Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the extent to which the storytelling method is applied in children's language development in group B aged 5-6 years at Diniyyah Al-Azhar Kindergarten, Jambi City. This research is a descriptive qualitative research with an ethnographic approach. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The analysis technique used is data reduction, data presentation and conclusion. The research findings show that the application of the storytelling method in the development of children's language at the Diniyyah Al-Azhar Kindergarten, Jambi City has been well implemented. The results of achievement according to children's language development are measured from indicators of achievement of child development in the scope of children's language development aged 5-6 years. The development indicators include; children can understand language by repeating commands simultaneously, repeating more complex sentences, and understanding the rules of a game. On the other hand, children are also able to answer more complex questions, increase vocabulary, and compose sentences with complete structures.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode bercerita dalam perkembangan bahasa anak di kelompok B usia 5-6 tahun Taman Kanak-Kanak Diniyyah Al-Azhar Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita dalam pengembangan bahasa anak pada Taman Kanak-Kanak Diniyyah Al-Azhar Kota Jambi sudah terlaksana dengan baik. Hasil pencapaian sesuai perkembangan bahasa anak yaitu diukur dari indikator pencapaian perkembangan anak lingkup perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Indikator perkembangan itu antara lain; anak dapat memahami bahasa dengan mengulang perintah secara bersamaan, mengulang kalimat yang lebih kompleks, dan memahami aturan dalam suatu permainan. Di sisi lain anak-anak juga mampu menjawab pertanyaan yang lebih kompleks, perbendaharaan kata bertambah, serta menyusun kalimat dengan struktur lengkap.
Keywords
Article Details
References
- Alfatihaturrohmah, Dewi Mayangsari, Muhammad Busyro Karim, “Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di TK X Kamal,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 5, no. 2 (Oktober 2018): 102, https://journal.trunojoyo.ac.id.
- Fauziddin, Moh dan Mufarizuddin, “Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education’” Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (2018): 163, https://obsesi.or.id.
- Hartati, Sri, dkk, “Peran Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 8, no. 2 ( Oktober 2021): 74.
- Masitah, Widya dan Juli Hastuti. “ Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelompok B RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang”, Journal Anak Usia Dini 8. no. 2 (Desember 2016): 120. https://jurnal.umsu.ac.id.
- Sari, Arviani, “Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Ditinjau dari Aspek Sintaksis dan Pragmatik,” Jurnal Kualita Pendidikan 2, no. 2 (Agustus 2021): 102, https://journal.kualitama.com.
- Putri, Suci Utami, Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini (Bandung: UPI Sumedang Press, 2018), 8.
- Ridwan dan Indra Bangsawan, Seni Bercerita, Bermain & Bernyanyi (Jambi: Anugerah Pratama Press, 2021), 9-10. https://journal.trunojoyo.ac.id.
- Zubaedah, Siti, Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Berkisah.” Jurnal Annual Conference on Islamic Early Childhood Education 3, no.3 (November 2018): 37, http://ejournal.uin-suka.ac.id.
- Taufik, Giri Ahmad. ‘Freeport Dan Posisi Hukum RI’. Kompas, 20 March 2017.
- Widyantini, Rini, et.al. Bunga Rampai Pertanggungjawaban Hukum Diskresi Pasca Berlakunya Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan. Edited by Zainal Muttaqin. Bandung: Departemen Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, 2017.
References
Alfatihaturrohmah, Dewi Mayangsari, Muhammad Busyro Karim, “Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di TK X Kamal,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 5, no. 2 (Oktober 2018): 102, https://journal.trunojoyo.ac.id.
Fauziddin, Moh dan Mufarizuddin, “Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education’” Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (2018): 163, https://obsesi.or.id.
Hartati, Sri, dkk, “Peran Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 8, no. 2 ( Oktober 2021): 74.
Masitah, Widya dan Juli Hastuti. “ Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelompok B RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang”, Journal Anak Usia Dini 8. no. 2 (Desember 2016): 120. https://jurnal.umsu.ac.id.
Sari, Arviani, “Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Ditinjau dari Aspek Sintaksis dan Pragmatik,” Jurnal Kualita Pendidikan 2, no. 2 (Agustus 2021): 102, https://journal.kualitama.com.
Putri, Suci Utami, Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini (Bandung: UPI Sumedang Press, 2018), 8.
Ridwan dan Indra Bangsawan, Seni Bercerita, Bermain & Bernyanyi (Jambi: Anugerah Pratama Press, 2021), 9-10. https://journal.trunojoyo.ac.id.
Zubaedah, Siti, Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Berkisah.” Jurnal Annual Conference on Islamic Early Childhood Education 3, no.3 (November 2018): 37, http://ejournal.uin-suka.ac.id.
Taufik, Giri Ahmad. ‘Freeport Dan Posisi Hukum RI’. Kompas, 20 March 2017.
Widyantini, Rini, et.al. Bunga Rampai Pertanggungjawaban Hukum Diskresi Pasca Berlakunya Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan. Edited by Zainal Muttaqin. Bandung: Departemen Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, 2017.
