Main Article Content

Abstract

This study reveals the teacher's role in cultivating scientific attitudes and student literacy in schools. The main problem discussed in this article is what is the role of Islamic religious education teachers in developing scientific attitudes and scientific literacy abilities of students at SMP Negeri 16 Jambi City. This article departs from descriptive qualitative research by collecting observations, interviews and documentation, with analytical techniques using the Miles and Huberman models. The results of the study show that the role of Islamic religious education teachers in developing students' scientific attitudes and scientific literacy abilities has been carried out well. Indicators of this include; students' ability to respond and solve problems, be more critical and curious, able to control themselves, build tolerance, and cooperate with each other when participating in learning activities. Students also have a better understanding of science concepts and are able to relate them to religious principles.


Penelitian ini mengungkap peran guru dalam penanaman sikap ilmiah dan literasi siswa di sekolah. Permasalahan utama yang dibahas dalam artikel ini adalah bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam pengembangan sikap ilmiah dan kemampuan literasi sains siswa di Sekoleh Menengah Pertama Negeri 16 Kota Jambi. Artikel ini berangkat dari penelitian kualitatif deskriptip dengan pengumpulan secara observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pendidikan agama Islam dalam pengembangan sikap ilmiah dan kemampuan literasi sains siswa sudah dijalankan dengan baik. Indikator hal tersebut antara lain; kemampuan siswa dalam merespon dan memecahkan permasalahan, lebih kritis dan keingintahuan yang mendalam, mampu mengontrol diri, membangun sikap toleransi, dan saling kerjasama di saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Siswa juga memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep sains serta mampu menghubungkannya dengan prinsip-prinsip agama.

Keywords

Teacher Teaching Method Teacher's Competence Scientific Attitude Science Literacy

Article Details

How to Cite
Sumirah, S., Arsyad, M., & Sukarno, S. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Sikap Ilmiah dan Literasi Sains Siswa. Journal of Educational Research, 2(1), 81–98. https://doi.org/10.56436/jer.v2i1.215

References

  1. Abdullah, Aminol Rosid. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Literasi Nusantara, 2022.
  2. Abdurrahman, Abdurrahman. Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Representasi Jamak, 2016.
  3. Ali, Mohammad. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia Yang Mandiri Dan Berdaya Saing Tinggi. Grasindo, 2009.
  4. Amelia, Amelia, Arimbi Syahkila Simangunsong, Rizki Akmalia, Sylvi Marsella Diastami, Syahfitri Halawa, and Amaluddin Tanjung. “Manajemen Pembinaan Peserta Didik Pada Lembaga Pendidikan.” Journal on Education 5, no. 2 (2023): 3394–3403.
  5. Araniri, Nuruddin. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Keberagamaan Yang Toleran.” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 6, no. 1, March (2020): 54–65.
  6. Arifin, Zainal. “Pendidikan Multikultural-Religius Untuk Mewujudkan Karakter Peserta Didik Yang Humanis-Religius.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2012): 89–103.
  7. Astuti, Astuti. “Manajemen Peserta Didik.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 11, no. 2 (2021): 133–44.
  8. Azis, Rosmiati. “Hakikat Dan Prinsip Metode Pembelajaran PAI.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 8, no. 2 (2019): 292–300.
  9. Bahasa, Tim Penyusun Kamus Pusat. “Kamus Bahasa Indonesia,” 2008.
  10. Deniyati, Nia. “Manajemen Rekrutmen Peserta Didik.” Jurnal Isema: Islamic Educational Management 2, no. 2 (2017).
  11. Fatimah, Yeti. “Peranan Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Penempatan Pejabat Struktural Di Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur.” Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur) 7, no. 2 (2019): 103–26.
  12. Firmansyah, Eka, and Romelah Romelah. “Tanggapan Guru Terhadap Perannya Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di Sdit Al-Qolam Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi.” Research and Development Journal of Education 8, no. 1 (2022): 345–53.
  13. Grafika, Redaksi Sinar. Undang-Undang Guru Dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. Jakarta: Sinar Grafika, 2015.
  14. Hendracipta, Nana. “Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri.” JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 2, no. 1 (2016): 109–16.
  15. INDONESIA, PRESIDEN REPUBLIK. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.
  16. Lestari, Sri Puji. “Analisis Literasi Sains Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung,” 2018.
  17. Mappasere, Stambol A, and Naila Suyuti. “Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif.” Metode Penelitian Sosial 33 (2019).
  18. Muhyidin, Muhammad. “Metode Pendidikan Islam Dalam Prespektif Al-Qur’an (Kajian Tafsir Surat Al-Maidah Ayat 67, Surat An-Nahl Ayat 125 Dan Surat Al-Ahzab Ayat 21),” n.d.
  19. Mujib, Abdul, and Jusuf Mudzakkir. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.” Cet. II, 2008.
  20. Nursamsu, Nursamsu, Rizky Nafaida, and Dona Mustika. “Kemunculan Literasi Sains Pada Modul Praktikum Berbasis Konten, Proses Dan Kontek Di Smp Negeri 1 Kota Langsa.” BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan 7, no. 2 (2019): 121–27.
  21. Rama, Bahaking. "Teori Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam." Alauddin University Press, 2014.
  22. Saifulloh, Ahmad Munir, and Mohammad Darwis. “Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19.” Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 3, no. 2 (2020): 285–312.
  23. Samudera, Viddy Mega, Joni Rokhmat, and Wahyudi Wahyudi. “Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau Dari Sikap Ilmiah.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 3, no. 1 (2017): 101–8.
  24. Saputri, Rizka Sofyan. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas VB Di MIN Demangan Kota Madiun,” 2017.
  25. Sari, Widya, Andi Muhammad Rifki, and Mila Karmila. “Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19.” Jurnal Mappesona 3, no. 2 (2020).
  26. Shobahiya, Mahasri. “Studi Komparatif Profil Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Hasan Langgulung Dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas.” Suhuf 29, no. 1 (2017): 38–49.
  27. Soekanto, Soerjono. Peranan Sosiologi Suatu Pengantar. Edisi Baru, Rajawali Pers, Jakarta, 2009.
  28. Sufiani, Sufiani, Aris Try Andreas Putra, and Muhammad Ilham. “Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 8, no. 2 (2022): 42–64.
  29. Suzana, Yenny, Imam Jayanto, and S Farm. Teori Belajar & Pembelajaran. Literasi Nusantara, 2021.
  30. Syaodih Sukmadinata, Nana. “Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT.” Remaja Rosda Karya Offset, 2010.
  31. Toharudin, Uus, Sri Hendrawati, and Andrian Rustaman. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora 1, 2011.
  32. Undang-Undang, Republik Indonesia. “No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Bandung: Citra Umbara, 2003.
  33. Undang-Undang, RI. “No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,‎ Yogyakarta,” 2005.
  34. Wiyani, Novan Ardy. Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Taqwa. Teras, 2012.