta: Indeks.2012.
Sudjana, Djuju, Manajemen Program Pendidikan; untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembang Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.2009.
Sudjana , Nana, Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. 2009.
Supardi U.S, Developing Of Measurement Of Discipline Characteristic Of Middle School Students. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Jurnal Komunitas. Vol 6, No 2, 2016.
Sutirna, Perkembangan & Pertumbuhan Peserta Didik.Yogyakarta: Penerbit Andi, 2014.
Soleh Moh, Pembiasaan Shalat DhuhaYogyakarta: Tesis PAI UIN Sunan Kalijaga, 2013.
Syaodih Sukmadinata, Nana, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; PT Remaja Rosdakarya. 2011.
The Promise of Integrated English Curriculum:
Teachers' and Head Teachers' Reactions and Reflections.
Usman, Nurdin Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Jakarta ; PT Raja Grafindo Persada. 2002.
Yusuf M, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian
Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.