Main Article Content
Abstract
This article discusses the personality competency of Islamic religious education teachers in the formation of student character, and the supporting and inhibiting factors as well as how Islamic religious education teachers' efforts in the formation of student discipline character at SMP Negeri Ahmad Dahlan, Jambi City. This article comes from qualitative research with data collection through observation, interviews, and documentation as well as data analysis which includes data collection, data reduction, data presentation, and data verification. The results of the study indicate that there are indicators of personality competency possessed by teachers, including; acting in accordance with religious, legal, social and cultural norms, having noble morals, a stable personality, being mature and wise. Other indicators include; being authoritative, showing work ethic, and upholding the teacher's code of ethics.
Artikel ini membahas tentang kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa, dan faktor pendukung dan penghambat sekaligus bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMP Negeri Ahmad Dahlan Kota Jambi. Artikel ini berasal dari penelitian kualitatif dengan pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya indikator tentang kompetensi kepribadian yang dimiliki guru antara lain; bertindak sesuai norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan, berakhlak mulia, kepribadian yang stabil, dewasa dan arif. Indikator lainnya antara lain; beribawa, menunjukkan etos kerja, dan menjunjung tinggi kode etik guru.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright @2022. All article in Journal of Educational Research (JER) are open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY-NC 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/ ) which permits to: Share (copy and redistribute the material in any medium or format; Adapt (remix, transform, and build upon the material for any purpose but non commercial purpose).
References
- Abdul Karim Bakar, A Musykilat Wa Iiaju Liahammi „Asyri Muskilat,Riyadh: Dar Wujuh,2011
- Agus Wibowo dan Hamrin, Menadi Guru Berkarakter, Jogjakarta:PustakaPelajar 2012
- Agus Wibowo, Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta, Pustaka Pelajar: 2012
- Akmal Hawi, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013
- Alex Sobur, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2012
- Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011
- Burlian Somad, Beberapa Persoalan Dalam Pendidikan Islam, Bandung: PT Al-Ma‟arif, 2011
- Departemen Agama, Al-Qur‟an dan Terjemah. Jakarta: Dwi Sukses Mandiri, 2012
- Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, Cet Kelima, Edisi IV, Januari 2013
- Diknas RI, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2006
- Donni Juni Priansa, Kinerja dan Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta, 2014
- E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta:Bumi Aksara 2012
- E. Mulyasa, Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
- Faqih Syarif, Menjadi Dai Yang Dicintai, Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama, 2011
- Fatchul Mu‟in, Pendidikan Karakter, Konstruksi Teoretik Dan Praktik, Jogjakarta:Ar-Ruzz Media, 2016
- Hadari Nawawi, Organisasi Sekolah Dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan, Jakarta: Haji Masagung, 2010
- Hamzah B Uno, Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
- Imam Suyitno “Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lancer” Nomor 1 Februari 2012
- K. Kartono, Pengantar Metode Riset Sosial, Bandung: Mandar Maju, 1990
- Lexy J. Maleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017
- Lias Hasibuan, Dkk, Model Pengelolaan Kinerja Guru, Tunas Gemilang Press, 2020
- Lynn Wilcox, Psikologi Kepribadian Analisis Seluk Beluk Kepribadian Manusia, Jogjakarta:Ircisod, 2013
- Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2011
- Mahmud, Psikologi Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2010
- Margono, S, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Reneka Cipta, 2013
- Marliany, Rosley. Psikologi Umum, Bandung: CV Pustaka Setia, 2010
- Martinis Yamin Dan Maisah, Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada Perss, 2010
- Martinis Yamin dan Maisyah, Orientasi Baru Ilmu pendidikan, Jakarta:Referensi, 2012
- Martinis Yamin, Profesionalisasi Guru Dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009
- Masnur Alam, Filsafat Pendidikan Islam, Peranan Kompetensi Pendidik Dalam Proses Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2014
- Mu’arif, Wacana Pendidikan Kritis Problematika Meretus Masa Depan Pendidikan Kita, Jogjakarta:Ircisod, 2009
- Muchlas Samani Dan Hariyanto, Konsep Dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
- Muhaimin, Pemikiran Dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2012
- Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2010
- Mukhtar, Bimbingan Skripsi, Tesis,dan Artikel Ilmiah, Jambi: Sulthan Thaha Pres, 2017
- Mulyasa, Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru, Bandung: Pt.Remaja Rosdakarya, 2008
- Nana Syaodih Sukmadinata, Metode penelitian pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010
- Peraturan Pemerintah R.I. Nomor 19 Tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan, Pasal 6, Ayat (1)
- Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka, 2016
- Qodri A Azizy, Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika Sosial, Semarang: CV.Aneka Ilmu, 2010
- Ramayulis, Profesi Dan Etika Keguruan, Jakarta: Kalam Mulia, 2013
- Rif’at Syauqi Nawawi, Kepribadian Qur‟ani, Jakarta: Sinar Grafika Offset. Sedarmayanti, Metode Penelitian, Bandung: Mandar Maju, 2011
- Sudarmawan Denim, Profesionalisasi Dan Etika Profesi Guru, Jakarta:Alfabeta, 2013
- Sugiono, Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018
- Suharismi Arikunto, Prosedur Penelitian; Suatu pendekatan Praktik, Jakarta: Rieneka Cipta, 2010
- Suparman S. Gaya Mengajar Yang Menyenangkan Siswa, Yogyakarta: Pinus Book Publisher, 2012
- Syaiful Sagala, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2008
- Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010
- Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidik, Bandung: Alfabeta, 2013
- Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfabeta, 2008
- Syamsul Kurniawan, Pendidikan Karakter, Yogyakarta:Ar-Ruzz Media, 2016
- Trianto Dan Titik Triwulan, Sertifikasi Guru Dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi & Kesejahteraan Jakarta: Prestasi Pustakapublisher, 2007
- Ulil Amri Syafri, Pendidikan Karakter Berbasis Alquran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014
- Undang-undang R.I. Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 37, Ayat (1)
- Undang-Undang RI. No 14 Tahun 2010, Guru Dan Dosen Pasal 1 Ayat (1) Wina
- Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2010
- Zakiah Drajat, Dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
- Zakiyah Dradjat, Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang, 2005.
- Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011
References
Abdul Karim Bakar, A Musykilat Wa Iiaju Liahammi „Asyri Muskilat,Riyadh: Dar Wujuh,2011
Agus Wibowo dan Hamrin, Menadi Guru Berkarakter, Jogjakarta:PustakaPelajar 2012
Agus Wibowo, Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta, Pustaka Pelajar: 2012
Akmal Hawi, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013
Alex Sobur, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2012
Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011
Burlian Somad, Beberapa Persoalan Dalam Pendidikan Islam, Bandung: PT Al-Ma‟arif, 2011
Departemen Agama, Al-Qur‟an dan Terjemah. Jakarta: Dwi Sukses Mandiri, 2012
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, Cet Kelima, Edisi IV, Januari 2013
Diknas RI, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2006
Donni Juni Priansa, Kinerja dan Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta, 2014
E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta:Bumi Aksara 2012
E. Mulyasa, Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
Faqih Syarif, Menjadi Dai Yang Dicintai, Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama, 2011
Fatchul Mu‟in, Pendidikan Karakter, Konstruksi Teoretik Dan Praktik, Jogjakarta:Ar-Ruzz Media, 2016
Hadari Nawawi, Organisasi Sekolah Dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan, Jakarta: Haji Masagung, 2010
Hamzah B Uno, Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Imam Suyitno “Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lancer” Nomor 1 Februari 2012
K. Kartono, Pengantar Metode Riset Sosial, Bandung: Mandar Maju, 1990
Lexy J. Maleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017
Lias Hasibuan, Dkk, Model Pengelolaan Kinerja Guru, Tunas Gemilang Press, 2020
Lynn Wilcox, Psikologi Kepribadian Analisis Seluk Beluk Kepribadian Manusia, Jogjakarta:Ircisod, 2013
Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2011
Mahmud, Psikologi Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2010
Margono, S, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Reneka Cipta, 2013
Marliany, Rosley. Psikologi Umum, Bandung: CV Pustaka Setia, 2010
Martinis Yamin Dan Maisah, Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada Perss, 2010
Martinis Yamin dan Maisyah, Orientasi Baru Ilmu pendidikan, Jakarta:Referensi, 2012
Martinis Yamin, Profesionalisasi Guru Dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009
Masnur Alam, Filsafat Pendidikan Islam, Peranan Kompetensi Pendidik Dalam Proses Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2014
Mu’arif, Wacana Pendidikan Kritis Problematika Meretus Masa Depan Pendidikan Kita, Jogjakarta:Ircisod, 2009
Muchlas Samani Dan Hariyanto, Konsep Dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
Muhaimin, Pemikiran Dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2012
Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2010
Mukhtar, Bimbingan Skripsi, Tesis,dan Artikel Ilmiah, Jambi: Sulthan Thaha Pres, 2017
Mulyasa, Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru, Bandung: Pt.Remaja Rosdakarya, 2008
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode penelitian pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010
Peraturan Pemerintah R.I. Nomor 19 Tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan, Pasal 6, Ayat (1)
Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka, 2016
Qodri A Azizy, Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika Sosial, Semarang: CV.Aneka Ilmu, 2010
Ramayulis, Profesi Dan Etika Keguruan, Jakarta: Kalam Mulia, 2013
Rif’at Syauqi Nawawi, Kepribadian Qur‟ani, Jakarta: Sinar Grafika Offset. Sedarmayanti, Metode Penelitian, Bandung: Mandar Maju, 2011
Sudarmawan Denim, Profesionalisasi Dan Etika Profesi Guru, Jakarta:Alfabeta, 2013
Sugiono, Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018
Suharismi Arikunto, Prosedur Penelitian; Suatu pendekatan Praktik, Jakarta: Rieneka Cipta, 2010
Suparman S. Gaya Mengajar Yang Menyenangkan Siswa, Yogyakarta: Pinus Book Publisher, 2012
Syaiful Sagala, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2008
Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010
Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidik, Bandung: Alfabeta, 2013
Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfabeta, 2008
Syamsul Kurniawan, Pendidikan Karakter, Yogyakarta:Ar-Ruzz Media, 2016
Trianto Dan Titik Triwulan, Sertifikasi Guru Dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi & Kesejahteraan Jakarta: Prestasi Pustakapublisher, 2007
Ulil Amri Syafri, Pendidikan Karakter Berbasis Alquran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014
Undang-undang R.I. Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 37, Ayat (1)
Undang-Undang RI. No 14 Tahun 2010, Guru Dan Dosen Pasal 1 Ayat (1) Wina
Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2010
Zakiah Drajat, Dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Zakiyah Dradjat, Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang, 2005.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011