Main Article Content
Abstract
Batasan dalam penelitian adalah Tinjauan Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam penerapan Team Game Tournament Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Jama’ah Desa Pebenaan Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Riau. Kemudian untuk motivasi yang di ambil dalam penelitian ini adalah motivasi secara keseluruhan. Implementasi pembelajarn cooperative learning dalam mengatasi terhambatnya motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Jama’ah Desa Pebenaann Kecamatan Keritanng Kabupaten Indragiri Hilir Riau yang pertama, memahami kebutuhan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Kedua, kesan pertama saat memulai pembelajaran dirasa penting untuk menarik perhatian siswa. Ketiga, penerapan pembelajaran cooperative learning guna memotivasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran. Pemilihan metode yang tepat dirasa menjadi salah satu cara meningkatkan motivasi belajar siswa, untuk itu guru sebagai fasilitator diharapkan dapat mengatasi motivasi belajar dengan menggunakan beberapa cara diatas. Faktor penghambat dalam Implementasi Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournamen Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Jama’ah Desa Pebenaan Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Riau adalah salah satu yang menghambat motivasi belajar siswa di sekolah siswa sudah bekerja, ini adalah hambatan siswa dalam belajar. Beberapa siswa telah bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lingkungan yang paling sedikit mendukung sekolah berdampak pada anak-anak yang tidak bersekolah. Karena kebutuhan finansial, beberapa siswa tidak berkumpul dengan teman yang sebaya. Perilaku masyarakat yang ada membuat anak-anak mengambil tindakan efektif dalam menghasilkan uang daripada belajar. Ini juga salah satu dampak terhadap kurangnya pendidikan masyarakat pedesaan. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh Basrowi dan Siti Juariyah yang menunjukkan bahwa tingkat pendidikan masyarakat pedesaan masih sangat rendah karena masyarakat pedesaan kurang memahami pentingnya pendidikan. Faktor Pendukungnya adalah faktor keluarga, atau lebih tepatnya perhatian orang tua, dalam hal ini siswa tanpa orang tua. Keluarga memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap gaya pendidikan orang tua, reaksi antara anggota keluarga dan keadaan ekonomi keluarga. Namun, hal ini tidak ditemukan dalam kenyataannya. Orang tua beberapa siswa yang sudah tidak ada menimbulkan sebuah permasalahan motivasi belajar siswa karena siswa tidak mendaptkan dorongan dari orangtua. Faktor motivasi belajar yang cenderung menghambat keinginan belajar sisiwa.
Keywords
Article Details
References
- Afib, Rulyansyah. Uswatun Hasanah, dll, Model Pembelajaran Brain Based Learning Bermuatan Multiple Intelligences, Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahim Genteng Banyuwangi, 2017.
- Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran, Bandung:Alfabeta, 2019.
- Boediono dan Kostar Wayan. Teori dan Aplikasi Statistika dan Problematas, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2004.
- Brili, Herwandannu. “Penerapan model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar AKIDAH AKHLAK siswa Kelas 3 SDN 2 Slempit Kedamean Gresik” Vol.06, No.12, (2018) https://doi.org/10.1353/ner.2018.0015.
- Chomaidi dan Salamah. Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Madrasah, Jakarta: PT Grasindo, 2018.
- Combs. Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.
- Em, Fajri Zul dan Senja Aprilia Ratu. Kamus Lengkap Akidah Akhlak, Surabaya: Difa Publisher, 2015.
- Febriana, Ayu. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran AKIDAH AKHLAK Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang”. Jurnal Kependidikan Dasar. Volume 1, Nomor 2, (Februari 2011) https://doi.org/10.1353/ner.2011.0015.
- Horshit. (2014). Evaluation of Training and Development: An Analysis of Various Model. Journal of Bussiness and Management, 5(2), 16-17. doi:https://doi.org/10.9790/487X-0521622
- Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Belajar 2013.
- Isjoni dan Arif Ismail. Mohd. Model-model pembelajaran Mutakhir, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
- Isjoni, Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok, Bandung, Alfabera, 2011.
- Jamil, Suprihatiningrum. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Arruz Media, 2013.
- Kokom, Sari Kumala. Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi, Bandung: PT Refika Aditama, 2010.
- Miftahul, Huda. Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
- Musfiqon, Panduan Lengkap Metodologi Penelitian, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012.
- Nata. Abuddin, Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2009.
- Nining, Mariyaningsih dan Hidayati Mistina. Bukan Kelas Biasa Teori dan Praktik Berbagai Model dan Model Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas Inspiratif, Surakarta: CV.Kekata Group, 2018.
- Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2001.
- Rusman, Model-model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
- Rusman, Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
- Rusmono, Strategi Pembelajaran dengan Problem based Learning itu Perlu, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
- Samihah, Gharib Mahmud. Membekali Anak Dengan Akidah, Jakarta: Maghfirah Pustaka, 2006.
- Saparwadi, Lalu.”Pengaruh Cooperative Learning Tipe Make a Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII”. Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Hamzanwadi Selong. Beta Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No. (Mei 2015) https://doi.org/10.1353/ner.2015.0015.
- Shoimin, Aris. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: ArRuzz Media, 2014.
- Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon.
- Slavin, Robert E. Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Melinda, 2005.
- Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo, 2000.
- Sugiyono, Model Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2013.
- Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
- Suryosubroto, Beberapa Aspek Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
- Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Madrasah, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
- Suyanto, Kasihani K.E. 2010. English For Young Learners : Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik, dan Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
- Thobroni, Muhammad. dan Mustofa Arif, Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
- Trianto, Model Pembelajaran Terpadu; Konsep, Strtegi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014.
- Uno, Hamzah B. Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
- Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovativ Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
- Winarto, Surahman. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar Model Tehknik, Bandung: Tarsita, 1990.
- Zulfira, V., Anggereini, E., Sadikin, A. (2019). The Effect Of Application Of Cooperative Learning Model Type Team Games Tournament (TGT) On Biology Learning Outcomes On Biodiversity Materials At The Batang Hari 1 High School. 05(2).
References
Afib, Rulyansyah. Uswatun Hasanah, dll, Model Pembelajaran Brain Based Learning Bermuatan Multiple Intelligences, Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahim Genteng Banyuwangi, 2017.
Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran, Bandung:Alfabeta, 2019.
Boediono dan Kostar Wayan. Teori dan Aplikasi Statistika dan Problematas, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2004.
Brili, Herwandannu. “Penerapan model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar AKIDAH AKHLAK siswa Kelas 3 SDN 2 Slempit Kedamean Gresik” Vol.06, No.12, (2018) https://doi.org/10.1353/ner.2018.0015.
Chomaidi dan Salamah. Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Madrasah, Jakarta: PT Grasindo, 2018.
Combs. Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.
Em, Fajri Zul dan Senja Aprilia Ratu. Kamus Lengkap Akidah Akhlak, Surabaya: Difa Publisher, 2015.
Febriana, Ayu. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran AKIDAH AKHLAK Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang”. Jurnal Kependidikan Dasar. Volume 1, Nomor 2, (Februari 2011) https://doi.org/10.1353/ner.2011.0015.
Horshit. (2014). Evaluation of Training and Development: An Analysis of Various Model. Journal of Bussiness and Management, 5(2), 16-17. doi:https://doi.org/10.9790/487X-0521622
Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Belajar 2013.
Isjoni dan Arif Ismail. Mohd. Model-model pembelajaran Mutakhir, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Isjoni, Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok, Bandung, Alfabera, 2011.
Jamil, Suprihatiningrum. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Arruz Media, 2013.
Kokom, Sari Kumala. Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi, Bandung: PT Refika Aditama, 2010.
Miftahul, Huda. Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Musfiqon, Panduan Lengkap Metodologi Penelitian, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012.
Nata. Abuddin, Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2009.
Nining, Mariyaningsih dan Hidayati Mistina. Bukan Kelas Biasa Teori dan Praktik Berbagai Model dan Model Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas Inspiratif, Surakarta: CV.Kekata Group, 2018.
Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2001.
Rusman, Model-model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Rusman, Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
Rusmono, Strategi Pembelajaran dengan Problem based Learning itu Perlu, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Samihah, Gharib Mahmud. Membekali Anak Dengan Akidah, Jakarta: Maghfirah Pustaka, 2006.
Saparwadi, Lalu.”Pengaruh Cooperative Learning Tipe Make a Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII”. Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Hamzanwadi Selong. Beta Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No. (Mei 2015) https://doi.org/10.1353/ner.2015.0015.
Shoimin, Aris. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: ArRuzz Media, 2014.
Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon.
Slavin, Robert E. Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Melinda, 2005.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo, 2000.
Sugiyono, Model Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2013.
Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Suryosubroto, Beberapa Aspek Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Madrasah, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Suyanto, Kasihani K.E. 2010. English For Young Learners : Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik, dan Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Thobroni, Muhammad. dan Mustofa Arif, Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu; Konsep, Strtegi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014.
Uno, Hamzah B. Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovativ Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Winarto, Surahman. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar Model Tehknik, Bandung: Tarsita, 1990.
Zulfira, V., Anggereini, E., Sadikin, A. (2019). The Effect Of Application Of Cooperative Learning Model Type Team Games Tournament (TGT) On Biology Learning Outcomes On Biodiversity Materials At The Batang Hari 1 High School. 05(2).
