Main Article Content

Abstract

This article discusses the influence of self-regulation on the discipline and learning outcomes of students at SMPN 11 Sungai Full. This article comes from descriptive-quantitative research where data is collected and expressed in the form of numbers using observation, questionnaires and documentation data collection techniques. The main problem that is the focus of the study is whether self-regulation and discipline influence student learning outcomes? The research results show that there is a positive and significant influence of regulation and learning discipline together on learning outcomes with self-regulation. This means that if self-regulation and learning discipline are carried out well and precisely, student learning outcomes will increase.


Artikel ini membahas tentang pengaruh regulasi diri terhadap disiplin dan hasil belajar siswa SMPN 11 Sungai Penuh. Artikel ini berasal dari penelitian deskriptif-kuantitatif di mana data dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka dengan teknik pengumpulan data observasi, angket, dokumentasi. Permasalahan utama yang menjadi fokus kajian adalah apakah regulasi diri dan disiplin berpengaruh terhadap hasil belajar siswa? Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan regulasi dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar  dengan regulasi diri. Hal ini berarti bahwa jika regulasi diri dan disiplin belajar  dilakukan dengan baik dan tepat  maka akan semakin meningkat hasil belajar siswa.

Keywords

Learning Process Learning strategy Self-Regulation Learning discipline Learning results

Article Details

References

  1. Anonim. Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Kementrian Agama RI, 2019.
  2. Chairani, Lisya dan Subandi. Psikologi Santri Penghafal Al-Qur’an Peranan Regulasi Diri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
  3. Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
  4. Friedman & schustack. Kepribadian Teori Klasik Dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga, 2006
  5. Hambali, Adang dan jaenudin, ujam. Psikologi Kepribadian. Bandung: Pustaka Setia, 2013.
  6. https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-regulasi-diri/8930, diakses tanggal 20 november 2020.
  7. Indrianto, Nino. Pendidikan Agama Islam Interdisipliner Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta : CV Budi Utama, 2020.
  8. Kadir, Abdul. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia, 2013.
  9. Moenir. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
  10. Ormford, Ellis Jeanne. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga, 2008.
  11. Partiwi, Ni Nyoman, Suryawan, Putu Pasek, Apsari, Ratih Ayu. Belajar dan Pembelajara. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada, 2018.
  12. Rahman, Agus Abdul. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2020.
  13. Rusmini. Psikologi Manajemen. Jambi: PUSAKA, 2017.
  14. Samsu. Metode Penelitian. Jambi: PUSAKA, 2017.
  15. Somantri, Ating dan Muhidin, Sambas Ali. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung : CV Pustaka Setia, 2011.
  16. Sugiarto, Toto, E-Learning Berbasis Schoology Tingkatan Hasil Belajar Fisika. Klaten: CV Mine, 2020.
  17. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
  18. Somantri, Ating dan Muhidin, Sambas Ali. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung : CV Pustaka Setia, 2011.
  19. Susanto, Ahmad. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group, 2016.
  20. Tu’u, Tulus. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo, 2008.
  21. Usman, Husaini dan Akbar, Purnomo Setiady. Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi Askara, 2012.