Main Article Content

Abstract

This study reveals the weak analysis of the internal capabilities of the Sarolangun Regency Regional Library and Archives Service in conducting public services. The question in this research is why service planning at the Regional Library and Archives Service of Sarolangun Regency is not optimal. This research uses a qualitative descriptive approach. Data collection was carried out by observation, interview and documentation techniques. The subjects of this study were service heads, service secretaries, ASN employees and visitors. Data analysis techniques were carried out by data reduction, data presentation, drawing conclusions and verifying the reliability of the research results. The results of the study show that public service planning management is structured in the existing policy format, regardless of internal capabilities. The conclusion of this study is that planning management at the Sarolangun Regency Regional Library and Archives Service is not yet optimal because there are many factors that need to be addressed.


Penelitian ini  mengungkap tentang lemahnya analisis kemampuan internal Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sarolangun dalam melakukan pelayanan publik. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah mengapa perencanaan pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupten Sarolangun belum optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala dinas, sekretaris dinas, pegawai ASN dan pengunjung. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi keterpercayaan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen perencanaan pelayanan publik disusun dalam format kebijakan yang ada, tanpa melihat kemampuan internal. Kesimpulan penelitian ini adalah manajemen perencanaan di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Sarolangun belum optimal karena banyak faktor yang perlu dibenahi.

Keywords

Management Planning Head of Service Learning Standards Improvement Public Service

Article Details

References

  1. Duvaizem, Jose helio " Dasar Manajemen Pelayanaan Public ," https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:https://media. (2009)
  2. Furqoni dan Muhammad. " Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Dinas dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo. " Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya, no. 40 (September 2015).
  3. Hermawan, Iwan. “Fungsi Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Umum di Kantor Arsip Daerah Kabupaten Serang. “Tesis Serang: UIN Serang, 2015.
  4. Latief, Halida Preswari. “Perencanaan Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pada Unit Terpadu Pelayanan Kabupaten Pekalongan”, (Tesis, Pascasarjana Uin Malik Ibrahim Malang, 2017).
  5. Karlina, Fransiska. “Perencanaan Tugas Dalam Pelaksanaan Kursus Calon Pengantin (Suscation) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukarame Bandar Lampun, “Jurnal Ilmiah Moral Masyarakat, no. 14 (Febuari 2017)
  6. K Maryam, Siti, Soesilo Zauhar, and Choirul Saleh. “Strategi Perencanaan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Studi Pada Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Sampang. “ Wacana, Jurnal Sosial dan Humaniora, (2016), https://doi.org/10.21776/ub.019.02.3.
  7. Muhammad, Iskandar. “Pemimpin Bijaksana Dalam Pandangan Islam, “Tesis, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2017.
  8. Nuraini, Cut. “Arsitek Tropis.” Institut Teknologi Medan, diakses pada 10 Agustus 2014. Hhtps://doi.org/10.26418/jmars.v10i2.55801.
  9. Pawit, Yusuf dan Yaya Suhender. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, (Jakarta: Kencana, 2017)
  10. Rahmah, Elva. "Mewujudkan Pelayanan Prima Di Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Penerapan Konsep Total Quality Management (TQM)," Journal of Chemical Information and Modeling, 53, no.9 (2016).
  11. Ramadhani, Rika Diyah, Wawan Setiawan Abdillah, and Siti Farida. “ Perencanaan Anggaran Belanja Pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kota Bandung Tahun 2019-2020. “ Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah, 42 no. 3 (Maret 2022) ;132-147 HTTPS ://DOI.ORG /10.15575/JBPD.V4I2.17751.
  12. Subandi, Ahmad. “ Manajemen Layanan Perpustakaan Di Sma Nahdalatul Ulama 1 Gresik, “ Jurnal Kependidikan Islam, 11, No. 1 (May 2021) : 28-55 https: //doi. Org/jkpiyy. 2021. 11. 1
  13. Sunandar, Dedu. “Manajemen Kepala Dinas Dalam Meningkatkan Pelayanan di Kantor Dinas Perpustakaan di Kampus Lembah Dempo Pagaralam”, (Tesis, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018)
  14. Suparto, “Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Meningkatkan Mutu Di Madrasah Ibtidayah Al-Islam Kota Bengkulu” (Tesis Pascasarjana Uin Bengkulu, 2020)
  15. Vidiyawati, Henny, Husniyatus Salamah Zainiyati, and Liliek Chana AW. “Manajemen Layanan Perpustakaan di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik,” Jurnal Kependidikan Islam, no. 11 (Maret 2021)