Main Article Content
Abstract
This study aims to find teacher pedagogic competence in innovation, Arabic learning innovation, and inhibiting factors for Arabic learning innovation. The type of research used is descriptive qualitative, while the method used is descriptive qualitative method. Sources of data used consist of informants, locations, events or activities, documents and archives. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The results showed that teachers know the characteristics of students, master learning theory, and are able to develop curricula. On the other hand, teachers have made innovations in Arabic learning in the form of giving rewards, using learning media, conducting ice breaking, evaluating students who are less active, choosing practical and pragmatic materials, getting used to speaking Arabic, making Arabic speech contests, and join the KKG (teacher working group). The inhibiting factor for innovation in learning Arabic at SMP Daarut Tauhid Boarding School is the students' low basic knowledge of Arabic.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kompetensi pedagogik guru dalam inovasi, inovasi pembelajaran Bahasa Arab, dan faktor penghambat Inovasi pembelajaran Bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari informan, lokasi, peristiwa atau aktivitas, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengenal karakteristik peserta didik, menguasai teori pembelajaran, dan mampu mengembangkan kurikulum. Di sisi lain guru telah melakukan inovasi pembelajaran Bahasa Arab dalam bentuk pemberian reward, pemanfaatan media pembelajaran, melakukan ice breaking, evaluasi terhadap siswa yang kurang aktif, pemilihan materi yang praktis dan pragmatis, pembiasaan dalam berbicara Bahasa Arab, membuat lomba pidato Bahasa Arab, serta ikutnya KKG (Kelompok kerja guru). Adapun faktor penghambat inovasi pembelajaran Bahasa Arab di SMP Boarding School Daarut Tauhid adalah rendahnya pengetahuan dasar Bahasa Arab siswa.
Keywords
Article Details
References
- A.Peters, Michael. A Companion to Research in Teacher Education. New Zealand : Springer, 2017.
- Afyunel, Heru. “ Pengembangan Karier untuk Peningkatan Profesional Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sarolangon,” Tesis, IAIN Sultan Thaha Saifuddin, Jambi, 2015.
- Akasahtia, Lukman Taufik. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Riau : DOTPLUS Publisher, 2021.
- Amrullah, A. Fikri. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : Pustaka Diniyah, 2018.
- Andrianto, Sopan. Leadership must be innovative. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo, 2019.
- Ansyar, Mohamad. Kurikulum : Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta : Kencana, 2015.
- Arcaro, Zerome.S. Pendidikan Berbasis Mutu; Prinsip-Prinsip dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
- Batmang. Potret Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Gontor VII Indonesia. Sleman : DEEPUBLISH, 2019.
- Berbeco, Steven. Case Method and the Arabic Teacher A Pratice Guide. Lanham : Lehigh University Press, 2019.
- Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Umum, 2012.
- Djunaidi, Ghony. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2012.
- Fagerberg, Jan. Innovation Studies. Oxford : Oxford University Press, 2013.
- Febriana, Rina. Kompetensi Guru. Jakata Timur: PT.Bumi Aksara, 2019.
- Fristiana, Irina. Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Parama Ilmu, 2016.
- Fulford, Heather. Case Studies in Innovation for Researchers Teacher and Student. United Kingdom : Academic Confrences and Publishing Internasional Limited, 2012.
- Gunawan, Imam. Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta, 2017.
- Hamdaini. Kiat Menjadi Guru atau Dosen Profesional Berprestasi. Banjarbaru : Penakita Publisher, 2017.
- Hariwijaya. Metodologi dan Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi. Yogyakarta : Parama Ilmu, 2015.
- Indrawan, Irjus. Menjadi guru PAUD DMIJ Plus terintegrasi yang professional. Bengkalis : DOTPLUS Publisher, 2017.
- Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : HUMANIRO, 2015.
- J. Lexi, Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda Karya, 2018.
- J.Craig, Cheryl. From Teacher Thingking to Teacher and Teaching : The Evolution of A Research Community. Houston : Emerald Gorup Publishing Limited, 2013.
- Janawi. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung : Alfabeta, 2012.
- Karwati, Euis. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah: Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta, 2013.
- Kholifah, Nur. Inovasi Pendidikan. Jakarta : Yayasan Kita Menulis, 2021.
- Kompri. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2015 . h
- Kurniawan, Yusep. Inovasi Pembelajaran Model dan Metode Pembelajaran Bagi Guru. Surakarta : CV Kekata Group, 2019.
- Maadad, Nina. The Education of Arabic Speaking Refugee Children And Young Adult. New York : Routledge, 2022.
- Machali, Imam. The Handbook of Education Management. Jakarta : Prenamedia Group, 2016.
- Mahon, Kathleen. Pedagogy, Education and Praxis in Critical Times. Boras : Springer, 2020.
- Masrokan, Prim. Manajemen Mutu Sekolah; Strategi Peningkatan Mutu Dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Jogjakarta; Ar-Ruzz Media, 2014.
- Mawati. Inovasi Pendidikan : Konsep, Proses dan Strategi. Jakarta : Yayasan Kita Menulis, 2020.
- McLaughlin, Colleen. Teachers Learning Professional Development and Education. Cambridge : Cambridge University Press, 2013.
- Megawangi, Ratna. Pendidikan Karakter. Depok : Indonesia Heritage Foundation, 2016 .
- Misbahuddin, Muh. “Profesionalisme Guru PAI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Kota Jambi.” Tesis,, IAIN Sultan Thaha Saifuddin, Jambi, 2015.
- Muayyanah, Haryono. “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Sangatta Utara.” Tesis., Pascasarjana STAI Sanggatta, Kalimantan Timur, 2016.
- Mudrikah, Saringatun. Inovasi Pembelajaran di Abad 21. Sukoharjo : Pradina Pustaka, 2022.
- Mukhtar. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi, 2013.
- Narbuko, Cholid. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Bumi Aksara, 2018 .
- Nursyamsi. Menciptakan pembelajaran Bahasa Arab yang menarik. Bandung : CV. Media Sains Indonesia, 2022.
- Prastowo, Andi. Metode Penelitian Kualitatif dalam persepektif rancangan penelitian. Jogjakarta ; Ar-Ruzz Media, 2014.
- Rahman, El Taufik. Tips Menjadi Guru Kreatif Inovatif. Banjarbaru : Penakita Publisher, 2016.
- Rahmat. Pilar Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Cipta Media Aksara, 2012.
- Rasyidin, Tgk. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.
- Rifma. Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta : Kencana, 2016.
- Ritonga, Mahyudin. Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sleman : Deepublish, 2020.
- Rohiat. Manajemen Sekolah. Bandung : PT.Rafika Aditama, 2012.
- Rohmah, Noer. Pengantar Manajemen Pendidikan. Malang : Madani, 2015
- Rukin. Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar : Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia, 2019.
- Rusdiana. Pengelolaan Pendidikan. Bandung; Pustaka Setia, 2015.
- Saefullah. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2012.
- Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
- Setiawan, Risky. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Nuha Media, 2017 .
- Siagian, Sondang. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta; PT Bumi Aksara, 2016.
- Smith, Richard. Case Studies in Education : Leadership and Innovation. Sydney : Primrose Hall Publishing Group, 2012.
- Sudaryono. metodologi penelitian, Kuantitatif, Kualitatid dan Mix Method. Depok: PT Grafindo Persada, 2018.
- Sumargo, Bagus. Teknik Sampling. Jakarta Timur : UNJ Prees, 2020.
- Supriyadi. Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta : Dua Satria Offset, 2014.
- Sutiah. Perubahan budaya belajar dan inovasi pembelajaran PAI. Sidoarjo : Nizamia Learning Center, 2018.
- Tokan, IIe Ratu. Manajemen Penelitian Guru. Jakarta : Grasindo, 2016.
- Wekke, Suardi Ismail. Model Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : Deepublish, 2014.
- Yamin, Martin. Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta : Gaung Persada, 2012.
- Zain, Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2014.
References
A.Peters, Michael. A Companion to Research in Teacher Education. New Zealand : Springer, 2017.
Afyunel, Heru. “ Pengembangan Karier untuk Peningkatan Profesional Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sarolangon,” Tesis, IAIN Sultan Thaha Saifuddin, Jambi, 2015.
Akasahtia, Lukman Taufik. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Riau : DOTPLUS Publisher, 2021.
Amrullah, A. Fikri. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : Pustaka Diniyah, 2018.
Andrianto, Sopan. Leadership must be innovative. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo, 2019.
Ansyar, Mohamad. Kurikulum : Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta : Kencana, 2015.
Arcaro, Zerome.S. Pendidikan Berbasis Mutu; Prinsip-Prinsip dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Batmang. Potret Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Gontor VII Indonesia. Sleman : DEEPUBLISH, 2019.
Berbeco, Steven. Case Method and the Arabic Teacher A Pratice Guide. Lanham : Lehigh University Press, 2019.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Umum, 2012.
Djunaidi, Ghony. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2012.
Fagerberg, Jan. Innovation Studies. Oxford : Oxford University Press, 2013.
Febriana, Rina. Kompetensi Guru. Jakata Timur: PT.Bumi Aksara, 2019.
Fristiana, Irina. Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Parama Ilmu, 2016.
Fulford, Heather. Case Studies in Innovation for Researchers Teacher and Student. United Kingdom : Academic Confrences and Publishing Internasional Limited, 2012.
Gunawan, Imam. Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta, 2017.
Hamdaini. Kiat Menjadi Guru atau Dosen Profesional Berprestasi. Banjarbaru : Penakita Publisher, 2017.
Hariwijaya. Metodologi dan Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi. Yogyakarta : Parama Ilmu, 2015.
Indrawan, Irjus. Menjadi guru PAUD DMIJ Plus terintegrasi yang professional. Bengkalis : DOTPLUS Publisher, 2017.
Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : HUMANIRO, 2015.
J. Lexi, Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda Karya, 2018.
J.Craig, Cheryl. From Teacher Thingking to Teacher and Teaching : The Evolution of A Research Community. Houston : Emerald Gorup Publishing Limited, 2013.
Janawi. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung : Alfabeta, 2012.
Karwati, Euis. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah: Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta, 2013.
Kholifah, Nur. Inovasi Pendidikan. Jakarta : Yayasan Kita Menulis, 2021.
Kompri. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2015 . h
Kurniawan, Yusep. Inovasi Pembelajaran Model dan Metode Pembelajaran Bagi Guru. Surakarta : CV Kekata Group, 2019.
Maadad, Nina. The Education of Arabic Speaking Refugee Children And Young Adult. New York : Routledge, 2022.
Machali, Imam. The Handbook of Education Management. Jakarta : Prenamedia Group, 2016.
Mahon, Kathleen. Pedagogy, Education and Praxis in Critical Times. Boras : Springer, 2020.
Masrokan, Prim. Manajemen Mutu Sekolah; Strategi Peningkatan Mutu Dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Jogjakarta; Ar-Ruzz Media, 2014.
Mawati. Inovasi Pendidikan : Konsep, Proses dan Strategi. Jakarta : Yayasan Kita Menulis, 2020.
McLaughlin, Colleen. Teachers Learning Professional Development and Education. Cambridge : Cambridge University Press, 2013.
Megawangi, Ratna. Pendidikan Karakter. Depok : Indonesia Heritage Foundation, 2016 .
Misbahuddin, Muh. “Profesionalisme Guru PAI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Kota Jambi.” Tesis,, IAIN Sultan Thaha Saifuddin, Jambi, 2015.
Muayyanah, Haryono. “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Sangatta Utara.” Tesis., Pascasarjana STAI Sanggatta, Kalimantan Timur, 2016.
Mudrikah, Saringatun. Inovasi Pembelajaran di Abad 21. Sukoharjo : Pradina Pustaka, 2022.
Mukhtar. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi, 2013.
Narbuko, Cholid. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Bumi Aksara, 2018 .
Nursyamsi. Menciptakan pembelajaran Bahasa Arab yang menarik. Bandung : CV. Media Sains Indonesia, 2022.
Prastowo, Andi. Metode Penelitian Kualitatif dalam persepektif rancangan penelitian. Jogjakarta ; Ar-Ruzz Media, 2014.
Rahman, El Taufik. Tips Menjadi Guru Kreatif Inovatif. Banjarbaru : Penakita Publisher, 2016.
Rahmat. Pilar Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Cipta Media Aksara, 2012.
Rasyidin, Tgk. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.
Rifma. Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta : Kencana, 2016.
Ritonga, Mahyudin. Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sleman : Deepublish, 2020.
Rohiat. Manajemen Sekolah. Bandung : PT.Rafika Aditama, 2012.
Rohmah, Noer. Pengantar Manajemen Pendidikan. Malang : Madani, 2015
Rukin. Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar : Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia, 2019.
Rusdiana. Pengelolaan Pendidikan. Bandung; Pustaka Setia, 2015.
Saefullah. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2012.
Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Setiawan, Risky. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Nuha Media, 2017 .
Siagian, Sondang. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta; PT Bumi Aksara, 2016.
Smith, Richard. Case Studies in Education : Leadership and Innovation. Sydney : Primrose Hall Publishing Group, 2012.
Sudaryono. metodologi penelitian, Kuantitatif, Kualitatid dan Mix Method. Depok: PT Grafindo Persada, 2018.
Sumargo, Bagus. Teknik Sampling. Jakarta Timur : UNJ Prees, 2020.
Supriyadi. Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta : Dua Satria Offset, 2014.
Sutiah. Perubahan budaya belajar dan inovasi pembelajaran PAI. Sidoarjo : Nizamia Learning Center, 2018.
Tokan, IIe Ratu. Manajemen Penelitian Guru. Jakarta : Grasindo, 2016.
Wekke, Suardi Ismail. Model Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : Deepublish, 2014.
Yamin, Martin. Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta : Gaung Persada, 2012.
Zain, Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2014.