Main Article Content
Abstract
This study aims to examine the professionalism of Islamic education teachers in improving the learning process at Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Jambi City. The main problem discussed is why the professionalism of Islamic Religious education teachers in improving the learning process at Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Jambi City is not optimal. As a qualitative-descriptive research, data collection was carried out using observation, interviews and documentation techniques. While the determination of research subjects using snowball sampling technique. The results of the study show that regarding their professionalism, teachers lack insight in planning lessons. In addition, the problem of discipline and inadequate teacher work experience also adds to the problem of teacher professionalism. An issue that is no less important is that in an effort to improve the learning process, teachers have not paid attention to learning according to content and process standards.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji profesionalitas guru pendidikan Agama Islam dalam peningkatan proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Kota Jambi. Permasalahan utama yang dibahas adalah mengapa profesionalitas guru pendidikan Agama Islam dalam peningkatan proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Kota Jambi belum optimal. Sebagai penelitian kualitatif-deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan penentuan subjek penelitian menggunakan teknik snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terkait profesionalitasnya, guru kurang memiliki wawasan dalam merencanakan pembelajaran. Selain itu, persoalan disiplin dan pengalaman bekerja guru yang belum memadai juga menambah persoalan profesionalitas guru. Persoalan yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa dalam upaya peningkatan proses pembelajaran, guru belum memperhatikan pembelajaran sesuai standar isi dan proses.
Keywords
Article Details
References
- Al Hakim, Muhammad Fadhil. Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19, Riwayat Paramita: Historical Studies Journal, 30(2), 2020: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 2021.
- Al-Bukhari, Al-Imam Muhammad ibn Ismail. Shahih Bukhari. Al-Makhtab Al-Syamilah tt, Edisi II.
- Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2009.
- Buchari Alma, Guru Propesional, Bandung: Alfabeta, 2012.
- Danim, Sudarwan. Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2010.
- Masaong, Abd. Kadim. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru: Memberdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru, Bandung: Alfabeta, 2012.
- Minnah El-Widdah, Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP), Jurnal At-Ta’lim, Vol. 4 Tahun 2013.
- Mukhtar dan Iskandar. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Referensi. 2013.
- Mulyasa, E. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
- Nurdin, Muhammad. Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.
- Permadi, Dedi dan Daeng Arifin. Panduan Menjadi Guru Profesional. Bandung: Nuansa Aulia, 2013.
- Saud, Udin Syaefuddin. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2011.
- Surya, M. Psikologi Guru: Konsep dan Aplikasi dari Guru untuk Guru Bandung: Alfabeta, 2014.
- Tim Penyusun. Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
- Tim Penyusun. UU Sisdiknas 2003. Jakarta: Kemendikbud, 2019.
References
Al Hakim, Muhammad Fadhil. Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19, Riwayat Paramita: Historical Studies Journal, 30(2), 2020: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 2021.
Al-Bukhari, Al-Imam Muhammad ibn Ismail. Shahih Bukhari. Al-Makhtab Al-Syamilah tt, Edisi II.
Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2009.
Buchari Alma, Guru Propesional, Bandung: Alfabeta, 2012.
Danim, Sudarwan. Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2010.
Masaong, Abd. Kadim. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru: Memberdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru, Bandung: Alfabeta, 2012.
Minnah El-Widdah, Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP), Jurnal At-Ta’lim, Vol. 4 Tahun 2013.
Mukhtar dan Iskandar. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Referensi. 2013.
Mulyasa, E. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Nurdin, Muhammad. Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.
Permadi, Dedi dan Daeng Arifin. Panduan Menjadi Guru Profesional. Bandung: Nuansa Aulia, 2013.
Saud, Udin Syaefuddin. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2011.
Surya, M. Psikologi Guru: Konsep dan Aplikasi dari Guru untuk Guru Bandung: Alfabeta, 2014.
Tim Penyusun. Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Tim Penyusun. UU Sisdiknas 2003. Jakarta: Kemendikbud, 2019.
