Main Article Content

Abstract

This article reveals the influence of principal leadership on teacher performance at State Senior High School 26, Batam City District. This article comes from quantitative research by using 57 teachers as its population. Sampling using a simple random sampling method. The data collection method uses a questionnaire with a Likert scale with data analysis using the SPSS application. The results of the study indicate that there is a positive and significant influence between the leadership of the madrasah principal on teacher performance. Furthermore, there is a positive and significant influence between motivation on teacher performance. In the end, there is a positive and significant influence between the leadership of the madrasah principal and motivation together on teacher performance.


Artikel ini mengungkap pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 26 Kecamatan Batam Kota. Artikel ini berasal dari penelitian kuantitatif dengan menjadikan guru yang berjumlah 57 sebagai populasinya. Penarikan sampel memakai metode acak sederhana (simple random sampling). Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dengan analisis data menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukka bahwa bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru. Selanjutnya, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi terhadap kinerja guru. Pada akhirnya,  terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru.

Keywords

Leadership, Motivation Principal Leadership Teacher performance The Role of The Principal

Article Details

How to Cite
Prayitno, A. (2025). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Educational Research, 3(1), 425–440. https://doi.org/10.56436/jer.v3i1.339

References

  1. Aan dan Triana. Visionery Leaddership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
  2. Edward, Salis. Manajemen Kualitas Total dalam Pendidikan. 2013.
  3. Gomez-Mejia, L.R., D.B. Balkin, dan R.L. Cardy. Managing Human Resources. International Edition. Prentice Hall International, Inc., 2013.
  4. Mathis, Robert. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid 1. Jakarta: Salemba, 2012. Diterjemahkan oleh Jimmy Saledi dan Bayu.
  5. Mulyasa. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2013.
  6. Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2016.
  7. Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007.
  8. Permendiknas Nomor 20 Tahun 2003.
  9. Prabu, Anwar. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama, 2015.
  10. Rivai, Veithzal. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
  11. Siahaan, Amiruddin, dkk. Kepemimpinan Pendidikan (Aplikasi Kepemimpinan Efektif, Strategis, dan Berkelanjutan). Medan: CV. Widya Puspita.
  12. Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.
  13. Wahyosumijdo. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teori dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.
  14. Yusnidar. "Kepemimpinan Kepala Sekolah Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru MAN Model Aceh." Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA No. 2 (Februari 2014): 324-25. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/.
  15. Zainudin. "Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di SD, SMP, dan SMK se Kabupaten Fakfak." Jurnal Lisan Al-Hal 11, No. 2 (2017): 256. https://journal.ibrahimy.ac.id/.