Main Article Content

Abstract

This article discusses the personality competency of Islamic religious education teachers in the formation of student character, and the supporting and inhibiting factors as well as how Islamic religious education teachers' efforts in the formation of student discipline character at SMP Negeri Ahmad Dahlan, Jambi City. This article comes from qualitative research with data collection through observation, interviews, and documentation as well as data analysis which includes data collection, data reduction, data presentation, and data verification. The results of the study indicate that there are indicators of personality competency possessed by teachers, including; acting in accordance with religious, legal, social and cultural norms, having noble morals, a stable personality, being mature and wise. Other indicators include; being authoritative, showing work ethic, and upholding the teacher's code of ethics.


Artikel ini membahas tentang kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa, dan faktor pendukung dan penghambat sekaligus bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMP Negeri Ahmad Dahlan Kota Jambi. Artikel ini berasal dari penelitian kualitatif dengan pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya indikator tentang kompetensi kepribadian yang dimiliki guru antara lain; bertindak sesuai norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan, berakhlak mulia, kepribadian yang stabil, dewasa dan arif. Indikator lainnya antara lain; beribawa, menunjukkan etos kerja, dan menjunjung tinggi kode etik guru.

Keywords

Personality competency Teacher Religious Norms Moral Student character

Article Details

How to Cite
Tanamal, D. T., Fadhil, M., & Yunus, A. . (2024). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal of Educational Research, 3(1), 393–406. https://doi.org/10.56436/jer.v3i1.321

References

  1. Abdul Karim Bakar, A Musykilat Wa Iiaju Liahammi „Asyri Muskilat,Riyadh: Dar Wujuh,2011
  2. Agus Wibowo dan Hamrin, Menadi Guru Berkarakter, Jogjakarta:PustakaPelajar 2012
  3. Agus Wibowo, Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta, Pustaka Pelajar: 2012
  4. Akmal Hawi, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013
  5. Alex Sobur, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2012
  6. Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011
  7. Burlian Somad, Beberapa Persoalan Dalam Pendidikan Islam, Bandung: PT Al-Ma‟arif, 2011
  8. Departemen Agama, Al-Qur‟an dan Terjemah. Jakarta: Dwi Sukses Mandiri, 2012
  9. Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, Cet Kelima, Edisi IV, Januari 2013
  10. Diknas RI, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2006
  11. Donni Juni Priansa, Kinerja dan Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta, 2014
  12. E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta:Bumi Aksara 2012
  13. E. Mulyasa, Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
  14. Faqih Syarif, Menjadi Dai Yang Dicintai, Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama, 2011
  15. Fatchul Mu‟in, Pendidikan Karakter, Konstruksi Teoretik Dan Praktik, Jogjakarta:Ar-Ruzz Media, 2016
  16. Hadari Nawawi, Organisasi Sekolah Dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan, Jakarta: Haji Masagung, 2010
  17. Hamzah B Uno, Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
  18. Imam Suyitno “Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lancer” Nomor 1 Februari 2012
  19. K. Kartono, Pengantar Metode Riset Sosial, Bandung: Mandar Maju, 1990
  20. Lexy J. Maleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017
  21. Lias Hasibuan, Dkk, Model Pengelolaan Kinerja Guru, Tunas Gemilang Press, 2020
  22. Lynn Wilcox, Psikologi Kepribadian Analisis Seluk Beluk Kepribadian Manusia, Jogjakarta:Ircisod, 2013
  23. Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2011
  24. Mahmud, Psikologi Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2010
  25. Margono, S, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Reneka Cipta, 2013
  26. Marliany, Rosley. Psikologi Umum, Bandung: CV Pustaka Setia, 2010
  27. Martinis Yamin Dan Maisah, Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada Perss, 2010
  28. Martinis Yamin dan Maisyah, Orientasi Baru Ilmu pendidikan, Jakarta:Referensi, 2012
  29. Martinis Yamin, Profesionalisasi Guru Dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009
  30. Masnur Alam, Filsafat Pendidikan Islam, Peranan Kompetensi Pendidik Dalam Proses Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2014
  31. Mu’arif, Wacana Pendidikan Kritis Problematika Meretus Masa Depan Pendidikan Kita, Jogjakarta:Ircisod, 2009
  32. Muchlas Samani Dan Hariyanto, Konsep Dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
  33. Muhaimin, Pemikiran Dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2012
  34. Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2010
  35. Mukhtar, Bimbingan Skripsi, Tesis,dan Artikel Ilmiah, Jambi: Sulthan Thaha Pres, 2017
  36. Mulyasa, Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru, Bandung: Pt.Remaja Rosdakarya, 2008
  37. Nana Syaodih Sukmadinata, Metode penelitian pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010
  38. Peraturan Pemerintah R.I. Nomor 19 Tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan, Pasal 6, Ayat (1)
  39. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka, 2016
  40. Qodri A Azizy, Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika Sosial, Semarang: CV.Aneka Ilmu, 2010
  41. Ramayulis, Profesi Dan Etika Keguruan, Jakarta: Kalam Mulia, 2013
  42. Rif’at Syauqi Nawawi, Kepribadian Qur‟ani, Jakarta: Sinar Grafika Offset. Sedarmayanti, Metode Penelitian, Bandung: Mandar Maju, 2011
  43. Sudarmawan Denim, Profesionalisasi Dan Etika Profesi Guru, Jakarta:Alfabeta, 2013
  44. Sugiono, Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018
  45. Suharismi Arikunto, Prosedur Penelitian; Suatu pendekatan Praktik, Jakarta: Rieneka Cipta, 2010
  46. Suparman S. Gaya Mengajar Yang Menyenangkan Siswa, Yogyakarta: Pinus Book Publisher, 2012
  47. Syaiful Sagala, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2008
  48. Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010
  49. Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidik, Bandung: Alfabeta, 2013
  50. Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfabeta, 2008
  51. Syamsul Kurniawan, Pendidikan Karakter, Yogyakarta:Ar-Ruzz Media, 2016
  52. Trianto Dan Titik Triwulan, Sertifikasi Guru Dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi & Kesejahteraan Jakarta: Prestasi Pustakapublisher, 2007
  53. Ulil Amri Syafri, Pendidikan Karakter Berbasis Alquran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014
  54. Undang-undang R.I. Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 37, Ayat (1)
  55. Undang-Undang RI. No 14 Tahun 2010, Guru Dan Dosen Pasal 1 Ayat (1) Wina
  56. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2010
  57. Zakiah Drajat, Dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
  58. Zakiyah Dradjat, Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang, 2005.
  59. Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011