Main Article Content

Abstract

This research examines how the process of instilling the values of Islamic education in SMP Negeri 4 Jambi City. the aim is to describe and analyze the general picture of the religious character of students and the process of instilling the values of Islamic education in SMP Negeri 4 Jambi City. The method used in this research is descriptive qualitative method, and the type of research used is field research. The subjects of this study were PAI teachers and students at SMP Negeri 4 Jambi City, while the object of the research was the inculcation of Islamic educational values in improving the religious character of students at SMP Negeri 4 Jambi City. The results of this study indicate that PAI teachers have carried out the process of instilling the values of Islamic education using (1) innovative teaching methods by making self-study modules and PAI pocket books for students, (2) modeling greetings, shaking hands, tolerant and guiding students in each activity, (3) habituation by making the Dzhuhur prayer program in congregation, monthly yasinan, tahfidz juz 'amma, as well as accustoming students to mutual tolerance between religions (4) motivation and enforcement of rules such as giving advice and reprimands for actions committed student.


Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam di SMP Negeri 4  Kota Jambi. tujuannya adalah mendeskripsikan dan menganalisa gambaran umum karakter religius siswa dan proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam di SMP Negeri 4  Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field recearch). Subjek dari penelitian ini adalah guru PAI dan siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi, sedangkan objek penelitiannya adalah penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam peningkatan karakter religius siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI telah melakukan proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dengan metode (1) pengajaran yang inovatif dengan membuat modul belajar sendiri serta buku saku PAI untuk siswa, (2) peneladanan untuk mengucapkan salam, berjabat tangan, bertoleransi serta membimbing siswa dalam setiap kegiatan, (3) pembiasaan dengan membuat program sholat dzhuhur berjama’ah, yasinan bulanan, tahfidz juz ‘amma, serta membiasakan siswa untuk saling toleransi antar agama (4) motivasi dan penegakkan aturan seperti memberi nasihat dan teguran atas perbuatan yang dilakukan siswa.

Keywords

Nilai, Moral Karakter Religius Guru Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Article Details

References

  1. Anonim. Al Qur’an dan Terjemahannya (Revisi Terbaru) Depatemen Agama RI. Semarang: CV. Asy Syifa
  2. Ansori, Raden Ahmad Muhajir. (2016). STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PESERTA DIDIK, Jurnal Pusaka LP3 IAI Al Qolam
  3. Azhariansyah. Jurnal Pendidikan Akhlak bagi Anak dan Pendekatannya
  4. Badarussyamsi, ermawati, Abdul Latief. (2021) Cultivation of Ethical Tolerance as a Moderate Islamic Education Paradigm at Islamic Boarding Schools in Indonesia
  5. ------, Ermawati. (2022) The Contributions of Asian Muslims’ Local Wisdom in the Seloko Adat Jambi for Empowering Social Tolerance, INSANIYAT Journal of Islam and Humanities, Vol. 7(1), November 2022, 57–70.
  6. Darajat, Zakiyah. (1992). Dasar-Dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang
  7. David Wijaya.(2017). Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Mitra Wacana Media
  8. Iqbal, Abu Muhammad. (2013) Konsep Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Cet. 1; Jaya Star Nine.
  9. Kurnia, Lita and Ahmad Edwar. (2021) “Pengaruh Negatif Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Remaja (Perspektif Pendidikan Islam),” Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 20, no. 2 (2021): 291–308, https://doi.org/10.15408/kordinat.v20i2.22183.
  10. Lestari, Sudarsri. (2018) “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi,” Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2: 94–100, https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.
  11. Lutfiyah, Rifa, Ashif Az Zafi. (2021). Penanaman Nilai Karakter Religius dalam Perpektif Pendidikan Islam di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus, Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 5 No. 02.
  12. Moh. Ahsanulhaq. (2019) “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan”. Jurnal Prakarsa Paedagogia Vol. 2 No. 1.
  13. Moleong, J.L. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
  14. Maghfira, Helga. (2022). Inovasi Pembelajaran Sebagai Peningkatan Kualitas Peserta Didik, KEMENAG Kulonprogo, di akses pada 13 September melalui https://kulonprogo.kemenag.go.id/index.php/2022/09/inovasi-pembelajaran-sebagai-peningkatan-kualitas-peserta-didik/
  15. Nata, Abuddin. (2009). Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo
  16. Nashihin. (2015). Internalisasi nilai – nilai agama islam dalam pembinaan akhlak mulia. Dalam Jurnal Ummul Qura Vol.1.
  17. Rosadi, Kemas Imron. (2016). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Padang: SUKABINA Press
  18. Sisdiknas. (2010). Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Bandung: Fokus Media
  19. Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif . Yogjakarta: Hikayat
  20. Tafsir, Ahmad. (2012). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: ROSDA
  21. Umar, Bukhari. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: AMZAH
  22. Widianti. (2019). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik SMP Muhammadiyah 3 Metro. Lampung from http://repository.radenintan.ac.id/5977/1/TESIS%20WIDIANTI%20NPM.%201786108026%20PAI.pdf
  23. Yaumi, Muhammad. (2016). Pendidikan Karakter, Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta : Kencana