Main Article Content
Abstract
This study aims to describe the strategy of Islamic religious education teachers in fostering student morals during limited face-to-face learning. supporting and inhibiting factors in fostering student morals during limited face-to-face learning. The research method used is a qualitative approach. The results of the study show that the teacher's strategy in fostering student morals is very important to provide an overview, direction, goals, in controlling effective learning objectives. Teacher strategies that are often used include; blended learning, expository strategies, and teacher affective strategies that focus on fostering student attitudes such as habituation, exemplary, motivation, advice and gifts. The factors that support the teacher's strategy include; online activities such as webinars, online workshops and online training, blended learning strategies that make it easier for teachers to provide video material, pictures, quizzes and teaching materials, expository strategies that help teachers convey material in a limited time, and affective strategies can shape student morals by mature through understanding knowledge and habituation. While the inhibiting factors for the teacher's strategy include; decreased levels of teacher and student interaction, decreased student enthusiasm, and limited teacher ability in implementing the chosen strategy.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa pada masa pembelajaran tatap muka terbatas. faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak siswa pada masa pembelajaran tatap muka terbatas. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualilatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam membina akhlak siswa sangat penting untuk memberikan gambaran, arahan, tujuan, dalam mengontrol tujuan pembelajaran yang efektif. Strategi guru yang kerap digunakan antara lain; blended learning, strategi ekspositeri, dan strategi afektif guru yang berfokus pada membina sikap siswa seperti pembiasaan, keteladanan, motivasi, nasihat dan hadiah. Faktor-faktor yang mendukung strategi guru tersebut antara lain; kegiatan online seperti webinar, workshop online dan pelatihan online, strategi blended learning yang memudahkan guru dalam memberi materi vidio, gambar, quiz dan bahan ajar, strategi ekspositori yang membantu guru dalam menyampaikan materi dalam waktu yang terbatas, dan strategi afektif dapat membentuk akhlak siswa dengan matang melalui pemahaman ilmu dan pembiasaan. Sedangkan faktor penghambat strategi guru tersebut antara lain; menurunnya kadar interaksi guru dan siswa, semangat siswa yang menurun, dan keterbatasan kemampuan guru dalam melaksanakan strategi yang dipilih
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright @2022. All article in Journal of Educational Research (JER) are open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY-NC 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/ ) which permits to: Share (copy and redistribute the material in any medium or format; Adapt (remix, transform, and build upon the material for any purpose but non commercial purpose).
References
- Aisyah Siti, “Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta Didik,” Jurnal Konsepsi 8, no.2 (Agustus 2019),.https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/download/18/80/180
- Ardianti, dkk, “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar,” Education jurnal, 1, no.12, (Maret 2021), 1.http://repository.umpalembang.ac.id/ id/eprint/18639/1/342017012_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
- Azhar Khoirul, “Studi Analisis Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan
- Potensi Nilai Moral Peserta Didik Di Mi Kabupaten Demak‟, Jurnal Al-Ta‟dib 10 No. 2, Juli-Desember 2017. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/625/575
- El-Widdah Minah, Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Madrasah Jambi: Salim Media Indonesia, 2018.
- Hadisi La, Muna Wa, “Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran” Jurnal Al-Ta’dib 8, no. 1 Januari-Juni 2015. https://media.neliti.com/media/publications/235740-pengelolaan-teknologi-informasi-dalam-me-6a8ef01a.pdf
- Husna Mujlauwidzatul, Sugito, “Eksplorasi Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Jenjang PAUD di Masa Kebiasaan Baru,” Jurnal Obsesi 6, no.3 (2022). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1814.
- Istiningsih Siti, “Blended Learning (Trend Strategi Pmebelajaran Masa Depan),” Jurnal Elemen 1, no. 1 Januari 2015. https://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/download/79/69
- Jailani M Syahran, “Guru Profesional dan Tantangan Dunia Pendidikan,” Jurnal Al-Ta’lim 21, no. 1 (Februari 2014) https://journal.tarbiyahiainib.ac.id/ index.php/attalim/article/ view/66.
- Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010
- Khotimatul Mardiyah, dkk, “Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar,” JPMI 3, no. 1, (2021) http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/viewFile/11618/8965.
- Mamonto Samuel, “Startegi Guru pada Pandemic Covid-19,” G-Literasi 1, no.1 (2020), https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_ citation&hl=id&user=KehFh6IAAAAJ&citation_for_view=KehFh6IAAAAJ:UeHWp8X0CEIC
- Mukhtar, Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif, Jakarta : Referensi, 2013.
- Priadi, Agus, Dahlia Sarkawi, dan Anggi Oktaviani, “Strategi Penguasaan Pembelajaran di Kelas VIII Siswa SMP Islam Al Muhajirin Bekasi” Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer 3, no. 2, (Februari 2018), https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/362.
- Rusman, dkk, “Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi” Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
- Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Cet. 4. Jakarta: Kencana, 2006
- Shivam Ruchi, Sungh Sunita, “Implementation of Blended Learning In Classroom: A Review Paper,” Internasional Journal of Scientific and Research Publication 20 , no. 1, November 2015. https://www.researchgate.net/publication/352440341_Implementation_of_Blended_Learning_in_Classroom_A_review_paper
- Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta, 2009.
- Thalia, Alfia, dkk, “Metode Shifting pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di TK B Permata Hati Jajar,” Jurnal Golden Age 6, no. 1 Juni 2022. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/5074/2602
- Yaumi Muhammad, “Media dan Teknologi Pembelajaran,” Jakarta: Prenamedia Group,2018.
References
Aisyah Siti, “Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta Didik,” Jurnal Konsepsi 8, no.2 (Agustus 2019),.https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/download/18/80/180
Ardianti, dkk, “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar,” Education jurnal, 1, no.12, (Maret 2021), 1.http://repository.umpalembang.ac.id/ id/eprint/18639/1/342017012_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
Azhar Khoirul, “Studi Analisis Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan
Potensi Nilai Moral Peserta Didik Di Mi Kabupaten Demak‟, Jurnal Al-Ta‟dib 10 No. 2, Juli-Desember 2017. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/625/575
El-Widdah Minah, Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Madrasah Jambi: Salim Media Indonesia, 2018.
Hadisi La, Muna Wa, “Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran” Jurnal Al-Ta’dib 8, no. 1 Januari-Juni 2015. https://media.neliti.com/media/publications/235740-pengelolaan-teknologi-informasi-dalam-me-6a8ef01a.pdf
Husna Mujlauwidzatul, Sugito, “Eksplorasi Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Jenjang PAUD di Masa Kebiasaan Baru,” Jurnal Obsesi 6, no.3 (2022). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1814.
Istiningsih Siti, “Blended Learning (Trend Strategi Pmebelajaran Masa Depan),” Jurnal Elemen 1, no. 1 Januari 2015. https://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/download/79/69
Jailani M Syahran, “Guru Profesional dan Tantangan Dunia Pendidikan,” Jurnal Al-Ta’lim 21, no. 1 (Februari 2014) https://journal.tarbiyahiainib.ac.id/ index.php/attalim/article/ view/66.
Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010
Khotimatul Mardiyah, dkk, “Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar,” JPMI 3, no. 1, (2021) http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/viewFile/11618/8965.
Mamonto Samuel, “Startegi Guru pada Pandemic Covid-19,” G-Literasi 1, no.1 (2020), https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_ citation&hl=id&user=KehFh6IAAAAJ&citation_for_view=KehFh6IAAAAJ:UeHWp8X0CEIC
Mukhtar, Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif, Jakarta : Referensi, 2013.
Priadi, Agus, Dahlia Sarkawi, dan Anggi Oktaviani, “Strategi Penguasaan Pembelajaran di Kelas VIII Siswa SMP Islam Al Muhajirin Bekasi” Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer 3, no. 2, (Februari 2018), https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/362.
Rusman, dkk, “Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi” Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Cet. 4. Jakarta: Kencana, 2006
Shivam Ruchi, Sungh Sunita, “Implementation of Blended Learning In Classroom: A Review Paper,” Internasional Journal of Scientific and Research Publication 20 , no. 1, November 2015. https://www.researchgate.net/publication/352440341_Implementation_of_Blended_Learning_in_Classroom_A_review_paper
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta, 2009.
Thalia, Alfia, dkk, “Metode Shifting pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di TK B Permata Hati Jajar,” Jurnal Golden Age 6, no. 1 Juni 2022. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/5074/2602
Yaumi Muhammad, “Media dan Teknologi Pembelajaran,” Jakarta: Prenamedia Group,2018.