Main Article Content
Abstract
This article discusses parenting patterns in the social emotional development of early childhood in Mendalo Darat Village, Jambi Luar Kota District, Muaro Jambi Regency. The issues raised are what parents' parenting patterns are, what factors influence the typology of parental parenting patterns, and what solutions can be made to the problems of parents' parenting styles towards children. This research is descriptive qualitative research with data collection through observation and interviews. The results of this study show that typical parenting patterns in the social emotional development of children aged 4-5 years include; restricting children from playing, parents who are busy working, parents demanding that children follow their parents' orders, and parents who obey or pamper their children. The factors that influence the typical parenting style include; parental education factors, parental personality factors, quality of time factors, and number of children factors. Solutions to overcome this problem include; the need for parenting insight for parents, parents need to spend time with their children, and parents must try to be role models for their children.
Artikel ini membahas tentang pola asuh orangtua dalam perkembangan sosial emosional anak usia dini di Desa Mendalo Darat Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana pola asuh orang tua, faktor apa saja yang mempengaruhi tipologi pola asuh orang tua tersebut, dan bagaimana solusi yang bisa dilakukan untuk permasalahan pola asuh orang tua terhadap anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data secara observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tipikal pola asuh orangtua dalam perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun antara lain; membatasi anak bermain, orangtua yang sibuk bekerja, orang tua menuntut anak mengikuti perintah orang tua, dan orangtua yang menuruti atau memanjakan anak. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi tipikal pola asuh orangtua tersebut antara lain; faktor pendidikan orangtua, faktor kepribadian orangtua, faktor kualitas waktu, dan faktor jumlah anak. Solusi untuk mengatasi persoalan tersebut antara lain; perlunya wawasan parenting bagi orangtua, orang tua perlu meluangkan waktu bersama anak, dan orangtua harus berusaha menjadi role model bagi anak-anak mereka.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright @2022. All article in Journal of Educational Research (JER) are open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY-NC 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/ ) which permits to: Share (copy and redistribute the material in any medium or format; Adapt (remix, transform, and build upon the material for any purpose but non commercial purpose).
References
- Agusniatih, Andi. Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher, 2019.
- Al-Kumayi, Sulaiman. Dahsyatnya Mendidik Anak Gaya Rasulullah. Yogyakarta: Semesta Hikmah, 2015.
- Aldily, Aldily. The Power Of Social And Emotional Intelegence. Yogyakarta: Anak Hebat indonesia, 2021.
- Aiyah, Siti dkk. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tanggerang: Universitas Terbuka, 2012.
- Anwar, dkk. Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta, 2019.
- Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
- Desiningrum, Dinie Ratri. Psikologi Perkembangan. Semarang: Universitas Diponegoro, 2012.
- Djamarah, Syaiful Bahri. Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
- Fadlillah, M. (2020). Buku Ajar Konsep Dasar PAUD. Samudra Biru.
- Hamzah, Nur. Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. Pontianak: IAIN Pontianak, 2015.
- Hasbi Muhammad, dkk. Pengasuhan Positif. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbud, 2020.
- Izzaty, Eka Rita. Perilaku Anak Pra Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia, 2017.
- Khaidir, dkk. Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.
- Khadijah. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Medan: Merdeka Kreasi, 2021.
- Laksana, D. N. L., Dhiu, K. D., Ita, E., Dopo, F., Natal, Y. R., & Tawa, O. P. A. (2021). Aspek Perkembangan anak usia dini. Penerbit NEM.
- Maghfirah, Siti. Perkembangan Moral, Sosial dan Spiritual Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher, 2020.
- Mashar, Riana. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana, 2011.
- Masitoh. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.
- Milles & Hubberman. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press, 2019.
- Moleong, J. Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
- Mukhtar. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group, 2013.
- Ndari, Selaras Susianty. Metode Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher, 2018.
- Nelsen, Jane. Positive Discipline: Parenting Tools. United States: Harmony, 2016.
- Nofrianti, Rita. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher, 2021.
- Puspasari, Amaryllia. Emotional Intellegent Parenting. Jakarta: Gramedia, 2010.
- Palintan, Asmara Tien. Membangun Kecerdasan Emosi dan Sosial Anak Sejak Usia Dini. Bogor: Lindan Bestari, 2020.
- Ridwan, R., & Bangsawan, I. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
- Rosyadi A. Rahmat. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Konsep praktik PAUD Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
- Saputra, Ilman. Membangun Sosial Emosional Anak di Usia 2-4 Tahun. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini: Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal Kementrian Pendidikan Nasional, 2011.
- Septiari, Bea Beaty. Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta: Nuha Media, 2012.
- Subagia, Nyoman. Pola Asuh Orangtua: Faktor & Implikasi Terhadap Perkembangan Karakter Anak. Bali: Nilacakra, 2021.
- Sujiono, Bambang dkk. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Rosdakarya, 2018.
- Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana, 2016.
- Susanto, Ahmat. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana, 2012.
- Sunarty, Kustiah. Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak. Makasar: Edukasi Mitra Grafika, 2015.
- Suryana, D. (2016). Pendidikan anak usia dini: stimulasi & aspek perkembangan anak. Prenada Media.
- Suyadi, Psikologi Belajar PAUD.Yogyakarta: Bintang Pusaka Abadi, 2010.
- Syamaun dan Nurmasyithah. Dampak Pola Asuh Orangtua & Guru terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
- Tridhonanto. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Gramedia, 2014.
- Tirtayani, Ayu Luh. Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.
- Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika, 2011.
- Uno, B. Hamza. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018.
- Willard, Christoper. Growing Up Mainful. Yogyakarta: Bentang, 2020.
- Yamin, Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini PAUD. Jakarta: Gaung Persada Press. 2010.
- Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
- Abdurrahman. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Proposal. Tesis: IAIN STS Jambi
- Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. PANDAWA, 2(2), 180-193.
- Ani Siti Anisah. “Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan
- Karakter Anak”, Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam Dan Keguruan Universitas Garut, ISSN: 1907-932x, (Febuari 2015) https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/43
- Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.
- Departemen Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan Terjemah. Bandung: Diponegoro
- Eka Fitri Novita Sari, dkk, “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kemampuan Mengajar Guru Pendidikan Jasmani terhadap keterampilan Gerak Dasar”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, ISSN 1693-1602. Volume 6 No.2 (Nopember 2012) http://etheses.iainmadura.ac.id/2537/6/Rofi%27ah_18381062079_BAB%20I_PIAUD.pdf
- Khairil Mustofa, “Konsepsi Pendidikan Islam Menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan”, Edisi 12 no. 10 (Oktober 2014) http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/download/1182/819/
- Marwiyah, M., Yusria, Y., & Taridi, M. (2020). MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF BALOK WARNA DI SATUAN PAUD SEJENIS (SPS) MELATI KUALA TUNGKAL (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
- Nailufaz, A. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak tahun 2021.
- Nur Istiqomah (2014) “Pola Asuh Otoriter, Kecerdasan Emosi, Dan Kemandirian Anak SD” Jurnal Psikologi Indonesia
- Nurjannah, “Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan”, Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwa, Vol.14, No.1 Juni 2017
References
Agusniatih, Andi. Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher, 2019.
Al-Kumayi, Sulaiman. Dahsyatnya Mendidik Anak Gaya Rasulullah. Yogyakarta: Semesta Hikmah, 2015.
Aldily, Aldily. The Power Of Social And Emotional Intelegence. Yogyakarta: Anak Hebat indonesia, 2021.
Aiyah, Siti dkk. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tanggerang: Universitas Terbuka, 2012.
Anwar, dkk. Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta, 2019.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Desiningrum, Dinie Ratri. Psikologi Perkembangan. Semarang: Universitas Diponegoro, 2012.
Djamarah, Syaiful Bahri. Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Fadlillah, M. (2020). Buku Ajar Konsep Dasar PAUD. Samudra Biru.
Hamzah, Nur. Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. Pontianak: IAIN Pontianak, 2015.
Hasbi Muhammad, dkk. Pengasuhan Positif. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbud, 2020.
Izzaty, Eka Rita. Perilaku Anak Pra Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia, 2017.
Khaidir, dkk. Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.
Khadijah. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Medan: Merdeka Kreasi, 2021.
Laksana, D. N. L., Dhiu, K. D., Ita, E., Dopo, F., Natal, Y. R., & Tawa, O. P. A. (2021). Aspek Perkembangan anak usia dini. Penerbit NEM.
Maghfirah, Siti. Perkembangan Moral, Sosial dan Spiritual Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher, 2020.
Mashar, Riana. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana, 2011.
Masitoh. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.
Milles & Hubberman. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press, 2019.
Moleong, J. Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Mukhtar. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group, 2013.
Ndari, Selaras Susianty. Metode Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher, 2018.
Nelsen, Jane. Positive Discipline: Parenting Tools. United States: Harmony, 2016.
Nofrianti, Rita. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher, 2021.
Puspasari, Amaryllia. Emotional Intellegent Parenting. Jakarta: Gramedia, 2010.
Palintan, Asmara Tien. Membangun Kecerdasan Emosi dan Sosial Anak Sejak Usia Dini. Bogor: Lindan Bestari, 2020.
Ridwan, R., & Bangsawan, I. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Rosyadi A. Rahmat. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Konsep praktik PAUD Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
Saputra, Ilman. Membangun Sosial Emosional Anak di Usia 2-4 Tahun. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini: Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal Kementrian Pendidikan Nasional, 2011.
Septiari, Bea Beaty. Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta: Nuha Media, 2012.
Subagia, Nyoman. Pola Asuh Orangtua: Faktor & Implikasi Terhadap Perkembangan Karakter Anak. Bali: Nilacakra, 2021.
Sujiono, Bambang dkk. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Rosdakarya, 2018.
Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana, 2016.
Susanto, Ahmat. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana, 2012.
Sunarty, Kustiah. Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak. Makasar: Edukasi Mitra Grafika, 2015.
Suryana, D. (2016). Pendidikan anak usia dini: stimulasi & aspek perkembangan anak. Prenada Media.
Suyadi, Psikologi Belajar PAUD.Yogyakarta: Bintang Pusaka Abadi, 2010.
Syamaun dan Nurmasyithah. Dampak Pola Asuh Orangtua & Guru terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Tridhonanto. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Gramedia, 2014.
Tirtayani, Ayu Luh. Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika, 2011.
Uno, B. Hamza. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018.
Willard, Christoper. Growing Up Mainful. Yogyakarta: Bentang, 2020.
Yamin, Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini PAUD. Jakarta: Gaung Persada Press. 2010.
Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Abdurrahman. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Proposal. Tesis: IAIN STS Jambi
Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. PANDAWA, 2(2), 180-193.
Ani Siti Anisah. “Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan
Karakter Anak”, Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam Dan Keguruan Universitas Garut, ISSN: 1907-932x, (Febuari 2015) https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/43
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.
Departemen Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan Terjemah. Bandung: Diponegoro
Eka Fitri Novita Sari, dkk, “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kemampuan Mengajar Guru Pendidikan Jasmani terhadap keterampilan Gerak Dasar”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, ISSN 1693-1602. Volume 6 No.2 (Nopember 2012) http://etheses.iainmadura.ac.id/2537/6/Rofi%27ah_18381062079_BAB%20I_PIAUD.pdf
Khairil Mustofa, “Konsepsi Pendidikan Islam Menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan”, Edisi 12 no. 10 (Oktober 2014) http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/download/1182/819/
Marwiyah, M., Yusria, Y., & Taridi, M. (2020). MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF BALOK WARNA DI SATUAN PAUD SEJENIS (SPS) MELATI KUALA TUNGKAL (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Nailufaz, A. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak tahun 2021.
Nur Istiqomah (2014) “Pola Asuh Otoriter, Kecerdasan Emosi, Dan Kemandirian Anak SD” Jurnal Psikologi Indonesia
Nurjannah, “Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan”, Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwa, Vol.14, No.1 Juni 2017
