Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the Teacher Akidah Akhlak Strategy in improving the disciplinary character of students at MTs Al-Hidayatul Islamiyah Tanjung Jabung Barat. This type of research is qualitative research, while all the primary data needed in this study were obtained through research instruments in the form of observation, interviews and documentation, using data analysis techniques, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that the description of student discipline at Mts Al-Hidaytul Islamiyah Tanjung Jabung Barat, namely the discipline of study time according to the subject roster schedule that applies every semester, and appearance in accordance with school rules, students are emphasized to always obey the rules, and every student is obliged to attend midday prayers in congregation. Factors that hinder teachers in improving student discipline are the first factor namely the factors of the students themselves, the lack of awareness of students towards school rules and there is an element of compulsion in carrying out disciplinary habits and the condition of students who are not sincere and lazy to participate in learning activities.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter disiplin siswa di MTs Al-Hidayatul Islamiyah tanjung Jabung Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, adapun seluruh data primer yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gambaran kedisiplinan siswa di Mts Al-Hidaytul Islamiyah Tanjung Jabung Barat yakni disiplin waktu belajar sesuai dengan jadwal roster mata pelajaran yang berlaku pada setiap semester, serta berpenampilan sesuai dengan tata tertib sekolah, siswa ditekankan agar selalu taat terhadap tata tertib, dan setiap siswa wajib mengikuti sholat dzuhur secara berjamaah. Faktor yang menghambat guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu faktor pertama yakni faktor dari siswa itu sendiri, kurangnya kesadaran siswa terhadap tata tertib di sekolah serta ada unsur keterpaksaan dalam menjalankan pembiasaan kedisiplinan dan kondisi siswa yang tidak ikhlas dan malas mengikuti kegiatan belajar.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright @2022. All article in Journal of Educational Research (JER) are open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY-NC 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/ ) which permits to: Share (copy and redistribute the material in any medium or format; Adapt (remix, transform, and build upon the material for any purpose but non commercial purpose).
References
- Ahmadi, Abu, dan Joko Tri Prasetyo. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka setia, 1997.
- A, Oktamaya tendi Anwaru, Nurlailah. “Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Bissappu Kabupaten Banteang.”Jurnal hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan 5, no. 1 (Maret 2018): 280-281. http://doi.org/10.26858/12210.
- Ariesandi. Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak, 2008.
- Arikunto dan Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
- Cariospranolo, Francis. “ Strategi Guru PAI Dalam Membina Akhlak Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kaur.” IAIN Bengkulu, 2019.
- Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rienika Cipta, 2005.
- Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rienika Cipta, 2014.
- Darwis, Amri. Metode Penelitian Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
- Dirgantara, Crow. Menejemen Strategi Konsep, Kasus dan Implementasi, 2001.
- E, Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya, 2015.
- Ezra-Azhari, Atok. “Strategi Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Di SMA 1 Kademangan Blitar dan SMA 1 Garum Blitar.” Tesis., UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2021.
- Fathurohman, pupuh, dan Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar melalui penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama, 2007.
- Haitami, Salim Muhammad dan Syamsul Kurniawan. Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
- Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia, 2011.
- Helmawati, Pendidikan Keluarga Trioritis dan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.
- Hidayat, Tatang. “Prinsip Dasar Falsafah Akhlak Omar Muhammad Al-Taumy Alsyaibany & Implikasinya dalam Pendidikan.” Pentingnya Akhlak Dalam Hidup 2, no. 5 (01-04-2020): 45. http://hilmi.id.
- Hully, Hully. “Strategi Guru Dalam Membina Akhlak Siswa di SMP Negeri 2 Sikur Lombok Timur.” Jurnal Binawakya 14, no. 12 (Januari 2015): 1. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i12.599.
- Indrawan, Anik, dan Nurhafidhoh. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Semangat Belajar.” Karakter Pendidikan 5, no. 3 (Juli 2019): 479. http://ojs,ssemdikjar.efkip.unp kediri.ac.id.
- Komarudin. “pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa,” Pendidikan islam 1, No. 1 (mei 2021): https://jurnal.staiaulia.ac.id/index.php/DIDAKTIKA/article/view/12.
- Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: PT Raja Gafindo Persada, 2009.
- Maleong, lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
- Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2013.
- Manan, Syaiful. “Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladaan dan Pembiasaan.” Jurnal Pendidikan Islam-ta’lim 15, no. 1 (2017): 65. http://jurnal Pendidikan agama islam.
- Muhajir, Noeng. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Jogyakarta: Rakesarasin, 2000.
- Mursidi, Akbar. “Strategi Pembelajaran PAI Terhadapa Pembinaan Akhlak Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Perepare.” Tesis., IAIN ParePare, 2019.
- Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta, 2010.
- Munif, Muhammad, fathor rozi dan siti yusrohlana. “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Memalui Nilai-Nilai Kejujuran.” Pendidikan Dasar 5, no. 2 (September 2021): 163-179. http://repository.uinsu.ac.id.
- Nabilasyah, Saskia. “ Strategi Pembinaan Akhlak Siswa Di MTS 3 Agam, “ Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 4 (November 2021): 541. http://annuha.ppj.unp.ac.id.
- Prayitno, dan Manulang Belferik. Pendidiakan Karakter Dalam Pembangunan Bangsa. Jakarta: PT Grasindo, 2011.
- Perpusnas. “Undang Undang Republik Indonesia No. 20 Ayat 1.” Juli 8, 2003. http://www.pusdiklat.perpusnas.go.id.
- Roslina. “Penerapan akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa pada mts negri 4 aceh barat,” pembentukan karakter 6, No 1:(2021):https://jurnal.kopertais5aceh.or.id/index.php/AIJKIS/article/view/172.
- Syafi’i, Asrof. E8Q Dan Kompetensi Guru PAI. Tulungagung: STAIN Tulung agung Press, 2008.
- Sirait, ibrahi, Dkk. “Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter,” Pendidikan karakter 1, No. 4 (Oktober – Desember 2017): 550, http://jurnal.uinsu.ac.id.
- Sudarsono, Agus, Sudrajat, Satriowibowo. “ Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Negri 2 Klaten dan Mts wahid Hasyim Jogyakarta”. 3, no. 1 (Maret 2016): 3, Http://implementasi Pendidikan karakter.ac.id.
- Saptono. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter. Jakarta: esensi erlangga grup, 2019.
- S, Suparman, Gaya Mengajar Yang Menyenangkan siswa. Jogyakarta: pinus Book Publisher, 2012.
- Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
- Syamsuddhuha, St. Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Grha Guru, 2014.
- Sudrajat. Ahmad. “Pengertian, Pendekatan Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan Model Pembelajaran.” Pendidikan 11, no. 3 (2008): http://Akhmad sudrajat.
- Sukiyat. “Strategi Implementasi Pendidikan Karakter.” Pendidikan Karakter 101, no. 8 (Januari 2007): 7. http://jakat.id.
- Suyadi. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
- Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B, Bandung: Alfabeta, 2013.
- Sukardi. Metodologi P.enelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
- Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana, 2013.
- Warit Muhammad. “ Strategi Guru Kelas Dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no.1 (Juni 2019): 44. http://jurnal Pendidikan agama islam.ac.id.
- Wardi. “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakater Religius Siswa Studi Multisitus Di Madrasah Negeri 3 Malang dan Madrasah Noor Rahmat Bedali lawing kabupaten Malang.” Tesis., UIN Maulana Malik Ibarahim, Malang, 2018.
- Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: BIGRAF publishing, 2006.
References
Ahmadi, Abu, dan Joko Tri Prasetyo. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka setia, 1997.
A, Oktamaya tendi Anwaru, Nurlailah. “Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Bissappu Kabupaten Banteang.”Jurnal hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan 5, no. 1 (Maret 2018): 280-281. http://doi.org/10.26858/12210.
Ariesandi. Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak, 2008.
Arikunto dan Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Cariospranolo, Francis. “ Strategi Guru PAI Dalam Membina Akhlak Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kaur.” IAIN Bengkulu, 2019.
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rienika Cipta, 2005.
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rienika Cipta, 2014.
Darwis, Amri. Metode Penelitian Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
Dirgantara, Crow. Menejemen Strategi Konsep, Kasus dan Implementasi, 2001.
E, Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya, 2015.
Ezra-Azhari, Atok. “Strategi Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Di SMA 1 Kademangan Blitar dan SMA 1 Garum Blitar.” Tesis., UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2021.
Fathurohman, pupuh, dan Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar melalui penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama, 2007.
Haitami, Salim Muhammad dan Syamsul Kurniawan. Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia, 2011.
Helmawati, Pendidikan Keluarga Trioritis dan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.
Hidayat, Tatang. “Prinsip Dasar Falsafah Akhlak Omar Muhammad Al-Taumy Alsyaibany & Implikasinya dalam Pendidikan.” Pentingnya Akhlak Dalam Hidup 2, no. 5 (01-04-2020): 45. http://hilmi.id.
Hully, Hully. “Strategi Guru Dalam Membina Akhlak Siswa di SMP Negeri 2 Sikur Lombok Timur.” Jurnal Binawakya 14, no. 12 (Januari 2015): 1. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i12.599.
Indrawan, Anik, dan Nurhafidhoh. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Semangat Belajar.” Karakter Pendidikan 5, no. 3 (Juli 2019): 479. http://ojs,ssemdikjar.efkip.unp kediri.ac.id.
Komarudin. “pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa,” Pendidikan islam 1, No. 1 (mei 2021): https://jurnal.staiaulia.ac.id/index.php/DIDAKTIKA/article/view/12.
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: PT Raja Gafindo Persada, 2009.
Maleong, lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2013.
Manan, Syaiful. “Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladaan dan Pembiasaan.” Jurnal Pendidikan Islam-ta’lim 15, no. 1 (2017): 65. http://jurnal Pendidikan agama islam.
Muhajir, Noeng. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Jogyakarta: Rakesarasin, 2000.
Mursidi, Akbar. “Strategi Pembelajaran PAI Terhadapa Pembinaan Akhlak Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Perepare.” Tesis., IAIN ParePare, 2019.
Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta, 2010.
Munif, Muhammad, fathor rozi dan siti yusrohlana. “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Memalui Nilai-Nilai Kejujuran.” Pendidikan Dasar 5, no. 2 (September 2021): 163-179. http://repository.uinsu.ac.id.
Nabilasyah, Saskia. “ Strategi Pembinaan Akhlak Siswa Di MTS 3 Agam, “ Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 4 (November 2021): 541. http://annuha.ppj.unp.ac.id.
Prayitno, dan Manulang Belferik. Pendidiakan Karakter Dalam Pembangunan Bangsa. Jakarta: PT Grasindo, 2011.
Perpusnas. “Undang Undang Republik Indonesia No. 20 Ayat 1.” Juli 8, 2003. http://www.pusdiklat.perpusnas.go.id.
Roslina. “Penerapan akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa pada mts negri 4 aceh barat,” pembentukan karakter 6, No 1:(2021):https://jurnal.kopertais5aceh.or.id/index.php/AIJKIS/article/view/172.
Syafi’i, Asrof. E8Q Dan Kompetensi Guru PAI. Tulungagung: STAIN Tulung agung Press, 2008.
Sirait, ibrahi, Dkk. “Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter,” Pendidikan karakter 1, No. 4 (Oktober – Desember 2017): 550, http://jurnal.uinsu.ac.id.
Sudarsono, Agus, Sudrajat, Satriowibowo. “ Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Negri 2 Klaten dan Mts wahid Hasyim Jogyakarta”. 3, no. 1 (Maret 2016): 3, Http://implementasi Pendidikan karakter.ac.id.
Saptono. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter. Jakarta: esensi erlangga grup, 2019.
S, Suparman, Gaya Mengajar Yang Menyenangkan siswa. Jogyakarta: pinus Book Publisher, 2012.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Syamsuddhuha, St. Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Grha Guru, 2014.
Sudrajat. Ahmad. “Pengertian, Pendekatan Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan Model Pembelajaran.” Pendidikan 11, no. 3 (2008): http://Akhmad sudrajat.
Sukiyat. “Strategi Implementasi Pendidikan Karakter.” Pendidikan Karakter 101, no. 8 (Januari 2007): 7. http://jakat.id.
Suyadi. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B, Bandung: Alfabeta, 2013.
Sukardi. Metodologi P.enelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana, 2013.
Warit Muhammad. “ Strategi Guru Kelas Dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no.1 (Juni 2019): 44. http://jurnal Pendidikan agama islam.ac.id.
Wardi. “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakater Religius Siswa Studi Multisitus Di Madrasah Negeri 3 Malang dan Madrasah Noor Rahmat Bedali lawing kabupaten Malang.” Tesis., UIN Maulana Malik Ibarahim, Malang, 2018.
Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: BIGRAF publishing, 2006.